Menapaki ‘Padang Pasir’ Di Pantai Oetune, NTT

No comment 111 views

Berikut artikel Menapaki ‘Padang Pasir’ di Pantai Oetune, NTT, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

NTT memang milik banyak pantai cantik. Salah satunya adalah Pantai Oetune yg memiliki padang pasir putih.

Weekend  kemaren akhirnya aku terbang ke Tanah Timor, memenuhi keinginan hati yang  ingin mengeksplorasi salah sesuatu pantai  yg ada di sana. Rasanya itu pantai telah menari-nari di kelopak mata minta didatangi banget. S

ebuah pantai dengan hamparan gurun pasir yg menggoda. Pantai Oetune namanya, berada di Timor Tengah Selatan ( TTS), atau sekitar 3 (tiga) jam perjalanan darat dari Kota Kupang. 

Rencananya aku beserta teman-teman mulai berangkat Sabtu pagi-pagi sekali, namun apadaya karena sesuatu dan yang lain hal kalian baru keluar dari Hotel Neo Eltari tempat aku menginap sekitar pukul 09.30 WITA.

Bulan September tampaknya musim kemarau mencapai puncaknya di Kupang dan sekitarnya. Di sepanjang perjalanan yg kelihatan adalah pohon yg berdiri dengan dahan dan ranting-ranting kering, menanti hujan tiba agar hijau kembali.

Kelokan-kelokan mewarnai di sepanjang perjalanan. Untung aspal jalannya telah sangat bagus. Selepas jembatan panjang Noelmina mobil belok ke kanan melewati areal pertanian yg sangat luas.

Saya pikir dari belokan itu pantainya telah dekat, ternyata aku salah. Masih jauh saja rupanya. Ada sesuatu jembatan sedang dalam perbaikan sehingga sebagai alternatifnya kalian harus turun melewati sungai yg telah mengering. Serasa off road saja.

Selepas jembatan itu nanti mulai ada petunjuk jalan menuju Pantai Kolbano, ikuti saja petunjuk arahnya. Sekitar setengah jam kemudian mulai menumukan petunjuk arah Pantai Oetune di kanan jalan.

Kami sampai di Oetune sekitar pukul 12.30 Wita. Panasnya cetar. Untung ada dua lopo yg mampu dimanfaatkan untuk  tempat berteduh sambil menikmati lunch yg telah dipersiapkan oleh teman dari Kupang.

Penting memang membawa makanan dari Kupang mengingat di pantai Oetune cuma ada pedagang yg menjual makanan ringan saja. Siang itu keadaan air laut sedang pasang, angin berhembus kencang, kelihatan ombak bergulung-gulung ketepian.

Sempat bingung juga kok hamparan gurun pasir yg sempat aku lihat di instagram tak tampak sama sekali, di mana gerangan dia berada? Selepas makan siang salah seorang teman bertanya ke mama yg jual minuman dimana letak padang pasirnya?

Padang pasir berada di sebelah kiri pantai, meluncurlah kalian ke sana. Pokoknya harus bisa tuh spot foto seperti yg di instagram. Setelah berkeliling padang pasir yg tak begitu luas, akhirnya menemukan juga spotnya. 

Kondisinya tidak sama persis dengan foto yg ada di instagram. Siang itu gundukan pasir tak terlalu tinggi, ukiran yg terbentuk di atas pasir juga tak terlalu kentara. b

Bisa jadi karena kita tiba telah terlalu siang, sehingga pasir yg basah kala pagi telah mengering dan terbang tertiup angin.

Pantainya sendiri landai dan sangat panjang dengan pasir putih nan lembut. Di tepian pantai ada pohon Kasuari yg berjajar, ada dua lopo yg mampu dimanfaatkan bagi berteduh, dan puluhan pohon lontar yg tinggi menjulang. Kamar mandi dan toilet umum pun ada juga dengan membayar lima ribu rupiah sekali pakai.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/27/142500/3303276/1025/menapaki-padang-pasir-di-pantai-oetune-ntt
Terima kasih sudah membaca berita Menapaki ‘Padang Pasir’ di Pantai Oetune, NTT. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menapaki ‘Padang Pasir’ Di Pantai Oetune, NTT"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.