Masjid Cantik Di Rusia, Seperti Bunga Tulip Yang Mekar

No comment 98 views

Berikut artikel Masjid Cantik di Rusia, Seperti Bunga Tulip yang Mekar, Semoga bermanfaat

Ufa – Lala Tulpan yaitu salah sesuatu masjid cantik di Rusia. Bangunannya pun unik, berbentuk bunga tulip yg sedang mekar. Indah bukan main!

Islam yaitu agama terbesar kedua di Rusia, setelah Kristen Ortodoks. dengan populasi 30 juta dari 150-an juta penduduknya. Islam pun milik sejarah panjang di Rusia, yg dibawa oleh Suku Tartar dari China.

Mencari masjid, juga bukan barang susah di Rusia. Hampir tiap kota di Rusia memiliki masjid, bahkan Kota Moskow (ibukota negara) memiliki 5 masjid besar. Namun kalau mau tiba ke masjid yg bangunannya unik dan cantik, datangilah Lala Tulpan.

Dari keterangan yg dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (15/6/2016) Masjid Lala Tulpan berlokasi di Ufa, ibukota kawasan Bashkortostan. Lokasinya di bagian timur Moskow yg daoat ditempuh dengan penerbangan domestik selama sekitar 2 jam.

Lala Tulpan, yg artinya bunga tulip yg sedang mekar (Oleg Men’kov/Youtube)
Bagian atap masjid yg kelihatan seperti bunga tulip sedang mekar (Oleg Men’kov/Youtube)

Lala Tulpan, dalam bahasa setempat seandainya diterjemahkan berarti tulip yg mekar. Tak ayal, bagian atap masjidnya memang berwarna merah dan berbentuk seperti bunga tulip yg sedang mekar. Melihatnya dari kejauhan saja telah cantik, apalagi seandainya kamu bawa drone dan mengabadikannya dari langit.

Lala Tulpan diresmikan tahun 1998. Sejak diresmikan pertama kali, masjid ini memang telah mencuri hati masyarakat setempat, apalagi turis. Selain bentuk atapnya yg seperti bunga tulip yg sedang mekar, Lala Tulpan juga memiliki menara kembar setinggi 53 meter yg tidak mengurangi elok tampilannya.

Bicara soal tampilan, Lala Tulpan memiliki arsitektur yg sangat berbeda dengan masjid-masjid Rusia lainnya. Masjid-masjid Rusia kebanyakan dibangun dengan desain mirip masjid-masjid di Timur Tengah atau masjid-masjid di Turki yg kubahnya besar-besar. Maka tidak sedikit turis yg ‘terkecoh’ dengan Lala Tulpan, ini masjid atau museum atau tempat pagelaran seni?

Ruangan bagi salat dengan hiasan kaca-kaca mozaik di dinding masjid (Dmitry D/Youtube)

Diketahui, Lala Tulpan dibangun atas prakasa Central Muslim Board of Spiritual Administration (CMSB Russia), suatu komunitas Muslim terbesar di Rusia dan juga berasal dari Kota Ufa.

Lala Tulpan dapat menampung hingga 1.000 jamaah, dengan memiliki dua ruangan bagi pembelajaran bahasa Arab dan Al Quran. Siapkan kamera bagi berfoto-foto di masjid yg unik nan cantik ini!

Suasana di pagi hari, masjidnya masih tertututp kabut dan kelihatan mencolok dari bangunan lainnya (Oleg Men’kov/Youtube)

(aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/15/075000/3233540/1520/masjid-cantik-di-rusia-seperti-bunga-tulip-yang-mekar
Terima kasih sudah membaca berita Masjid Cantik di Rusia, Seperti Bunga Tulip yang Mekar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Masjid Cantik Di Rusia, Seperti Bunga Tulip Yang Mekar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.