Makan Cacing Laut Di Raja Ampat, Enak Lho!

No comment 128 views

Berikut artikel Makan Cacing Laut di Raja Ampat, Enak Lho!, Semoga bermanfaat

Waisai – Tak terasa Festival Raja Ampat telah masuk hari terakhir. Traveler yg tiba ke acara ini dapat coba kuliner unik, cacing laut insonem.

Pagelaran Festival Pesona Raja Ampat 2016 hari Jumat (21/10/2016) ini, telah memasuki hari terakhir. Selain dihibur oleh aneka tari dan musik tradisional, traveler yg berkunjung ke festival ini mampu coba aneka kuliner khas Raja Ampat.

Salah sesuatu yg paling menarik perhatian adalah cacing laut insonem. detikTravel pun coba kuliner unik ini pada Kamis (20/10) malam, karena penasaran seperti apa rasanya.

Saya pun melangkahkan kaki masuk ke salah sesuatu stan yg memang khusus menjual kuliner-kuliner lokal. Mata aku segera tertuju pada wadah plastik, yg ada tulisan di belakangnya: cacing laut insonem.

“Ini namanya cacing laut insonem. Orang sini biasa makan. Harganya Rp 10 ribu saja,” ujar Ibu Dahlia, penjaga stan tersebut.

(Wahyu/detikTravel)Foto: undefined
(Wahyu/detikTravel)

Tanpa pikir panjang, aku segera menyodorkan lembaran uang Rp 10 ribu buat membeli cacing-cacing ini. Kesan pertama aku adalah, mereka tak kelihatan seperti cacing, melainkan seperti stik kentang.

Baru saat dilihat dari dekat, kami dapat melihat bagian mulut cacing ini dan badannya yg seperti disusun dari cincin-cincin. Cacing ini telah dimasak dengan cara digoreng, dan telah dibumbui juga.

“Sudah dikasih bumbu, rica-rica. Pedas. Bisa segera dimakan,” kata Ibu Dahlia.

Penasaran, aku segera mencomot sesuatu cacing dari dalam wadah, dan coba menggigitnya. Ternyata teksturnya cukup alot dan kenyal ketika dikunyah, seperti gurita kering. Mungkin cacing ini telah dimasak lama dari sebelum dibawa ke stan pameran.

Saya jadi terbayang bila disajikan hangat-hangat, pasti rasa cacing laut insonem ini mulai lebih enak. Bumbu rica-ricanya begitu pas, pedas dan gurih berpadu dengan tekstur insonem yg unik. Enak!

Ibu Dahlia pun menjelaskan bahwa cacing laut ini biasa ditangkap oleh warga di Kepulauan Ayau. Cacing insonem ini bahkan telah jadi makanan sehari-hari untuk penduduk Ayau.

“Ini cacing asalnya dari Ayau. Orang sana biasa makan ini. Ayau itu sekitar 4-6 jam perjalanan naik speed boat dari Waisai, kalau dari Sorong mampu sehari semalam,” ucap Dahlia.

Berbeda dengan cacing nyale dari Lombok yg cuma muncul setahun sekali, cacing laut insonem mampu dicari setiap hari bila laut sedang meti (istilah penduduk Ayau buat laut ketika surut). Cacing insonem bahkan telah jadi komoditas yg mendatangkan nilai ekonomi untuk penduduk Kepulauan Ayau.

Traveler mampu juga coba cacing laut ini bila liburan ke Raja Ampat. Daripada jauh-jauh ke Kepulauan Ayau, tiba saja ke area Pantai WTC di Waisai dan nikmati cacing insonem ini di acara Festival Pesona Raja Ampat 2016. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/21/082003/3325966/1519/makan-cacing-laut-di-raja-ampat-enak-lho
Terima kasih sudah membaca berita Makan Cacing Laut di Raja Ampat, Enak Lho!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Makan Cacing Laut Di Raja Ampat, Enak Lho!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.