Melihat Dua Sisi Istanbul Dari Bukit Pierre Lotti

No comment 132 views

Berikut artikel Melihat Dua Sisi Istanbul dari Bukit Pierre Lotti, Semoga bermanfaat

Istanbul – Istanbul di Turki memiliki banyak bangunan bersejarah era Konstantinopel dan Kesultanan Usmaniyah. Keindahannya pun mampu dilihat dari atas Bukit Pierre Lotti.

Sebelum kalian menjelajahi lebih banyak destinasi di Turki, Anda mampu mampir terlebih lalu ke bukit Pierre Lotti, bagi melihat keindahan kota lama dan kota baru Istanbul yg terbelah dengan muara air laut ‘Tanduk Emas’.

“Tanduk emas itu bukan sungai, tetapi itu air laut. Dinamakan tanduk, karena dilihat dari atas bentuknya seperti tanduk,” kata Usman, pemandu wisata lokal dari Turki pada detikTravel, Selasa (22/11/2016)

Perjalanan dari bandara Ataturk, Istanbul menuju ke Bukit Pierre Lotti sekitar 7 Km. Untuk menuju ke titik pantau di Bukit Pierre Lotti, Anda mulai menumpang cable car atau biasa kami sebut kereta gantung.

Kereta gantung menuju Bukit Pierre Lotti (Rois/detikTravel)Kereta gantung menuju Bukit Pierre Lotti (Rois/detikTravel)

Selama perjalanan naik cable car sepanjang sekitar 500 meter, Anda mulai melintasi komplek pemakaman Eyup yg ada sejak 500 tahun dulu dan juga telah menjadi pemakaman umum untuk sebagian warga Istanbul ketika ini.

Saat datang di titik pendaratan di bukit Pierre Lotti, Anda mulai mampu menikmati pemandangan indah kota lama dan kota baru Istanbul yg dibelah Tanduk Emas (golden horn). Namun, terlebih lalu Anda harus memasukkan koin 4 Lira Turki, atau 2,5 Lira Turki untuk pemilik kartu semacam kartu member.

Keindahan suasana kota lama dan kota baru mampu dengan memakai teropong yg telah disediakan di atas bukti di titik lokasi pemantauan. Untuk mampu melihat dengan teropong, terlebih lalu memasukkan koin 1 Lira Turki.

Nikmati keindahannya sambil ngeteh (Rois/detikTravel)Nikmati keindahannya sambil ngeteh (Rois/detikTravel)

Selain memakai teropong, Anda dapat menikmati keindahan panorama kota lama dan kota baru di Istanbul sambil menimum teh di Pierre Lotti Cafe.

Setelah menikmati keindahan kota lama dan kota baru dari Bukit Pierre Lotti, anda dapat menyaksikan situs-situs bersejarah seperti benteng di zaman Konstantinopel.

Benteng tersebut juga pernah dikuasai Sultan Sultan Muhammad Al Fatih (Sultan Mehmed) sang penakluk kerajaan Byzantium atau Konstantinopel. Hingga ketika ini masih berdiri, tetapi ada sebagian bangunan yg telah roboh.

Dua sisi kota Istanbul, yg lama dan yg baru (Rois/detikTravel)Dua sisi kota Istanbul, yg lama dan yg baru (Rois/detikTravel)

Di Bukit Pierre Lotti juga terdapat kawasan pemakaman Eyup. Ayub Ansari (Eyup) adalah salah sesuatu sahabat Nabi Muhammad SAW. Eyup warga Madinah Arab Saudi, yg rumahnya pertama kali dikunjungi dan tempat menginap Rasulullah ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Eyup mendapatkan tugas dari Nabi Muhammad buat menaklukan Konstantinopel. Saat peperangan itu, Eyup wafat dan sempat tak diketahui dimana makamnya.

Makam Eyup akhirnya ditemukan di tepi Tanduk Emas, setelah Sultan Mehmet Sang Penakluk menguasai Konstantinopel. Penemuan makam itu berdasarkan mimpi dari Sultan Mehmet. Lima tahun setelah menguasai Konstantinopel, dibangunlah Masjid Eyup.

Kawasan bukit Pierre Lotti itu juga menjadi pemakaman yg usianya telah ratusan tahun. Dan sekarang juga menjadi tempat pemakaman umum. (bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/23/085000/3352119/1520/melihat-dua-sisi-istanbul-dari-bukit-pierre-lotti
Terima kasih sudah membaca berita Melihat Dua Sisi Istanbul dari Bukit Pierre Lotti. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Melihat Dua Sisi Istanbul Dari Bukit Pierre Lotti"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.