Mandi-mandi, Ritual Adat Portugis Yang Unik Di Jakarta

No comment 128 views

Berikut artikel Mandi-mandi, Ritual Adat Portugis yang Unik di Jakarta, Semoga bermanfaat

Jakarta – Siapa bilang jakarta kehilangan budaya? Ini ritual saling memaafkan di Kampung Tugu, Jakarta Utara yg yaitu peninggalan Portugis. Mandi-mandi!

Ritual Mandi-mandi yaitu ritual adat peranakan Portugis di Kampung Tugu, Jakarta Utara. detikTravel mendapat kesempatan buat melihat ritual adat ini secara langsung, Minggu (8/1/2017) di rumah salah sesuatu warga Tugu, Yunus.

Ritual ini jauh dari kesan mistis dan kuno. Masyarakat diajak bagi menari dan bernyanyi sambil menorehkan bedak di muka. Bedak yg digunakan adalah bedak biasa yg diberi air. Sehingga bedak mulai menempel di wajah dan membeku.

Kegiatan ini awalnya dikerjakan oleh kaum Mardjike. Mardjike adalah kaum tahanan dan budak portugis yg dibebaskan oleh pemerintahan Belanda di Indonesia. Kaum Mardjike adalah penganut agama katolik. Namun karena dimerdekakan oleh Belanda, maka kaum ini diminta bagi menganut agama protestan.

Mandi-mandi ritual adat yg unik (Bona/detikTravel)Mandi-mandi ritual adat yg unik (Bona/detikTravel)

Mandi-mandi yaitu perkawinan antara budaya eropa dan indonesia. Ini kelihatan dengan adanya sajian bir di ritual ini. Acara ini bukan cuma dihadiri oleh masyarakat Tugu. Tapi juga Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.

“Ini kelebihan masyarakat tugu, kalau tak ketemu di natal dan tahun baru, kami bersilahturahmi di acara Rabo-rabo dan Mandi-mandi,” kata Johan Sophaheluakan, Humas Budaya dan Pemerintahan Kampung Tugu kepada detikTravel, Minggu (8/1/2017).

Rabo-rabo yaitu acara silaturahmi seperti Mandi-mandi. Namun Rabo-rabo dikerjakan door to door atau dari rumah ke rumah. “Acara ini dikerjakan pada buka tahun, artinya membuka tahun dengan saling memaafkan. Mandi kan terbuka artinya di tahun baru mampu lebih terbuka,” jelas Johan.

Dibuka dengan ibadah, masyarakat tiba dengan memakai kebaya. Penyerahan kain Malaka dari Xanana Gusmao juga berlangsung dengan canda tawa. Bukan cuma masyarakat kampung, sejumlah komunitas penggiat budaya juga datang. Meriah banget!

Kemeriahan acaranya (Bona/detikTravel)Kemeriahan acaranya (Bona/detikTravel)

Selain itu ritual ini juga menyajikan musik keroncong tugu. Acara Mandi-mandi kelihatan makin hidup dengan suguhan musik keroncong portugis dan tarian dari masyarakat. Keroncong Tugu sendiri yaitu anak dari kesenian Potugis. Alat musik dan alunan yg dihasilkan adalah adaptasi dari Portugis.

Jenis musik keroncong tugu adalah cavaquinhao. Cavaquinhao (dibaca: kavakuinyo) yaitu kakek dari keroncong. Alunan musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Traveler dijamin bergoyang saat mendengarnya. Kegiatan ritual kurang lengkap tanpa adanya kuliner. Kampung tugu sendiri milik kuliner ala khas dari jaman leluhur.

“Ada gado-gado siram sama udang pisang. Ini tak ditemukan ditempat lain,” ungkap Johan.

Udang pisang yg unik (Bona/detikTravel)Udang pisang yg unik (Bona/detikTravel)

Udang pisang adalah kue basah yg berbentuk segitiga dan dibungkus daun pisang. Dalam sekejap saja hidangan ini telah segera habis di santap tanpa sisa oleh masyarakat yg hadir.

“Ke depannya acara ini mulai menjadi festival. Jadi makin banyak yg dapat datang. Kalau mampu nanti diadakan di halaman Gereja Tugu, tetapi kalau di sana tak mulai disediakan beer,” tutup Johan. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/08/182955/3390629/1519/mandi-mandi-ritual-adat-portugis-yang-unik-di-jakarta
Terima kasih sudah membaca berita Mandi-mandi, Ritual Adat Portugis yang Unik di Jakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mandi-mandi, Ritual Adat Portugis Yang Unik Di Jakarta"