Melihat Kunang-Kunang Laut Di Jepang

No comment 119 views

Berikut artikel Melihat Kunang-Kunang Laut di Jepang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Wisata melihat kunang-kunang yaitu salah sesuatu tur paling populer di Jepang. Di Taman Nasional Ise-Shima, kunang-kunangnya bukan di pohon, tapi di dalam laut!

Wisata melihat kunang-kunang yaitu salah sesuatu tur paling populer di Jepang ketika musim panas. Dalam cuaca yg panas ini, masyarakat Jepang berbondong-bondong berkemah di daerah pegunungan atau di sekitar hutan bagi melihat kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang.

Namun, bila Anda tiba ke Toba City yg ada di Taman Nasional Ise-Shima, Jepang, Anda mulai menemukan macam kunang-kunang yg tak biasa. Kunang-kunang ini tak terbang di sekitar pohon atau rerumputan, tapi di dalam laut! Karena habitatnya yg unik inilah orang Jepang menyebutnya sebagai umi-hotaru atau kunang-kunang laut dalam Bahasa Jepang.

Kunang-kunang laut sebenarnya berbeda dengan kunang-kunang yg biasa kalian jumpai. Kunang-kunang laut atau dalam bahasa ilmiahnya Vargula hilgendorfii yaitu makhluk purbakala yg sudah hidup selama 400 juta tahun lalu, jauh sebelum dinosaurus muncul! Uniknya, bentuk dari kunang-kunang laut ini tak berubah sejak zaman tersebut. Sebuah operator ekowisata di Ise-Shima, Kaito Yumin Club, mengajak aku ‘menjelajahi waktu’ dalam tur musim panas ini buat membuktikan keberadaan kunang-kunang laut.

Bila dipandu oleh tour guide berpengalaman, ternyata melihat kunang-kunang laut ini tak sulit. Dengan mengetahui musim dan lokasi yg tepat, turis mampu mendapatkan kesempatan lebih besar bagi melihat kunang-kunang laut. Kunang-kunang ini hidup di perairan dangkal Jepang sehingga turis tak perlu menyelam atau berenang di dalam laut pada malam hari bagi melihatnya. Setelah berhasil ‘memancing’ para kunang-kunang laut ini, keajaiban pun terjadi.

Dari dalam laut yg gelap, perlahan muncul kerlap-kerlip berwarna biru seukuran remahan roti. Itulah umi-hotaru! Warna biru yg muncul yaitu iluminasi biologis yg dihasilkan oleh kunang-kunang laut layaknya kunang-kunang di daratan. Tubuhnya yg berpendar di laut tidak jarang disangka noctiluca atau glowing plankton, namun kunang-kunang laut yaitu hewan yg masuk dalam kelompok krustasea (crustacea), sesuatu kelompok dengan hewan bercangkang seperti udang dan kepiting.

Pada siang hari, hewan ini mulai bersembunyi di balik pasir laut dan baru mulai muncul di malam hari. Hewan ini tak terlalu menyukai cahaya, sehingga tur dikerjakan dengan cahaya lampu seminimal mungkin. Namun, suasana inilah yg membuat tur melihat kunang-kunang laut ini menjadi terasa lebih eksotis dan menantang.

Tur melihat kunang-kunang laut ini dapat menjadi salah sesuatu alternatif bagi menikmati Jepang di samping city tour melihat Jepang yg modern atau wisata belanja. Informasi lebih lanjut mengenai tur melihat umi-hotaru mampu dilhat di website Kaito Yumin Club.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/22/114500/3253974/1025/melihat-kunang-kunang-laut-di-jepang
Terima kasih sudah membaca berita Melihat Kunang-Kunang Laut di Jepang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Melihat Kunang-Kunang Laut Di Jepang"