Mau Mendaki Di NTT, Coba Ke Gunung Mutis

No comment 131 views

Berikut artikel Mau Mendaki di NTT, Coba ke Gunung Mutis, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Mungkin banyak traveler yg pernah mendaki gunung di Pulau Jawa, tetapi bagaimana dengan NTT. Di sana ada juga gunung yg asyik didaki, misalnya Gunung Mutis.

Berbeda dengan gunung di Jawa yg memiliki ketinggian rata-rata diatas 3.000 Mdpl, gunung tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini cuma memiliki ketinggian 2.427 Mdpl. Tidak banyak pendaki Gunung Mutis, bahkan mampu dibilang hampir sepuluh tahun terakhir tak ada yg mendaki gunung ini.

Sekalipun tak terlalu tinggi, gunung tetaplah gunung. Butuh perjuangan ekstra bagi menggapainya. Berada di kawasan Fatumnasi Tobu, Gunung Mutis mampu dicapai melalui perjalanan darat selama 7 jam dari Kupang.

Kami berangkat bertujuh, dari Kupang menuju Fatumnasi Tobu. Start jam 22.00 WITA, kalian sampai di Fatumnasi Tobu pada pukul 05.00 pagi. Ini adalah pos terakhir yg mampu dijangkau dengan mobil.

Untuk mendaki Mutis, kepala adat melarang kalian bagi jalan di malam hari, mengingat Mutis masih gunung liar dan terbilang angker. Matahari akan terbit dari balik bukit, mulailah kalian menuju puncak Gunung Mutis.

Hamparan savana dengan sapi-sapi liar tidak mengurangi suasana Mutis seperti daratan di Afrika. Sepanjang perjalanan dominasi taman bonsai berumur ratusan tahun juga tidak mengurangi eksotisme daerah ini.

Untuk urusan pemandangan alam, kawasan Indonesia Timur memang juaranya. Dalam pepatah traveling semakin susah mencapai suatu lokasi, maka semakin bagus lokasi alam di wilayah tersebut ternyata ada benarnya.

Sebelum memasuki jalur trekking, kami harus melewati jalan makadam yg rusak. Tidak ada porter dan orang berjualan di Gunung Mutis. Jadi seandainya menetapkan buat naik ke puncak, kalian mesti mempersiapkan keadaan fisik yg prima serta perbekalan cukup .

Suhu di Mutis masih di kisaran 19 derajat Celcius. Tidak seperti kebanyakan gunung yg dilengkapi kaldera, Puncak Mutis justru berada dalam kawasan hutan dan cuma ada sesuatu batu penanda bertuliskan 2.427 mdpl. Meski begitu, dari atas tampak gulungan awan dan padang savana hijau berjajar rapi.

Tergolong gunung tak aktif, Mutis menjadi gunung yg dapat dibilang aman secara alam. Tapi yg harus diwaspadai adalah hewan liar seperti harimau yg masih berkeliaran. Perjalanan 3 jam ke atas puncak terbayar lunas dengan pemandangan alam yg sempurna.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/05/145500/3312785/1025/mau-mendaki-di-ntt-coba-ke-gunung-mutis
Terima kasih sudah membaca berita Mau Mendaki di NTT, Coba ke Gunung Mutis. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mau Mendaki Di NTT, Coba Ke Gunung Mutis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.