Manfaatkan Libur Sekolah Dengan Berwisata Ke Gunung Pancar Di Bogor

Berikut artikel Manfaatkan Libur Sekolah Dengan Berwisata ke Gunung Pancar di Bogor, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bagi traveler yg masih libur sekolah dan berdomisili di Jakarta, mampu berwisata ke Bogor. Salah sesuatu destinasinya adalah Gunung Pancar yg sejuk dan dekat dari ibukota.

Halo sobat traveler! Kali ini aku mulai mengajak Anda buat mengeksplore objek wisata di kawasan Bogor yg masih tersembunyi. Tunggu apa lagi? Mari disimak dengan baik ya.

Wisata Gunung Pancar menyuguhkan sebuah destinasi wisata alam yg terkenal dengan kawasan hutan pinus yg alami dan memiliki udara yg sangat sejuk. Serta lengkap dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yg bisa sobat traveler lakukan di sana.

Kawasan wisata ini terletak di ketinggian sekitar 300-800 mdpl dengan kemiringan mencapai 15-40%. Sebelumnya pasti sobat traveler telah lebih dahulu kenal dengan objek wisata hutan pinus yg ada di kawasan Lembang Bandung.

Tapi seandainya traveler tinggal di Kota Jakarta telah pasti mulai menempuh jarak yg lumayan jauh bagi mampu menikmati wisata hutan pinus di kawasan Lembang Bandung tersebut. Nah, sekarang Anda tak perlu jauh-jauh lagi buat pergi ke Lembang Bandung buat melihat pemandangan hutan pinus yg asri.

Traveler mampu menemukan pemandangan tersebut di kawasan wisata Gunung Pancar Sentul Bogor yg tentunya dekat dengan Kota Jakarta. Untuk menuju kawasan wisata hutan pinus Gunung Pancar, traveler bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor buat sampai ke lokasi wisata tersebut.

Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan pinus, hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar dan tentu saja udara sejuk dan pemandangan yg asri begitu kental terasa.

Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius. Terbayang kan bagaimana sejuknya suhu udara yg ada di Gunung Pancar tersebut.

Di Gunung Pancar, terdapat berbagai macam tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yg hidup bebas.

Jika beruntung, sobat traveler mungkin bisa menjumpai kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta sejumlah macam burung. Burung yg tidak jarang ditemui di tempat ini adalah kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain-lain.

Legenda Gunung Pancar menurut masyarakat lokal itu sendiri, Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yg penting (pertama kali dibuat). Konon saat bumi diciptakan, belum ada yg namanya gunung dan bumi masih rata dengan tanah. Oleh karena itu di bumi kadang terjadi gempa.

Melihat kondisi bumi yg tak stabil, kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang. Inilah sebab mengapa gunung ini dikenal dengan nama Pancar yg artinya ‘muncul yg pertama’. Semakin penasaran kan dengan tempat yg bernama Gunung Pancar ini.

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Jakarta sobat traveler bisa menempuh jarak ± 45 KM.

Apabila Anda mengunjungi tempat ini dengan mobil, bisa melewati tol luar kota menuju arah tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol Sentul City. Kemudian ikuti jalan Sentul Raya, dulu lurus selalu mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

Kondisi jalan beraspal cukup baik, dengan jarak ± 13 KM dan waktu tempuh ± 30 menit dari gerbang tol Sentul City. Jika traveler memakai sepeda motor, bisa melalui akses jalan Ciputat Pamulang menuju Parung Panjang ke arah Kota Bogor dahulu ambil arah melewati Desa Cimahpar menuju ke arah jalan Sentul Raya, kemudian baru melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah.

Seperti telah disinggung di atas, bahwa Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor yaitu salah sesuatu destinasi wisata alami yg khas. Nah, untuk sobat yg sedang mencari tahu, kegiatan wisata yg paling banyak dikerjakan di taman wisata alam gunung pancar sentul bogor itu seperti apa?

Berikut adalah aktivitas wisata yg mampu sobat traveler’s lakukan di sana bersama teman atau juga anggota keluarga.

1. Camping

Inilah kegiatan wisata yg paling populer yg biasa dikerjakan wisatawan yg berkunjung ke gunung pancar. Dengan kontur tanah yg miring di bawah rindangnya pepohonan seperti pinus serta hawa yg sangat sejuk, menciptakan suasana bermalam di alam bebas dengan memakai tenda alias camping pasti mulai memberikan sensasi tersendiri.

2. Hiking

Bagi para pecinta alam, kegiatan menaklukan medan tantangan berupa kawasan wisata hutan lindung yg lebat dengan pepohonan yg besar dan lebat, kemudian romantisme hutan yg banyak dihuni satwa liar yg khas dengan suaranya, mulai menjadi petualangan yg sangat berbeda dan dijamin menyenangkan.

3. Downhill

Bagi para pecinta olahraga ekstrim , tentunsudah tak asing lagi dengan kegiatan bersepeda menuruni gunung atau yg dikenal dengan Downhill. Kontur tanah Gunung Pancar yg miring dan berbukit-bukit cocok buat melakukan olahraga ekstrim tersebut.

Traveler dijamin mulai mendapatkan sensasi yg berbeda ketika menuruni gunung dengan bersepeda sambil merasakan udara yg sejuk dan pemandangan yg asri.

4. Jogging

Relaksasi tubuh dengan berjalan menyusuri trek jalan yg sudah disediakan mulai menjadi kegiatan asyik di taman wisata alam gunung pancar. Kebersihan udara yg menyehatkan sambil menikmati keindahan serta pesona alam, mulai langsung menghilangkan lelah dan stres Anda.

5. Berkuda

Jika sobat traveler ke Bandung pasti tahu D’ Ranch bukan? Ya, tempat wisata di Bandung yg menawarkan sensasi ala koboy di Amerika. Jika traveler cuma ingin menikmati sensasi menunggang kuda ala koboy dengan mengelilingi lokasi wisata Gunung pancar, anda mampu lakukan itu di sini.

6. Berendam di Pemandian Air panas Gunung Pancar

Nah, iinilah kegiatan wisata yg paling populer dan menarik favorit wisatawan yg berkunjung ke sana. Rasakan sentuhan air panas alami hangat yg mengandung belerang dan mineral dan menyehatkan. Dijamin mulai langsung mengembalikan kesegaran tubuh dan merileksasi pikiran.

7. Wisata Budaya

Di lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga terdapat sejumlah makam yg usianya diperkirakan sudah berumur ratusan tahun alias sangat tua. Nama-nama kasepuhan seperti Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu, H Dalem Putih, Raden Surya Kencana dan Kalijaga terdapat di sini. Pada waktu-waktu tertentu, di lokasi ini kadang digelar pentas seni dan budaya.

Harga tiket masuk objek wisata Gunung Pancar cukup terjangkau dan tak bikin kantong bolong. Untuk tiket masuk per orang adalah Rp 5.000/orang. Untuk tiket masuk kendaraan roda beberapa (motor) adalah Rp 5.000/motor.

Untuk kendaraan roda empat (mobil) adalah Rp 10.000/mobil. Untuk merasakan berendam air panas Anda cukup membayar Rp 10.000/orang. Gunung Pancar dibuka selama 24 jam dalam seminggu, jadi traveler jangan khawatir seandainya kelamaan datang buat camping di tempat ini.

Demikianlah keterangan tempat wisata di jawa barat yg populer dengan nama Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/13/155800/3232007/1025/manfaatkan-libur-sekolah-dengan-berwisata-ke-gunung-pancar-di-bogor
Terima kasih sudah membaca berita Manfaatkan Libur Sekolah Dengan Berwisata ke Gunung Pancar di Bogor. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Manfaatkan Libur Sekolah Dengan Berwisata Ke Gunung Pancar Di Bogor"