Mau Main Bareng Tukik Penyu Yang Lucu? Liburan Ke Derawan Saja!

Berikut artikel Mau Main Bareng Tukik Penyu yang Lucu? Liburan ke Derawan Saja!, Semoga bermanfaat

Sangalaki – Di Kepulauan Derawan, ada pulau yg menjadi tempat bertelurnya penyu setiap malam. Pulau ini pun jadi tempat penangkaran penyu, merupakan Sangalaki. Yuk, ke sini!

detikTravel mendapat kesempatan bagi berkunjung ke kepulauan Derawan minggu lalu. Salah sesuatu tempat yg dikunjungi adalah Pulau Sangalaki.

Sangalaki yaitu salah sesuatu pulau yg istimewa karena setiap malam mulai ada penyu hijau dan penyu sisik yg bertelur di sini. Sehingga Sangalaki menjadi pulau khusus bagi penangkaran penyu.

Penangkaran Sangalaki ini milik sebuah rumah sebagai stasiun monitoring dan sebuah kolam sebagai tempat sementara buat tukik yg baru menetas.

Ini stasiun monitoring penyu di Sangalaki (Bonauli/detikTravel)Ini stasiun monitoring penyu di Sangalaki (Bonauli/detikTravel)

Di penangkaran ini, traveler mulai mendapat penjelasan soal penyu secara lengkap. Setiap malam mulai ada penyu yg tiba ke pulau ini buat bertelur. Penyu yg tiba tidak mulai segera bertelur, tetapi melakukan ritual khusus.

“Penyu mulai mengelilingi pulau buat mencari tempat bagi bertelur dan mandi-mandi lalu sebelum bertelur, itu dapat sampai 3 jam,” jelas Agustaf, salah sesuatu staff penangkaran penyu kepada detikTravel.

Saat bertelur, kondisi sekitar penyu harus sangat gelap. Kalau ketahuan ada yg mengintip dengan menyalakan senter atau cahaya, penyu tak mulai jadi bertelur dan kabur ke tempat lain.

Penyu selesai bertelur (dok Istimewa)Penyu selesai bertelur (dok Istimewa)

Setelah bertelur, petugas penangkaran mulai merelokasi telur-telur penyu ke tempat penangkaran. Telur mulai dipendam di dalam pasir selama 2 bulan tergatung dari panas matahari. Telur mulai direlokasi ke dalam lubang dengan kedalaman lubang 70-80 cm, dan diameter 20 cm. Seekor penyu bisa menghasilkan 100-150 telur dalam sesuatu kali peneluran.

“Setiap malam tak cuma ada sesuatu ekor penyu yg bertelur, ada banyak. Kami pernah menemukan 7 penyu yg bertelur dalam sesuatu malam,” ungkap Agustaf.

Seletah menetas tukik mulai diletakkan di kolam selama 2-3 hari saja. Supaya mereka tak lupa caranya hidup di alam. Kemudian mereka mulai dilepaskan ketika malam hari tiba.

Penyu selesai bertelur (dok Istimewa)Penyu selesai bertelur (dok Istimewa)

Kenapa dilepaskan ketika malam hari?

Karena ketika siang hari, predator tukik seperti elang, biawak, hiu, gurita, burung laut bahkan manusia mulai siap bagi memangsa. Benar saja, ketika siang hari dua ekor elang selalu berputar-putar di sekiling pulau buat mencari mangsa, khususnya tukik.

Oiya, traveler jangan heran saat melihat tukik di dalam kolam yg terus-menerus berenang menabrak dinding kolam. Ini yaitu naluri tukik yg berenang dengan mengikuti cahaya.

Telur-telur penyu yg bersiap buat direlokasi (dok Istimewa)Kolam tukik (Bonauli/detikTravel)

Traveler yg mau berkunjung ke sini mampu memesan perjalan ke sini dengan memakai agen tour & travel. Karena perjalanan ke sini mulai memakan waktu sekitar 20 menit dari Pulau Derawan dan mulai berlanjut ke pulau-pulau yang lain di sekitarnya.

Tapi kalau mau menginap khusus bagi melihat proses bertelurnya penyu, traveler dapat menghubungi Agustaf Samber jauh-jauh hari. Dan traveler dapat puas mengelilingi melihat dan mencari telur penyu selama 10 hari. Karena petugas penangkaran rolling setiap 10 hari dan pulang menuju Derawan bagi membeli kebutuhan sehari-hari.

Mau belajar dan melihat tukik secara langsung? Yuk ke sini! (bnl/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/29/162314/3459457/1519/mau-main-bareng-tukik-penyu-yang-lucu-liburan-ke-derawan-saja
Terima kasih sudah membaca berita Mau Main Bareng Tukik Penyu yang Lucu? Liburan ke Derawan Saja!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mau Main Bareng Tukik Penyu Yang Lucu? Liburan Ke Derawan Saja!"