Masjid Al Imam Ali Bin Abi Thalib Yang Sederhana Di Brasil

No comment 122 views

Berikut artikel Masjid Al Imam Ali Bin Abi Thalib yang Sederhana di Brasil, Semoga bermanfaat

Curitiba – Jauh di tenggara Brasil ada masjid bersejarah nan sederhana. Namanya diambil dari salah sesuatu sahabat Nabi Muhammad sekaligus khalifah, Ali Bin Abi Thalib.

Al Imam Ali Ibn Abi Talib Mosque, itulah nama resminya. Masjid ini yaitu salah sesuatu masjid yg bersejarah, bukti perkembangan Islam di negara yg mayoritasnya menganut Katolik terbesar di dunia, Brasil.

Seperti dilongok dari Reuters, Rabu (8/6/2016) Al Imam Ali Ibn Abi Talib Mosque berdiri di Kota Curitiba. Kota ini yaitu ibu kota negara bagian Parana yg berada di bagian tenggara Brasil. Dari Brasilia, pusat pemerintahan Brasil butuh penerbangan 2 jam bagi datang di sana.

Curitiba yaitu kota pelabuhan, yg pada ratusan tahun dulu yaitu akses masuk bangsa Portugis ke sana. Bangsa Portugis tidak sendirian, mereka membawa budak-budak dari Afrika bagi bekerja di perkebunan rempah-rempah dan kopi.


Umat Muslim di Curitiba berasal dari Asia Tengah dan Afrika (Amr Abdallah Dalsh/Reuters)

Sejarah mencatat, tepatnya pada abad ke-15, Islam masuk ke Brasil yg dibawa oleh budak-budak Afrika tersebut. Curitiba yaitu sesuatu dari tiga kota dengan penduduk Muslim terbanyak, beberapa lainnya adalah Sao Paulo dan Iguazu.

Jumlah penduduk yg menganut ajaran Islam di Brasil tercatat cuma 1 juta jiwa. Tentu sangat jomplang, dengan jumlah penduduk Brasil sendiri yg angkanya 200 juta!

Kembali ke cerita Al Imam Ali Ibn Abi Talib Mosque, masjid ini dibangun pada tahun 1972. Pembuatnya adalah para komunitas Muslim Afrika dan Asia. Nama masjidnya diambil dari nama menantu Nabi Muhammad sekaligus khalifah terakhir, Ali bin Abi Thalib.


Beribadah di dalam masjidnya (Amr Abdallah Dalsh/Reuters)

Al Imam Ali Ibn Abi Talib Mosque melambangkan kesederhanaan. Bangunannya bergaya Timur Tengah, dengan beberapa menara dan sesuatu kubah besar. Hiasan kaligrafi cuma berada di bagian imam salat, sehingga mampu kelihatan mudah. Satu-satunya benda yg terpampang di dinding, adalah potret Masjidil Haram yg diambil dari ketinggian.

Al Imam Ali Ibn Abi Talib Mosque dapat menampung ratusan jamaah. Sehari-hari, masjid ini didatangi umat Muslim setempat bagi beribadah yg mana mereka pun kebanyakan adalah para imigran dari Asia Tengah.


Masjid yg sederhana, jauh dari kata megah (Amr Abdallah Dalsh/Reuters)

Berbeda dengan masjid-masjid di negara-negara yg Islamnya minoritas, biasanya bangunan masjid mulai digabungkan dalam sesuatu komplek dengan Islamic Center. Hal itu bertujuan bagi sekaligus menjadi tempat pembelajaran Islam. Di Masjid Al Imam Ali Bin Abi Thalib cuma ada ruang salat saja. Tak lebih dari itu.

Jumlah umat Muslim di Curitiba, tercatat sebanyak 200 ribu jiwa. Apalagi di bulan Ramadan, masjidnya mulai makin penuh setiap hari dengan berbagai kegiatan-kegiatan Islami. Masjidnya juga buka bagi umum, dengan menyediakan jilbab bagi wanita dan sarung buat pria buat yg mau keliling masjid.

(aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/08/041739/3227831/1520/masjid-al-imam-ali-bin-abi-thalib-yang-sederhana-di-brasil
Terima kasih sudah membaca berita Masjid Al Imam Ali Bin Abi Thalib yang Sederhana di Brasil. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Masjid Al Imam Ali Bin Abi Thalib Yang Sederhana Di Brasil"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.