Memaknai Hari Kemerdekaan Lewat Upacara Di Gunung Lawu

No comment 129 views

Berikut artikel Memaknai Hari Kemerdekaan Lewat Upacara di Gunung Lawu, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Hari kemerdekaan yg jatuh pada 17 Agustus dahulu dirayakan meriah di berbagai pelosok negeri. Salah satunya adalah pengibaran bendera di Gunung Lawu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Gunung Lawu di perbatasan Jateng-Jatim yaitu salah sesuatu destinasi favorit buat para pendaki bagi merayakan hari kemerdekaan RI.

Namun yg berbeda dengan perayaan 17 Agustus tahun lalu, Tlogo Kuning yg biasa menjadi tempat upacara bendera kini berubah menjadi genangan air yg sekilas mirip Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Hal itu dikarenakan terjadinya anomali cuaca yg seharusnya di bulan Agustus telah musim kemarau tetapi masih tidak jarang turun hujan. Selain Tlogo Kuning, air terjun Studio Alam di jalur Cemoro Kandang pun kini dialiri air yg cukup banyak, sehingga menjadi daya tarik.

Pagi itu pukul 08.00 WIB, para pendaki telah berkumpul di Tlogo Kuning yg lokasinya berada di balik puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu. Setelah melakukan gladi resik, upacara dimulai pukul 09.00 WIB.

Yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Rusdianto selaku ketua umum relawan Anak Gunung Lawu (AGL). Dalam amanatnya, Rusdianto mengingatkan kepada para pendaki bagi menjaga kebersihan dan keindahan gunung ini dengan tak membuang sampah sembarangan dan tak melakukan vandalisme, karena itu yaitu salah sesuatu cara mengisi kemerdekaan ini.

Selain itu juga beliau mewanti-wanti agar para pendaki tak membuat api unggun atau membuang puntung rokok sembarangan, karena dikhawatirkan mulai terjadi kebakaran seperti pada tahun dulu yg memakan banyak korban.

Meskipun diadakan dengan cara sederhana, upacara pengibaran bendera ini dilaksanakan dengan hikmat. Terutama ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya yg mampu membuat haru, karena mengingat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini.

Akhirnya acara peringatan kemerdekaan 17 Agustus ini ditutup dengan memunguti sampah-sampah di lokasi dan sepanjang jalur pendakian Cemoro Kandang.

Berhubung ketika itu hari spesial, panitia memberikan hadiah seperti kaos, jaket, celana, sepatu, dan juga tenda buat para pendaki yg membawa sampahnya turun kembali.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/30/102100/3284621/1025/memaknai-hari-kemerdekaan-lewat-upacara-di-gunung-lawu
Terima kasih sudah membaca berita Memaknai Hari Kemerdekaan Lewat Upacara di Gunung Lawu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Memaknai Hari Kemerdekaan Lewat Upacara Di Gunung Lawu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.