Mata Air Di Bandung Yang Konon Bikin Awet Muda Dan Enteng Jodoh

Berikut artikel Mata Air di Bandung yang Konon Bikin Awet Muda dan Enteng Jodoh, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Traveler yg berencana menghabiskan akhir minggu di hulu Citarum, Kabupaten Bandung. Sempatkan mampir ke mata air sakral di sana yg konon berkhasiat.

Siapa yg tak kenal dengan Sungai Citarum, sungai terbesar di Jawa Barat yg dapat menghasilkan listrik 5000 mega Watt melalui 3 PLTU di Jawa Barat sehingga produksi listriknya dapat menerangi pulau Jawa dan Bali.

Di balik keperkasaaannya, aliran Sungai Citarum ternyata bersumber dari 7 mata air di kaki Gunung Wayang Windu yg dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Ketujuh sumber mata air tersebut masing masing memiliki nama, merupakan Citarum, Cikahuripan, Cikoleberes, Cihaniwung, Cisadane, Cikawudukan, dan Cisanti.

Lokasi ke tujuh mata air itu berpencar di dalam hutan Gunung Wayang, yg disebut oleh masyarakat setempat dengan nama Hutan Larangan atau Hutan Adat. Cisanti adalah salah sesuatu sumber mata air terluar yg paling gampang bagi di akses, karena lokasinya paling dekat dengan pemukiman penduduk.

Sedangkan 6 sumber mata air lainnya berada di tengah hutan yg tak gampang buat di akses. Selain memang akses menuju lokasi yg sulit, juga terdapat aturan tidak tertulis yg berlaku di masyarakat seandainya ingin menuju ke sana.

Konon ceritanya, salah sesuatu sumber mata air Citarum menjadi tempat favorit Prabu Siliwangi buat membersihkan diri dan melakukan ritual bertapa. Sehingga tempat tersebut disakralkan oleh masyarakat setempat.

Selain Prabu Siliwangi, tokoh terkenal lainnya yg pernah singgah di sana adalah Dipati Ukur, salah sesuatu tokoh legendaris dalam sejarah Tataran Sunda. Tempat petilasan Prabu Siliwangi dan Dipati Ukur sampai sekarang masih ada dan terjaga dengan baik oleh warga.

Banyak orang-orang dari luar daerah yg berkunjung ke sana buat bertirakat dan napak tilas perjalanan hidup Prabu Siliwangi dan Dipati Ukur. Masyarakat meyakini seandainya mandi di tempat tersebut mampu membuat tubuh awet muda dan enteng jodoh.

Setahun sekali, masyarakat setempat menggelar ritual tukar air. Ini yaitu ritual menukar air di hulu Citarum dengan air yg berada di bagian hilir (dekat dengan laut). Ritual adat ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat, namun begitu hingga kini ritual tersebut masih dilaksanakan oleh masyarakat hulu Citarum.

Menurut Kang Adi, salah sesuatu juru kunci mata air Cisanti yg aku temui ketika berkunjung ke hulu Citarum, banyak para pendatang yg belum tahu tata krama atau peraturan adat setempat, karena memang peraturan itu sifatnya tak tertulis.

Namun sangat dipatuhi warga. Pelanggaran terhadap peraturan adat menimbulkan hilangnya kesakralan sumber mata air Citarum. Sehingga nilai-nilai kearifan lokal semakin terkikis.

Beberapa aturan tak tertulis yg berlaku di sana antara lain:
1. Bersikap sopan
2. Dilarang bersiul, dan berteriak teriak dengan suara lantang
3. Dilarang menantang atau menyebut satu dengan maksud menantang

Siapa saja yg berkunjung ke mata air Citarum diperbolehkan mandi di sana kecuali wanita yg sedang haid. Saat mandi pun diwajibkan menggunakan pakaian yg sopan.

Tempat mandi antara laki-laki dan perempuan juga tak boleh menyatu, harus dipisah. Dan yg terakhir, mandi di sana haruslah diniatkan dengan hati bersih dan ikhlas. Aturan tersebut berlaku akan dari perbatasan tugu Nol Kilometer Citarum di Situ Cisanti hingga segala area hutan larangan.

Nah, bagi D’Traveler yg mau berkunjung ke sana, tetap jaga kearifan lokal budaya setempat ya. Dengan menghormati adat istadat setempat. Seperti kata pepatah Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/23/115000/3304689/1025/mata-air-di-bandung-yang-konon-bikin-awet-muda-amp-enteng-jodoh
Terima kasih sudah membaca berita Mata Air di Bandung yang Konon Bikin Awet Muda dan Enteng Jodoh. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mata Air Di Bandung Yang Konon Bikin Awet Muda Dan Enteng Jodoh"