Mau Rafting Saat Long Weekend Di Jatim, Ini Tempatnya!

No comment 125 views

Berikut artikel Mau Rafting Saat Long Weekend di Jatim, Ini Tempatnya!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Sungai Pekalen di Jawa Timur seringkali jadi lokasi bagi rafting. Aktivitas seru di sana asyik juga bagi mengisi libur Tahun Baru.

Berlibur ke tempat yg itu-itu saja tidak jarang membuat kalian bosan karena yg kalian lihat cuma pemandangan ataupun lainnya tanpa membuat andrenalin kami terpacu. Kali ini aku dan dua rekan coba bagi berlibur sekaligus memacu andrenalin kami. Kali ini kita berlibur sambil arung jeram alias rafting di Sungai Pekalen.

Sungai Pekalen berada di Probolinggo, Jawa Timur. Sungai Pekalen yaitu salah sesuatu sungai yg sangat terkenal buat digunakan rafting di Jawa Timur. Di jalur sungai ini terdapat dua operator rafting yg mampu memandu kita.

Untuk menuju Sungai Pekalen, dari Surabaya kalian memakai mobil dan rute yg kita lewati melalui Surabaya-Tol-Gempol-Pasuruan dan masuk ke Probolinggo kota dan lurus ke arah kota Situbondo hingga menemukan Pantai Bentar di sisi kiri jalan.

Kemudian kalian belok kanan di pertigaan pabrik sasa. dan berjalan mengikuti jalan kurang lebih 13 km. Setelah itu, kami bisa mengikuti rute petunjuk jalan yg disediakan dua operator tersebut berdasarkan pilihan kami mulai memakai operator yg mana.

Saat itu kita berangkat dari Surabaya pada malam hari. Sehingga kalian memilih mendirikan tenda terlebih lalu di salah sesuatu lokasi operator yg kalian pilih. Di lokasi tersebut memang ada dua tanah lapang luas yg bisa kita gunakan bagi mendirikan tenda.

Setelah mendirikan tenda, malam pun semakin larut dan sedikit bercengkrama bersama, kita pun berisitirahat agar keadaan badan fit ketika rafting. Pagi harinya, setelah sarapan, kalian pun siap bagi berpetualang.

Udara sejuk dan matahari pun bersinar terang pagi waktu itu. Persiapan dimulai dengan memilih alat rafting yg mulai kalian gunakan akan akan dari dayung, helm, dan pelampung. Setelah semuanya bersiap dan mobil bak terbuka yg mulai mengantarkan kalian ke titik awal rafting di mulai.

Dari basecamp, bagi menuju lokasi start awal berjarak kurang lebih 2 km, dengan memakai mobil membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah turun dari mobil, kita berjalan di jalur setapak menuju sungai.

Jalan yg kalian lewati yaitu jalur menurun yg agak licin karena cukup basah. Kami berjalan selama 15 menit dan suara derasnya air sungai pun akan terdengar. Deru air memanggil-manggil yg membuat kalian tidak sabar bagi memulai petualangan.

Tiba di tepi sungai, kalian pun telah melihat para guide telah bersiap buat memandu kami. Perahu-Perahu karet pun sedang diisi udara, sambil menunggu kita pun bermain air di tepi sungai.

Melihat indahnya dan derasnya arus sungai, kita pun semakin bersemangat. Setelah semuanya siap, kita pun diberikan arahan terlebih dulu oleh guide mengenai teknik dan apa-apa saja yg kita harus lakukan seandainya menemukan jeram yg terjal, perahu tersangkut batu dan lainnya.

Setelah semuanya siap, kalian pun memulai berarung jeram. Tiap jeram yg kalian lewati memiliki nama tersendiri mulai tapi aku lupa apa saja namanya. Panjang jalur yg kalian lewati kurang lebih 10 km dengan waktu 3,5 jam.

Setelah melewati dua jeram, kita mulai melewati dua air terjun. Kalau tak salah hingga 7 air terjun. Di air terjun tersebut juga terdapat banyak kelelawar yg tidak mengurangi keindahan jalur rafting Sungai Pekalen ini.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/28/104000/3364326/1025/mau-rafting-saat-long-weekend-di-jatim-ini-tempatnya
Terima kasih sudah membaca berita Mau Rafting Saat Long Weekend di Jatim, Ini Tempatnya!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mau Rafting Saat Long Weekend Di Jatim, Ini Tempatnya!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.