Melihat Uniknya Thailand Lewat Floating Market Pattaya

No comment 97 views

Berikut artikel Melihat Uniknya Thailand Lewat Floating Market Pattaya, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Jalan-jalan ke Pattaya, tampaknya tak sah bila tak singgah di destinasi wisata yg sesuatu ini. Pattaya Floating Market atau Pasar Apung Pattaya namanya.

Selain tata letak pasarnya yg unik karena sebagian besar pedagang di tempat ini menjajakan barang dagangannya dengan cara mengapung. Di pasar yg terletak di pingggir jalan penting Bangkok-Pattaya ini juga dijual beragam rupa makanan yg tergolong ekstrem, salah satunya adalah kalajengking! Tertarik bagi mencoba?

Setelah singgah di Honey Bee Farm, tempat peternakan madu yg terletak di salah sesuatu wilayah sebelum memasuki pemukiman penting Pattaya. Mobil yg membawa kalian dari Bangkok selalu meluncur di antara sisa-sisa hujan yg tiba-tiba turun di bumi Thailand.

Oom Pacha, guide kita bercerita, bahwa telah dua bulan ini hujan tidak turun barang setetes pun di negara mereka. Cerita Oom Pacha didukung oleh warna rerumputan dan pepohonan di negara itu yg akan menguning bagai hendak meregang nyawa secara perlahan.

“Setelah ini, kalian mulai singgah di Pattaya Floting Market,” sela Oom Pacha diantara ceritanya perihal Thailand, negara yg sangat dia cintai.

Oom Pacha termasuk pemandu wisata dengan tingkat pengetahuan yg cukup tinggi, mengetahui banyak hal. Lebih-lebih tentang negaranya sendiri. Saya ingat betul bagaimana aku dan adik dibuat ternganga oleh cerita Oom Pacha perihal harga karet, salah sesuatu hasil pertanian andalan di wilayah Thailand bagian utara.

Harganya berkali-kali jauh lebih mahal dari harga jual karet petani yg ada di Indonesia. Sontak, aku jadi ingat ayah kita yg sehari-hari, sebelum memasuki musim panen lada tiba, adalah seorang penyadap karet di Pulau Bangka. Alangkah kaya rayanya beliau bila karet hasil sadapannya dijual di Thailand. Saya lantas tertawa dalam hati.

Cuaca akan kembali cerah. Jalanan yg kalian lewati seolah memberitahukan kepada kalian bahwa sebentar lagi kalian mulai datang di Pattaya, ditandai dengan bangunan yg semakin meninggi.

Selang dua waktu kemudian, mobil yg membawa kita mengurangi kecepatannya, dulu berbelok ke sebelah kiri memasuki sebuah komplek yg ramai oleh bus-bus ukuran raksasa yg tidak yang lain adalah bus pariwisata khas Thailand. Ya, kita datang di Pasar Apung Pattaya.

“Silakan masuk,” kata Oom Pacha setelah melekatkan stiker tanda masuk di baju kami. “Oom tunggu di sini, kalau telah selesai kembali ke sini lagi ya, jangan salah,” sambungnya lagi.

Saya dan adik pun segera memasuki area pasar yg hari itu sesak oleh wisatawan, terutama wisatawan yg berasal dari Tiongkok dan India, tidak terkecuali wisatawan yang berasal Indonesia. Maklum, kala itu bertepatan dengan long weekend di Indonesia, maka berliburlah mereka ke dua tempat wisata, termasuk ke Thailand.

Semakin dalam kita memasuki area pasar yg unik ini, semakin banyak saja rasanya orang Indonesia yg kalian temui. Hal ini terdengar dari bahasa yg mereka gunakan ketika berbicara.

Sebetulnya, Pattaya Floating Market tidak ubah seperti pasar yg ada pada lazimnya, kios-kios yg ditempati para pedagang dengan barang dagangan yg bergelantungan di sana-sini. Lantas, apa yg menarik dari tempat ini sehingga membius wisatawan buat datang?

Ya, selain letak pasar yg berada di atas air, arsitektur pasar yg unik dengan karakter Thailand yg kental serta para pedagang yg sebagain diantaranya menjajakan dagangan dari atas perahu seraya mengitari area pasar, sejumlah jajanan kuliner yg tergolong ekstrem mejadi daya tarik tersendiri pasar ini.

Langkah demi langkah aku dan adik memasuki area pasar didominasi kios suvenir dan kuliner khas Thailand ini. Sebagai daerah yg berada di daerah pesisir, sebagian kuliner yg dijajakan di sini memang berasal dari laut, berupa kepiting, cumi-cumi, beragam macam ikan dan hasil laut yang lain dengan beragam ukuran dan variasi rasa.

Seraya memegang ponsel dengan aplikasi kalkulator yg terus terbuka, aku terus menghitung harga-harga kuliner itu apabila dikonversikan menjadi rupiah. Wah, ternyata harganya tak jauh berbeda dengan harga makanan yg ada di Indonesia, bahkan dua diantaranya ada yg jauh lebih murah.

Semakin dalam kita memasuki area pasar apung Pattaya, semakin banyak saja rasanya hal unik yg kita temui di tempat ini, termasuk di antaranya adalah sekelompok pemain musik yg sekongyong-konyong tiba menyeruak, melantunkan dua lagu dengan irama khas negeri gajah putih, seraya berkeliling area pasar dengan sebuah perahu.

Sungguh sebuah hal yg sangat menarik sekali. Hal yg sesungguh sangat sederhana, tetapi di tangan kreatif orang-orang Thailand, semuanya mampu dijadikan sebaga salah sesuatu objek wisata di negara itu. Sebelum meninggalkana area pasar ini, aku dan adik pun membeli seporsi kepiting yg sangat menggiurkan. Mantap!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/14/115500/3344346/1025/melihat-uniknya-thailand-lewat-floating-market-pattaya
Terima kasih sudah membaca berita Melihat Uniknya Thailand Lewat Floating Market Pattaya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Melihat Uniknya Thailand Lewat Floating Market Pattaya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.