Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale

No comment 102 views

Berikut artikel Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale, Semoga bermanfaat

Samosir – Berlibur ke Sumatera Utara tak lengkap seandainya cuma menikmati pemandangan alam dan kulinernya saja. Tarian mistis Sigale-gale juga harus traveler coba.

Umumnya Sumatera Utara identik dengan Danau Toba dan Pulau Samosir. Keindahan pemandangan beberapa destinasi ini telah terkenal sampai ke mancanegara.

Bukan cuma menjajaki keindahan alamnya saja, traveler juga harus coba buat mengenal tarian mistis boneka Sigale-gale yg sakral. Traveler dapat menemukan tarian ini di Pulau Samosir.

Buat yg ingin menonton tarian mistis boneka Sigale-gale mampu tiba ke Desa Tomok. detikTravel pernah berkunjung ke sana dua waktu yg lalu. Sigale-gale yaitu boneka kayu dengan ukuran tinggi seperti orang dewasa.

Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-galeFoto: (Dikhy Sasra/detikTravel)

Sigale-gale mengenakan pakaian adat lengkap dengan kain ulos yg menjadi lambang kebesaran budaya Batak. Boneka ini ditaruh di atas peti dengan lambang kepala manusia dengan tanduk.

Sigale-gale milik sejarah yg menyedihkan lho ternyata. Kisah boneka ini berawal dari cerita Raja Rahat yg memiliki anak bernama Manggale.

Dahulu kala, saat masih memimpin menjadi raja di salah sesuatu kerajaan di Samosir, Raja Rahat memerintahkan Manggale berperang melawan musuh di perbatasan.

Tak disangka, putra semata wayangnya gugur di medan perang. Sedihnya lagi jenazahnya tidak ditemukan. Sang raja pun sedih bukan kepalang hingga jatuh sakit.

Untuk menghibur sang raja, rakyatnya membuat patung mirip Manggale yg dinamakan Sigale-gale atau si lemas-lemas. Dukun pun kabarnya ikut andil dalam memanggil roh si putra raja, sehingga patung kayu itu dapat menggerakkan tangan.

Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-galeFoto: (Dikhy Sasra/detikTravel)

Tak disangka, Raja Rahat berangsur-angsur sembuh dari sakitnya. Sejak ketika itu, boneka Sigale-gale tidak jarang dimainkan. Biasanya boneka mulai menari dengan iringan musik sordam dan gondang sabangunan.

Rangkaian ritual sakral pun mengiringi gerakan Sigale-gale dan ada sejumlah penari ikut menari tor-tor bersama. Atraksi ini pun menarik banyak wisatawan buat melihatnya. Pada salah sesuatu prosesi adat Sigale-gale, turis juga boleh ikutan menari tor-tor di dekat si boneka lho.

Kalau penasaran ingin melihat Sigale-gale menari, traveler cuma perlu membayar tiket sekitar Rp 5 ribu. Sedangkan bagi menari bersama biayanya Rp 80 ribu. Yuk menari bersama Sigale-gale! (bnl/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/20/095500/3325022/1519/mencoba-tarian-mistis-bareng-boneka-sigale-gale
Terima kasih sudah membaca berita Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.