Medan, Kota Bersejarah Untuk Liburan Ke Sumatera Utara

No comment 115 views

Berikut artikel Medan, Kota Bersejarah Untuk Liburan ke Sumatera Utara, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Sumatera Utara, Kota Medan jadi tujuan utamanya. Traveler dapat menikmati kepingan sejarah panjang kota ini dari Istana Maimun hingga Tjong A Fie Mansion.

Medan, kota yg menyimpan sejuta rahasia dibalik kesibukan dan hirup pikuk warganya. Siapa sangka dibalik kesibukannya, Kota Medan menyimpan banyak peninggalan cerita sejarah yg menarik, seperti yang berasal mula Kerajaan Deli dan seorang Kapitan Tionghoa dari daerah Kesawan.

Jangan pernah bertanya harus kemana saja yg dapat aku kunjungi saat berwisata ke Medan. Kali ini, aku mulai mengulas tentang Kota Medan sedikit sejarah yg terukir dari kota ini merupakan dari Istana Maimun hingga Tjong A Fie Mansion.

Pagi itu hujan turun di Kota Medan, setelah dua bulan hujan tak pernah datang. Hujan membuat Kota Medan terasa sejuk seperti di Berastagi dan Kaban Jahe. Istana Maimun berada di daerah Jalan Katamso. Istana ini yaitu bagian dari cerita sejarah dari Kerajaan Deli.

Di dalam istana ini diperlihatkan dua lukisan sultan yg pernah memimpin Kerajaan Deli dan silsilah keluarganya, serta peninggalan dari Kerajaan Deli seperti pakaian adat dan alat pusaka kerajaan. Tapi Anda jangan terlalu berharap banyak bagi melihat koleksi dari Kerajaan Deli, karena cuma sedikit saja koleksi dari kerajaan yg dipamerkan di sini, salah satunya singgasana raja dari Kerajaan Deli.

Kegiatan yg cukup menarik yg Anda mampu lakukan di Istana Maimun ini merupakan menyewa pakaian tradisional dari Kerajaan Deli, berfoto di depan singgasana kerajaan dan juga sekeliling Istana Maimun, seperti layaknya ada bagian dari keluarga Kerajaan Deli.

Hal ini dapat dijadikan sebuah kenang-kenangan dari perjalanan Anda ke Istana Maimun. Cukup dengan membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000, Anda dapat melihat koleksi Istana Maimun dan juga mendengarkan musik melayu klasik pada jam tertentu sekitar pukul 11.00 pagi hingga 12.30 WIB.

Pergilah ke bagian sayap kanan dari istana ini, Anda mulai menemukan cerita dari raja-raja Kerajaan Deli dari awal berdiri hingga sekarang. Yang menarik adalah cerita Sultan Kerajaan Deli yg sekarang memimpin. Sultan yg sekarang ini yaitu seorang anak muda yg naik tahta saat umurnya masih kecil dikarenakan ayahnya yg seorang tentara angkatan udara yg meninggal karena kecelakaan pesawat.

Sungguh penasaran dengan aktivitas Sultan Deli tersebut sekarang ini. Menurut keterangan dari teks yg terpampang di Istana Maimun, Beliau sekarang ini tinggal di Aceh dan masih aktif menjalankan adat istiadat dari Kerajaan Deli.

Setelah puas berkeliling Istana Maimun, lokasi selanjutnya adalah Masjid Raya Medan yg berada tak jauh berada dari lokasi Istana Maimun, sekitar 10 menit jalan kaki. Masjid Raya Al-Mashun atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan dibangun oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam dari Kerajaan Deli.

Masjid ini masih aktif digunakan oleh umat muslim bagi bersembahyang hingga sekarang. Keindahaan arsitektur dari bangunan ini mulai membuat Anda terpesona dan membuat masjid kelihatan tampak megah dan cantik. Siapa sangka bahwa arsitek dari masjid ini adalah orang Belanda merupakan JA Tingdeman.

Masjid ini dari lalu digunakan bagi sultan dari Kerajaan Deli bagi bersembahyang, khususnya bagi salat Jumat. Masjid Raya ini yaitu bentuk kesuksesan suku melayu khususnya kerjaan Deli.

Lokasi selanjutnya adalah Tjong A Fei Mansion. Siapa sangka di tengah kota terdapat tempat sejarah dan tempat wisata yg masih aktif dan terawat. Tjong A Fei Mansion adalah rumah dari saudagar, bankir dan Kapitan Tionghoa yg berasal dari Tiongkok.

Tjong A Fie pada masanya, menjadi panutan buat warga Kota Deli. Apabila anda pernah dengar tentang Bank Kesawan, Tjong A Fie-lah yg mendirikan bank tersebut. Banyak jasa yg sudah diberikan oleh Tjong A Fie, terutama buat pembangunan Kota medan.

Sekarang ini, rumah dari Tjong A Fie terawat dan menjadi salah sesuatu destinasi yg harus dikunjungi apabila liburan ke Medan. Arsitekur dan furniture dari bangunan ini masih tersusun dan dijaga baik hingga sekarang.

Selain itu, di sekeliling bangunan ini ditumbuhi oleh dua tanaman, membuat tempat ini terasa nyaman dan asri, sehingga membuat Anda betah bagi berlama-lama di tempat tersebut. Jadi, sudahkah Anda mempunyai rencana bagi mengunjungi Kota Medan? karena mengelilingi di negara sendiri itu baik.

Istana Maimun dan Tjong A Fie Mansion bersiap menunggu Anda bagi dikunjungi. Selamat traveling ke Medan!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/16/112000/3260904/1025/medan-kota-bersejarah-untuk-liburan-ke-sumatera-utara
Terima kasih sudah membaca berita Medan, Kota Bersejarah Untuk Liburan ke Sumatera Utara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Medan, Kota Bersejarah Untuk Liburan Ke Sumatera Utara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.