Membersihkan Dosa, Memuji Dewi Cinta

No comment 124 views

Berikut artikel Membersihkan Dosa, Memuji Dewi Cinta, Semoga bermanfaat

Port-au-Prince – Haiti, negara kecil di Karibia milik tradisi unik. Mandi di air terjun tanpa pakaian, memuji sang Dewi Cinta bagi membersihkan dosa dan mengabulkan keinginan.

Tiap negara milik tradisi tersendiri yg bikin traveler penasaran. Terkadang tradisinya mungkin kurang dapat diterima akal sehat. Namun yg namanya tradisi, telah barang tentu dikerjakan sejak zaman lalu dan jadi kepercayaan orang-orang setempat yg selalu dijaga. Tak peduli, betapa majunya perkembangan zaman.

Mari kalian melancong ke Haiti, suatu negara yg berada di Laut Karibia. Negara yg berada di Benua Amerika, yg seandainya dilihat di peta ada di tengah-tengah antara Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Karena berada di Laut Karibia, Haiti pun diberkahi bentang alam yg indah, khususnya pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Bicara soal tradisi, Haiti terkenal dengan voodoo yakni kepercayaan spiritis-animis, yg artinya yakin kepada roh-roh yg dianggap leluhur atau penguasa alam semesta.

BACA JUGA: Voodoo (Bukan) Ilmu Hitam Afrika

Air terjun Saut-d’Eau dipercaya tempat membersihkan dosa buat memuji Dewi Cinta (Reuters)

Kepercayaan terhadap penguasa alam tersebut, dapat dilihat di air terjun Saut-d’Eau. Air terjun setinggi belasan meter yg berlokasi di wilayah Mirebalais, berjarak 90 km dari ibukota negara Haiti, Port-au-Prince.

Setiap bulan Juli, tanggal 14-16, air terjun Saut-d’Eau bakal dipadati oleh ribuan orang Haiti. Baik pria dan wanita, dari yg muda sampai yg tua mulai mandi di bawah air terjunnnya.

Bahkan mereka seluruh menanggalkan pakaian, demi segala badannya terkena air. Mereka pun dapat basah-basahan dalam hitungan jam. Tak sampai di situ, para tokoh-tokoh agama lantas mulai mendoakan setiap orang.

Wanita dan pria yg memadati air terjun Saut-d’Eau (Reuters)
Orang-orang Haiti mulai basah-basahan sambil berdoa selama berjam-jam di air terjunnya (Reuters)

Tradisi yg dikenal dengan nama Our Lady of Carmel ini telah dikerjakan sejak tahun 1847. Tujuan atau maksud dari tradisinya buat memuji Dewi Cinta, yakni Erzulie yg dipercaya menetap di air terjun itu.

Dalam kepercayaan orang Haiti, Erzulie adalah dewi yg melambangkan cinta, romansa, kecantikan dan feminisme. Erzulie pun sangat dihormati, karena mampu menikahi tiga dewa terkuat merupakan Damballa (pencipta alam semesta), Agwe (penguasa lautan) dan Ogun (Dewa perang).

Maka dari itu, orang-orang Haiti percara bahwa memuji Erzulie maka mulai membersihkan dosa dan membuat jiwa kembali suci. Tak cuma itu, berdoa kepadanya juga konon mulai dikabulkan. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/02/124229/3289552/1520/membersihkan-dosa-memuji-dewi-cinta
Terima kasih sudah membaca berita Membersihkan Dosa, Memuji Dewi Cinta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Membersihkan Dosa, Memuji Dewi Cinta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.