Masjid Agung Jawa Tengah, Lebih Dari Sekadar Masjid

No comment 93 views

Berikut artikel Masjid Agung Jawa Tengah, Lebih dari Sekadar Masjid, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bangunannya yg indah, arsitekturnya yg unik dan beragam hal menarik di dalamnya membuat Masjid Agung Jawa Tengah tidak boleh dilewatkan. Saat liburan ke Semarang, wajib tiba ke sini!

Bernama resmi Masjid Agung Jawa Tengah atau biasa disebut MAJT ini menjadi salah sesuatu objek wisata religius yg wajib dikunjungi oleh para pelancong seandainya liburan ke Semarang. Masjid yg diresmikan pada tahun 2006 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono ini terkenal karena kemegahan arsitekturnya yg tidak biasa ditempatkan di sebuah masjid.

Bagaimana tidak? Ternyata MAJT ini mengadopsi gaya arsitektural pencampuran dari jawa, Islam dan Romawi. Bangunan penting masjid ini beratap limas identik dengan bangunan jawa pada umumnya yg dilengkapi dengan sebuah kubah besar dan empat buah pilar berwarna emas putih di empat penjuru sisi kubah.

Untuk budaya Romawinya mampu dilihat di bangunan pilar di depan teras masjid. Pilar-pilar tersebut tampak seperti bangunan koloseum di Romawi, namun ini dihiasi kaligrafi-kaligrafi bernafaskan Islami, seperti beberapa kalimat syahadat di gerbangnya. Jumlah pilar ini ada 25 buah yg menyimbolkan jumlah nabi dan rasul.

Di area serambi atau teras dari Masjid Agung Jawa Tengah ini dilengkapi dengan 6 payung raksasa seperti payung yg ada di Masjid Nabawi. Dengan tinggi mencapai 20 meter, ternyata payung ini tak dibuka setiap hari, cuma setiap hari Jumat, Idul Adha dan Idul Fitri saja. Masjid Agung Jawa Tengah ini juga memiliki koleksi Al Quran raksasa dan hebatnya adalah seluruh ditulis tangan.

Daya tarik yang lain dari masjid ini adalah Menara Al-Husna yg mempunyai tinggi mencapai 99 meter. Sesuai dengan namanya, maka 99 itu mengacu pada jumlah Asmaul Husna.

Bagian dasar menara ini ada stasiun radio yg dikelola oleh pengurus masjid dan berisikan tentang dakwah-dakwah islam. Di lantai beberapa dan tiga dibuka sebagai Museum Kebudayaan Islam. Sedangkan kalau pengunjung berminat melihat segala Kota Semarang dari atas maka pengelola menyediakan teropong di lantai 19.

Lapar ketika berkunjung? Jangan khawatir karena di lantai 18 menara Al Husna ini terdapat restoran yg uniknya bisa berputar sampai 360 derajat! Oleh karena itu, jangan lewatkan berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah seandainya ke Kota Lumpia, Semarang.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/22/145000/3267021/1025/masjid-agung-jawa-tengah-lebih-dari-sekadar-masjid
Terima kasih sudah membaca berita Masjid Agung Jawa Tengah, Lebih dari Sekadar Masjid. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Masjid Agung Jawa Tengah, Lebih Dari Sekadar Masjid"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.