Menengok Bekas Rumah Laksamana Maeda Di Jakarta

No comment 151 views

Berikut artikel Menengok Bekas Rumah Laksamana Maeda di Jakarta, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Menyambut Hari Kemerdekaan, cobalah wisata ke tempat yg dipakai bagi merumuskan naskah Proklamasi. Tempat itu adalah rumah Laksamana Maeda di Jakarta.

Perjuangan kemerdekaan tidak lepas dari kediaman Laksamana Muda Maeda, yg terletak di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta Pusat. Dan kini dikenal sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Gedung ini didirikan sekitar tahun 1920-an oleh arsitek Belanda, JFL Blankenberg, bergaya arsitektur Eropa (Art deco) dan memiliki beberapa lantai.

Pada lantai pertama terdapat bukti autentik sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Ruangan terbagi menjadi empat, merupakan ruang pertemuan, ruang perumusan naskah proklamasi, ruang pengetikan, dan ruang pengesahan.

1. Ruang pertemuan

Dalam ruang ini terdapat sebuah meja bundar kecil dan empat kursi yg saling berhadapan. Ruang ini digunakan sebagai tempat meeting Soekarno, Moh Hatta, dan Ahmad Soebardjo sepulang penjemputannya dari Rengasdengklok tanggal 16 Agustus 1945, buat mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Ruang perumusan naskah Proklamasi

Dalam ruangan ini terdapat beberapa belas kursi dan sebuah meja panjang yg digunakan buat merumuskan konsep naskah Proklamasi. Sebuah papan terpasang pada salah sesuatu sisi dinding bagi menulis konsep naskah tersebut. Perumusan konsep naskah proklamasi dikerjakan pada pukul 03.00 dini hari oleh Soekarno, Moh Hatta, dan Ahmad Soebardjo.

3. Ruang pengetikan

Di bawah tangga menuju lantai dua, terdapat sebuah ruang kecil, yg digunakan oleh Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan. Dalam pengerjaannya, Sayuti Melik didampingi oleh BM Diah.

4. Ruang pengesahan

Pada ruang ini terdapat sebuah papan di salah sesuatu sisi dinding, beberapa belas kursi, dan sebuah meja besar. Ruang ini digunakan sebagai tempat disetujuinya konsep naskah proklamasi, serta tempat pengesahan naskah proklamasi yg ditandatangani oleh Soekarno dan Moh Hatta atas nama Bangsa Indonesia.

Pengesahan naskah Proklamasi kemerdekaan Indonesia dihadiri sekitar 40-50 orang dan dilaksanakan pada waktu subuh, sekitar pukul 04.00 WIB, tanggal 17 Agustus 1945, dan bertepatan dengan bulan Ramadan.

Pada lantai dua, terpasang foto para pejuang kemerdekaan dan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yg tertulis lengkap. Terdapat sebuah patung setengah badan, I Goesti Ketut Poedja, satu-satunya tokoh Bali yg hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

Dilengkapi dengan baju dan aksesoris (kacamata, jam) yg dikenakan. Selain itu, terdapat pula benda peninggalan masa itu seperti radio dan pemutar kaset.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin dan hari besar nasional, pukul 08.00-16.00 WIB. Museum ini memberikan wawasan tentang semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga telah seharusnya lanjutkan perjuangan dan cita-citanya dengan selalu belajar dan memberi manfaat buat Bangsa Indonesia.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/17/093000/3275111/1025/menengok-bekas-rumah-laksamana-maeda-di-jakarta
Terima kasih sudah membaca berita Menengok Bekas Rumah Laksamana Maeda di Jakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menengok Bekas Rumah Laksamana Maeda Di Jakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.