Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar Yang Bersih Bikin Nyaman Turis!

Berikut artikel Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar yang Bersih Bikin Nyaman Turis!, Semoga bermanfaat

Jakarta – Traveler pernah jalan-jalan ke pasar tradisional bagi mencari oleh-oleh ataupun yg lainnya? Pasar tradisional Sindu Denpasar, Bali ini bikin betah.

Pasar tradisional biasa kalian kenal sebagai salah sesuatu tempat yg paling malas bagi dikunjungi karena kotor, jalan becek dan baru. Tapi semuanya tak berlaku di Pasar Sindu di Jalan Danau Tamblingan Sanur, Denpasar.

Pantauan detikTravel, lantai pasar dari keramik tak ada kotoran maupun air sehingga membuat kotor meskipun didalamnya terdapat penjual ikan segar maupun daging serta pedagang sayur.

Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar yg Bersih Bikin Nyaman Turis!(Zaenal Effendi/detikTravel)

Kondisi pasar yg bersih dan nyaman ini membuat turis yg long stay di Denpasar lebih memilih berbelanja di Pasar Sindu ketimbang ke minimarket atau supermarket.

Seperti yg diungkapkan Frans bremer (73) turis yang berasal Belanda yg mengaku senang belanja di Pasar Sindu karena ada interaksi komunikasi dengan penjual yg jago berbahasa Inggris dan ramah.

“Tiap hari aku disini dengan bersepada angin meskipun cuma membeli sayur dan buah buahan,” kata Frans yg telah tinggal di Bali 2 minggu, Sabtu (11/2/2017).

(Zaenal Effendi/detikTravel)(Zaenal Effendi/detikTravel)

Menurut mantan Angkatan Laut Belanda yg tiba ke Bali bersama istrinya ini mengaku sangat nyaman belanja di pasar yg dikelola desa adat ini. “Sangat bersih,Nyaman dan harganya murah,” imbuh Frans.

Tak cuma pembeli, penjual juga mengaku sangat diuntungkan deng keadaan pasar yg bersih dan nyaman setelah dikerjakan revitalisasi oleh desa. “Saya cuma bayar sewa Rp 4,5 juta bagi 5 tahun dan Rp 75 ribu buat restribusi kebersihan,” kata Ni Wayan Karni salah sesuatu pedagang yg telah berjualan 15 tahun.

Sementara pengawas Pasar Sindu, Made Sudarta mengungkapkan pasar yg mempunyai luas 52 are murni dibangun dari swadaya desa dan dikelola oleh Yayasan Pembangungan Sanur. “Pasar ini swadaya, swakeloladan murni bagi kesejahteraan desa,” kata Sudarta.

Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar yg Bersih Bikin Nyaman Turis!(Zaenal Effendi/detikTravel)

Pasar yg memiliki 150 pedagang (lapak didalam) dan 70 toko diluar ini menghabiskan Rp 3,5 Miliar buat revitalisasi pada 2009 lalu. “Kami sangat bangga karena pemerintah terus menjadikan contoh pasar kita sebelum membangun pasar lainnya,” pungkas Sudarta. (ze/msl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/12/102707/3420266/1519/melongok-pasar-tradisional-sindu-denpasar-yang-bersih-bikin-nyaman-turis
Terima kasih sudah membaca berita Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar yang Bersih Bikin Nyaman Turis!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Melongok Pasar Tradisional Sindu Denpasar Yang Bersih Bikin Nyaman Turis!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.