Mendaki Latimojong, Salah Satu Puncak Tertinggi Di Indonesia

No comment 159 views

Berikut artikel Mendaki Latimojong, Salah Satu Puncak Tertinggi di Indonesia, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –

Latimojong yg dijuluki The Big Mountain ini berada di Pulau Sulawesi, milik ketinggian 3.478 Mdpl. Masuk dalam daftar ‘Seven Summits of Indonesia’.

Saya berangkat di bulan januari 2017, menuju puncak Gunung Latimojong. Mendarat di Bandara Hasanudin, aku dijemput oleh dua kawan dari komunitas pecinta alam. Perjalanan dimulai dari dari Makasar menuju Enrekang selama 7 jam.

Dari Enrekang, kami berpindah mobil ke ojek buat menuju pintu terakhir pendakian di desa karangan, Latimojong. Kita memakai moda tersebut karena jalan yg dilalui rusak, sehingga tak dapat ditempuh dengan mobil.

Setelah 1,5 jam perjalanan ojek, tibalah kalian di desa terakhir buat akan pendakian. Berbeda dengan gunung di Jawa, kalian tak perlu membawa surat informasi dokter, dan penjagaannya tak begitu ketat. Kita cukup melapor kepada penjaga masyarakat sekitar bahwa kami mulai mendaki.

Ada 8 pos pendakian bagi mampu sampai puncak Rante Mario, yg yaitu titik tertinggi pulau Sulawesi. Pos 1 menuju Pos 2 jalur yg dilewati banyak kalian temui kebun kopi. Lanjut Pos 2 menuju Pos 3 akan ada tantangan, kalian harus melewati akar-akar dan mendakinya di dua titik harus memakai tali. Sampai di Pos 3 menuju Pos 4, masih sama, medan berupa tanjakan walaupun di dua titik masih ada bonus jalan datar.

Pos 4 menuju Pos 5 hari telah akan masuk sore, tenaga telah akan habis, jarak yg dekat jadi terasa jauh. Pos 5 menuju pos 6 kemiringan telah mencapai 60 derajat, dan pos 6 ke Pos 7 yaitu pos dengan jarak terjauh dan harus ekstra hati-hati. Kami membuat tenda di Pos 7, malangnya, malam itu hujan turun dengan derasnya lengkap dengan kilat menyambar.

Suhu di Pos 7 mencapai 2 derajat celcius, seandainya boleh memberi saran, lebih baik membuat tenda di pos 5 buat menghindari suhu dingin yg berlebih.

Keeesokan harinya kita akan pendakian ke Puncak Rante Mario. Start pukul 04.00 pagi akan menerobos kedinginan Gunung Latimojong. Butuh fisik yg tangguh bagi sampai ke Puncak Rante Mario. Berbeda dengan pos-pos sebelumnya,sekalipun tak terlalu jauh, Pos 7 ke Pos 8 yaitu pos terberat.

Medan batu dengan tebing-tebing jurang mulai kami lalui selama medan menuju puncak. Di dua titik mulai sangat curam. Saat kita naik, turun hujan kembali, tentu ini semakin tidak mengurangi berat perjalanan menuju Latimojong.

Saya sarankan, seandainya terjadi hujan, sebaiknya turun dan tak melanjutkan pendakian ke puncak, karena pasti diatas Gunung Latimojong sedang terjadi badai seperti yg aku alami.

Tapi tidak mengapa, perjalanan kemarin memberi pelajaran berharga buat saya, bagi lebih waspada, sekalipun hampir mengalami hipotermia karena cuaca dingin akut, akhirnya kita mampu menyentuh Puncak Rante Mario di ketinggian 3.478Mdpl.

Di Puncak dominasi kabut putih menyelimuti titik tertinggi di Top of Celebes. Meski tak mendapatkan banyak foto, puas dan bangga menjadi rasa yg tidak mampu digambarkan, mampu selamat berjalan di tengah-tengah badai menuju puncak Rante Mario.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/13/145700/3410140/1025/mendaki-latimojong-salah-satu-puncak-tertinggi-di-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Mendaki Latimojong, Salah Satu Puncak Tertinggi di Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.