Menemukan Suasana Ala Eropa Di Danau Diateh, Sumbar

No comment 102 views

Berikut artikel Menemukan Suasana Ala Eropa di Danau Diateh, Sumbar, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Sumbar tak cuma milik rumah gadang, namun juga Danau Diateh di Nagari Simpang Tanjuang Nan IV. Indahnya bak di negeri Eropa.

Sedang berlibur ke Minangkabau dan ingin merasakan nuansa alam seperti di benua Eropa? Ada baiknya tiba ke Danau Diateh yg berada di Nagari Simpang Tanjuang Nan IV, Kecamatan Lembang Jaya dan Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti di Kabupaten Solok.

Dari Kota Padang tak begitu jauh berjalan melalui lintas timur menuju Kabupaten Solok kira-kira 1 – 1,5 jam perjalanan tergantung kendaraannya, mampu memakai kendaraan bermotor, mobil hingga bus pariwisata.

Perjalanan menuju Danau Diateh sangat mudah, yg masih sesuatu jalur yg sama menuju Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Kerinci. Danau Diateh ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan ketimbang Danau Dibawah dan Danau Talang yg termasuk ke dalam objek wisata Danau Kembar.

Tidak sulit buat menemukan Danau Diateh, selama perjalanan mulai kelihatan dari kejauhan bentangan air danau hingga menemukan sebuah gerbang dengan latar banyak pepohonan pinus yg menjulang tinggi dan terdapat bangunan beratap merah berjajar di sekitarnya.

Hingga ketika ini aku tak tahu nama tempat ini, namun dari mulut ke mulut bernama Villa Alahan Panjang. Entah benar atau salah namanya. Kabarnya kawasan yg luasnya kurang lebih 30 Ha ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dengan dilengkapi 14 villa.

Sebelum masuk pengunjung mulai membayar tiket masuk buat dewasa Rp 5 ribu dan anak-anak Rp 3 ribu ditambah dengan biaya parkirnya.

Dari villa ini menyajikan lanskap danau yg menawan dengan mengelilingi tepiannya bisa menikmati setiap jengkal pesona alamnya yg begitu indah, ala-ala pemandangan danau di eropa. Sejauh ini Danau Diatas masih menjadi destinasi favorit Sumatra Barat yg tak pernah sepi.

Di danau ini ada dermaga kapal yg menawarkan tour mengelilingi bagi menikmati keindahan danau dari sudut yg yang lain dengan harga yg terjangkau.

Baru-baru ini juga terdapat café buat pengunjung yg ingin bersantai sembari mengisi perut sehabis mengelilingi sekitar danau. Ada juga wahana bermain buat anak-anak, pentas dan gedung pertemuan.

Biasanya pengunjung tiba buat menikmati pemandangan danau, bak lukisan itu. Berkumpul bersama keluarga dan teman juga mampu dengan bermalam dengan menyewa villa yg bentuk bangunannya seperti gaya arsitektur villa di eropa.

Piknik bersama keluarga ke Danau Diateh adalah pilih yg tepat atau homestay bersama sahabat juga boleh dicoba.

Sayangnya kawasan ini kurang dikelola dengan baik, minim tong sampah, perlu ditata lagi pedagang yg berjualan di sini agar lebih rapi. Banyak bangunan yg tak urus dan rusak terkesan dibiarkan saja.

Terlepas dari itu semua, padahal potensi Danau Diateh ini sangat luar biasa. Lihat saja panorama alamnya, bisa menjadi nilai jual dan daya pikatnya. Begitu juga suasannnya yg tenang, sejuk dan membuat damai ini. Cocok bagi tempat melepas penat.

Danau Diateh memiliki panorama alam yg rupawan. Sesekali nelayan kelihatan melintas mampu menjadi objek yg menarik untuk peminat fotografi. Air danau yg jernih dan tenang serta barisan awan yg menghiasi langit tepantul indah menjadi sajian dari lukisan alam yg mewah.

Apalagi kala petang tiba, kemilaunya air pantulan langit jingga merona sangat syahdunya. Nuansa Eropa pun hadir di danau ini tidak mengurangi keniscayaan alam Minangkabau dari Kabupaten Solok.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/09/112500/3293064/1025/menemukan-suasana-ala-eropa-di-danau-diateh-sumbar
Terima kasih sudah membaca berita Menemukan Suasana Ala Eropa di Danau Diateh, Sumbar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menemukan Suasana Ala Eropa Di Danau Diateh, Sumbar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.