Menengok Gladi Bersih Ribuan Penari Gandrung Sewu Banyuwangi

Berikut artikel Menengok Gladi Bersih Ribuan Penari Gandrung Sewu Banyuwangi, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Festival Gandrung Sewu mulai digelar akhir minggu ini. Ribuan penari gandrung sewu pun sudah melakukan gladi bersih di Pantai Boom, Banyuwangi.

Jelang Festival Gandrung Sewu, Jumat (16/9/2016) kemarin, ribuan penari memadati sepanjang bibir Pantai Boom Banyuwangi. Sedikitnya 1.314 penari melakukan gladi bersih bagi memantapkan gerakan dan formasi buat ditampilkan hari ini (17/9).

Sejak pukul 15.00 WIB para penari usia SD hingga SMA ini telah memadati lokasi. Mereka melatih kekompakan setiap formasi tarian dalam fragmen ‘Seblang Lukinto’ yg menjadi tema festival tahun ini.

Tak cuma penari, para pengiring gamelan dalam tarian ini juga didominasi pelajar SD-SMP. Alunan gending yg dimainkan terdengar rancak dan kompak.

(Aditya Mardiastuti/detikTravel)(Aditya Mardiastuti/detikTravel)

“Hari ini memang disiapkan buat seolah-olah tampil pada esok hari. Ada kreasi baru yg berbeda dengan tahun lalu. Ingin tahu lebih jelasnya tunggu besok,” ujar Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko berpromosi ketika menengok gladi bersih di Pantai Boom, Banyuwangi.

Sabtu ini para penari tersebut mulai menari dengan latar belakang Selat Bali. Hadirnya ribuan penari gandrung dalam kegiatan gladi bersih tersebut tidak ayal mengundang antusiasme warga yg mayoritas orangtua dari para penari.

Mereka menonton dan menyemangati para penari dari sekeliling lokasi. Tak jarang di antara mereka asyik menjepret setiap gerakan yg ditarikan oleh para penari.

Salah sesuatu penari gandrung Salfa Zahira (14) mengaku bangga terpilih menjadi salah sesuatu penari. Salfa bercerita sejak 1,5 bulan fokus berlatih menari gandrung dan formasi.

(Aditya Mardiastuti/detikTravel)(Aditya Mardiastuti/detikTravel)

“Sudah 1,5 bulan latihan memang yg paling susah gerakan bunga karena mepet-mepet. Bangga banget besok mampu menari di depan Bupati, Wakil Bupati Banyuwangi dan tamu asing jadi mampu memperkenalkan budaya Banyuwangi,” ujar siswi SMPN 4 Banyuwangi itu.

Sementara itu Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menjelaskan tema Seblang Lukinto tahun ini lebih sulit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena dalam tema kali ini lebih dominan memainkan gerakan tari dan formasi gandrung.

“Setiap tahun temanya berbeda, ini cerita bersambung tentang perjuangan rakyat Banyuwangi. Saya kira ini layak ditonton. Tahun ini tingkat kesulitan lebih tinggi, variatifnya tinggi. Dari sisi keindahan luar biasa ditambah view lautnya jadi lebih asyik,” ajak Bramuda.

(Aditya Mardiastuti/detikTravel)(Aditya Mardiastuti/detikTravel)

(ams/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/17/095500/3300107/1382/menengok-gladi-bersih-ribuan-penari-gandrung-sewu-banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita Menengok Gladi Bersih Ribuan Penari Gandrung Sewu Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menengok Gladi Bersih Ribuan Penari Gandrung Sewu Banyuwangi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.