Mandi Telanjang Di Mata Air Enteng Jodoh

No comment 92 views

Berikut artikel Mandi Telanjang di Mata Air Enteng Jodoh, Semoga bermanfaat

Bandung – Treking di acara detikTravel Piknik Goes To Citarum menjadi acara yg ditunggu traveler. Mereka melintasi mata air enteng jodoh dan bergiliran buat cuci muka.

Mata air ini berada di Petilasan Dipati Ukur di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Ada 7 mata air di hulu Sungai Citarum ini. Namanya mata air Cikoleberes, Cikaweduken, Cikahuripan, Cisadane, Cihaniwung, Cisanti dan Citarum.

Ketujuh mata air ini jaraknya berjauhan. Bahkan sebagian berada di dalam hutan. Para anggota komunitas detikTravel menjelajahinya, Sabtu (17/9/2016) sore.

Mata air yg dibuka buat umum adalah mata air yg persis sebelah petilasan Bupati Bandung abad ke-17 itu, yg disebut mata air Panngsiraman.

“Konon mata air ini berkhasiat bagi enteng jodoh dan awet muda,” kata Yadi, pegiat lingkungan yg mendampingi detikTravel.

Peserta segera antre bagi cuci muka. Tidak sedikit juga yg coba minum air ini.

“Airnya segar ya,” ujar peserta berkali-kali.

(Bona/detikTravel)(Bona/detikTravel)

Pada siang hari mata air ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tapi ada juga lho yg mengadakan kunjungan malam.

“Kalau malam juga ada yg mandi di sini. Tapi mandinya harus telanjang,” kata Agus, tokoh penggiat lingkungan Masyarakat Cinta Citarum.

Menurutnya, masih ada masyarakat yg melakukan ritual di petilasan. Biasanya sebelum melakukan ritual mereka mandi di mata air ini.

Petilasan ini dulunya yaitu tempat persembunyian Dipati Ukur saat melawan Belanda. Bentuknya dibuat sengaja seperti makam, namun bukan makam sungguhan.

Menurut Agus, masih ada masyarakat yg tiba kesini buat mencari wangsit. Bukan cuma sehari-dua hari mereka bersemedi. Bisa sampai berminggu-minggu.

Sesaat suasana menjadi tegang ketika Agus menceritakan tentang ritual di petilasan. Tapi bukan traveler namanya kalau terlalu serius.

“Cuci muka di sini ah, kali aja mampu suami baru,” celetuk Rini, peserta dari Ciawi yg tiba bersama suaminya.

Peserta spontan tertawa bersama, sembari cuci muka bergantian. Benar tidaknya tentang mitos ini, yg utama kunjungan ke mata air ini membuat Piknik Goes To Citarum semakin seru. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/18/121521/3300546/1519/mandi-telanjang-di-mata-air-enteng-jodoh
Terima kasih sudah membaca berita Mandi Telanjang di Mata Air Enteng Jodoh. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mandi Telanjang Di Mata Air Enteng Jodoh"