Mau Bertemu Nemo Dan Dory? Datangi 4 Tempat “Snorkeling” Ini

No comment 143 views

Berikut artikel Mau Bertemu Nemo dan Dory? Datangi 4 Tempat “Snorkeling” Ini, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Daripada memelihara di akuarium, ada baiknya kalian melihat ikan hias segera di laut lepas. Ada empat spot snorkeling bagi melihat Nemo, Dory dan kawan-kawan di habitat asli mereka.

Tentunya Anda familiar dengan film animasi Finding Nemo, juga Finding Dory yg tengah tayang di bioskop. Ikan hias seperti clown fish (karakter Nemo) dan blue tang (karakter Dory) dapat ditemukan di perairan Indonesia.

Beberapa spot snorkeling menyuguhkan pemandangan “kerajaan bawah air” termasuk kawanan clown fish dan blue tang. Namun ingat, tidak boleh menginjak terumbu karang atau memegang biota laut apa pun.

Dihimpun KompasTravel, Rabu (29/6/2016), berikut empat spot snorkeling di Indonesia bagi bertemu Nemo, Dory dan kawan-kawan.

Pulau Pahawang

Secara administratif, Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Nama Pahawang akan mencuat di kalangan wisatawan karena banyaknya tulisan “I Love Pahawang” dan semacamnya yg sengaja ditenggelamkan ke bawah laut.

Pulau ini milik banyak spot snorkeling terutama untuk Anda yg penasaran melihat clown fish secara langsung. Taman Nemo misalnya, menjadi habitat clown fish karena adanya beton yg sengaja ditenggelamkan bagi jadi “rumah” buat terumbu karang dan biota laut lainnya.

(Baca: Akhir Pekan, Ini 4 Alasan Liburan ke Pahawang)

Beberapa spot lainnya antara yang lain Cukuh Bedil, Tanjung Putus, Gosong Bakri, Gosong Pancong, juga Gosong Galangan. Hampir setiap spot milik beton bertuliskan “I Love Pahawang” buat jadi habitat baru biota laut.

KOMPAS.com/Sri Anindiati Nursastri Snorkeling di Pahawang, Lampung.

Pulau Pahawang mampu diakses naik pesawat menuju Bandar Lampung. Dari sana, Anda mampu melanjutkan perjalanan darat sekitar 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan, Anda mampu sewa kapal dengan harga sekitar Rp 2 juta PP. Satu kapal mampu diisi hingga 30 orang.

Jika memilih jalur darat, bertolaklah ke Pelabuhan Merak kemudian naik ferry selama 2-3 jam menuju Pelabuhan Bakauheni. Perjalanan dilanjutkan naik kendaraan selama 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang.

Karimunjawa 

Kepulauan Karimunjawa terletak di bagian utara Jepara, Jawa Tengah. Ada 27 pulau yg tersebar di Karimunjawa, dua di antaranya menjadi spot snorkeling yang populer.

Pulau Menjangan Kecil adalah tempat Anda melihat habitat asli clown fish dan blue tang. Dengan kedalaman tidak lebih dari 9 meter, perairan Menjangan Kecil adalah habitat beragam flora dan fauna. Nemo dan kawan-kawan juga dapat Anda temui di pulau sebelahnya yakni Cemara Kecil.

(Baca: 5 “Spot Diving” Favorit di Karimunjawa)

Arsip Londo Ireng/Karimun Jawa Suasana bawah laut di titik kedua penyelaman Pulau Menjangan Kecil, Karimun Jawa, Jepara, Minggu (19/7/2015).

Karimunjawa dapat diakses naik kapal laut dari Semarang maupun Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang), Anda mampu memesan tiket Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Sementara itu dari Pelabuhan Kartini (Jepara), terdapat beberapa kapal yg melayani rute Karimunjawa merupakan Kapal Cepat Express Bahari dan Kapal Feri Siginjai. Waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam.

Derawan 

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Gugusan pulau ini terkenal sangat indah dan unik. Salah sesuatu destinasi paling populer adalah Danau Kakaban yg yaitu habitat ubur-ubur tidak menyengat (stingless jellyfish).

Empat pulau utamanya adalah Derawan, Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Tempat buat bertemu Nemo dan kawan-kawan adalah perairan di sekitar Pulau Maratua. Selain itu, di sekitar Pulau Derawan terdapat coral garden yang milik hamparan terumbu karang warna-warni.

(Baca: Pulau Derawan Destinasi Wisata yg Wajib Dikunjungi)

GEAFRY NECOLSEN Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Anda juga mampu mampir ke Pulau Sangalaki milik hamparan pasir putih dan yaitu tempat penangkaran penyu. Setelah itu, beranjaklah ke Pulau Kakaban milik danau habitat stingless jellyfish.

Kepulauan Derawan mampu diakses dari Balikpapan, lewat Berau atau Tarakan. Beberapa maskapai yg menghubungkan Balikpapan dan Berau antara yang lain Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Kalstar, dan Wings Air.

Gili Air dan Gili Meno 

Gili Trawangan boleh saja jadi pulau paling terkenal di pesisir Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, beberapa pulau di sebelahnya yakni Gili Air dan Gili Meno milik spot snorkeling ciamik lengkap dengan terumbu karang dan ikan hias warna-warni. Di dekat Gili Meno juga terdapat Gili Meno Wall yg yaitu habitat penyu.

Gili Meno dan Gili Air dapat diakses dengan menyewa kapal dari Gili Trawangan. Harga sewa kapal sekitar Rp 500.000-700.000. Selain itu, terdapat Island Hopper Boat yg milik jadwal setiap hari dari Gili Trawangan. 

(Baca: Gili Meno, Tempat yg Cocok buat Pasangan Bulan Madu)

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal cepat membawa wisatawan dari Pulau Bali datang di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/4/2014). Pengoperasian kapal cepat semakin memudahkan wisatawan dari Bali mengunjungi Gili Air, Gili Trawangan, Gili Meno dan kawasan Senggigi di Pulau Lombok.

Anda yg ingin menuju Gili Air mampu naik Island Hopper Boat pukul 08.30 dan 15.00 Wita. Sementara seandainya ingin menuju Gili Meno dapat naik kapal yg berangkat pukul 09.30 dan 16.00 Wita setiap harinya.

Anda dapat menuju Gili Trawangan dari Bali atau Lombok. Dari Pulau Bali, Anda mampu naik kapal cepat dari Pelabuhan Padangbai menuju Gili Trawangan dengan waktu tempuh 1,5-2 jam. Jika berangkat dari Lombok, terdapat kapal ferry dari Pelabuhan Lembar menuju Gili Trawangan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/30/091100427/mau.bertemu.nemo.dan.dory.datangi.4.tempat.snorkeling.ini
Terima kasih sudah membaca berita Mau Bertemu Nemo dan Dory? Datangi 4 Tempat “Snorkeling” Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mau Bertemu Nemo Dan Dory? Datangi 4 Tempat “Snorkeling” Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.