Membuat E-Paspor, Proses 10 Menit, Antre 2 Jam

No comment 115 views

Berikut artikel Membuat E-Paspor, Proses 10 Menit, Antre 2 Jam, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bentuk paspor elektronik (e-paspor) sebenarnya hampir sama dengan paspor biasa. Perbedaan paling jelas kelihatan ada tanda chip di bagian depan. Ini yaitu data biometrik pemilik paspor tersebut sehingga e-paspor sulit dipalsukan.

Data biometrik yaitu data seperti sidik jari dan bentuk wajah pemegang e-paspor yg dapat dikenali dengan cara pemindaian.

(BACA: Ada 4 Warna Sampul Paspor di Dunia, Apa Saja Artinya?)

Data biometrik dalam e-paspor sesuai dengan standar yg dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan sudah digunakan di berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia dan negara lainnya. Masa berlaku e-paspor sama seperti paspor biasa, merupakan selama 5 tahun.

KompasTravel, Senin (24/10/2016) membuat e-paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan di Jalan Warung Raya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Antre mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Selain di Jalan Warung Buncit Raya, pembuatan paspor di wilayah Jakarta Selatan mampu dikerjakan di Unit Layanan Paspor Pondok Pinang, Jalan Ciputat Raya no 27 dan Unit Layanan Paspor Karang Tengah di Ruko Bona Indah Business Centre, Jalan Karang Tengah Blok B/1 nomor 8H Lebak Bulus.

Namun khusus bagi pembuatan e-paspor cuma dilayani di Kantor Imigrasi Kelas I di Indonesia yakni DKI Jakarta, Batam dan Surabaya.

(BACA: Apa Beda E-Paspor dan Paspor Biasa?)

Berikut tips mengurus e-paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Jalan Warung Buncit Raya.

1. Siapkan persyaratan yg diperlukan

Untuk mengurus e-paspor bawalah persyaratan sebagai berikut: KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran atau ijazah terakhir dan paspor lama. Untuk membuat e-paspor tidak perlu menunggu masa berlaku paspor biasa berakhir. Bawalah paspor biasa tersebut bagi diganti dengan e-paspor.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

2. Datanglah lebih awal ke Kantor Imigrasi

Saat KompasTravel datang di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan pukul 06.45, antrean telah mengular. Antrean pengurusan paspor dibatasi sampai pukul 10.00 WIB. Walaupun Anda mengurus paspor biasa, e-paspor, paspor secara online wajib masuk dalam antrean.

3. Diberi nomor antre

Setelah menaiki lantai 2 Gedung Imigrasi, petugas dengan ramah mulai memberikan nomor antre dan formulir dengan menstempel pembuatan paspor secara online, mengurus paspor biasa atau e-paspor.

4. Isi formulir

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menyediakan 12 konter buat pengurusan paspor. Sambil menunggu panggilan, siapkan alat tulis bagi mengisi selembar formulir.

Ruang tunggu di lantai 2 Gedung Imigrasi begitu nyaman dan dijamin Anda tidak mulai merasa bosan menunggu.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Anda tinggal rajin melihat layar monitor buat mengetahui nomor berapa yg dipanggil dan diminta menuju konter berapa. Di mana pun Anda berdiri atau duduk menunggu di lantai 2 ini dijamin tidak ketinggalan keterangan perihal nomor yg dipanggil karena juga diumumkan melalui pengeras suara serta dapat melihat di layar monitor.

5. Pemeriksaan kelengkapan dokumen

Setelah nomor anda dipanggil maka sesuai yg tertera di monitor anda diarahkan menuju konter yg telah ditentukan. Petugas mempersilakan duduk dan meminta dokumen yg dibawa. Setelah dokumen diperiksa, proses selanjutnya adalah pengambilan foto dan sidik jari.

Setelah itu, petugas mulai memberikan tanda terima permohonan paspor dan biaya pembuatan e-paspor.

Sekitar 10 menit waktu yg dijalani KompasTravel bagi pemeriksaan dokumen dan pengambilan foto dan sidik jari. Proses pembuatan e-paspor sampai selesai membutuhkan waktu 5 hari kerja. Petugas minta KompasTravel tiba bagi mengambil e-paspor pada Senin (31/10/2016).

6. Pembayaran

Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, petugas memberikan bukti pembayaran pembuatan e-paspor sebesar Rp 655.000 dengan perincian: biaya paspor Rp 600.000 dan jasa TI Biometrik Rp 55.000.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Pembayaran dapat dikerjakan lewat ATM atau konter bank yg ada di lobi Kantor Imigrasi. Nomor bukti pembayaran ini wajib disimpan dan dibawa ketika pengambilan paspor.

Jika ditotal, waktu yg dihabiskan dalam pembuatan e-paspor sekitar 2 jam akan dari antre di luar dan di dalam gedung sampai proses pengambilan foto dan sidik jari.  

7. Pengambilan E-Paspor

Senin (31/10/2016) pukul 13.20 WIB KompasTravel telah berada di lantai 2 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan buat pengambilan e-paspor. Waktu pengambilan paspor dari pukul 13.00 sampai 15.30 WIB.

Untuk pengambilan cuma perlu waktu antre sekitar 1 jam sampai akhirnya e-paspor ada dalam genggaman Anda.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/14/102600027/membuat.e-paspor.proses.10.menit.antre.2.jam
Terima kasih sudah membaca berita Membuat E-Paspor, Proses 10 Menit, Antre 2 Jam. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Membuat E-Paspor, Proses 10 Menit, Antre 2 Jam"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.