Main Ke Yogya, Sempatkan Mencicipi Gudeg Legendaris Ini

No comment 162 views

Berikut artikel Main ke Yogya, Sempatkan Mencicipi Gudeg Legendaris Ini, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Gudeg Yu Djum rasanya sayang sekali dilewatkan ketika liburan di Yogyakarta. Gudeg legendaris ini rasanya benar-benar menggoyang lidah traveler.

“Jika Anda tersesat, cicipi saja makanannya”, ini memperlihatkan bahwa bagi mengenali suatu tempat atau daerah tertentu, Anda cukup mencicipi makanan khasnya. Dan bila menikmati sepiring gudeg nan lezat, aku pastikan Anda sedang tersesat di Jogjakarta. Apalagi gudeg yg Anda santap berasal dari salah sesuatu kuliner legendaris di kota tersebut.

Gudeg Yu Djum namanya. Kuliner yg sesuatu ini kerap diidentikkan dengan ‘Kota Gudeg’. Di samping citarasanya yg memang nikmat, kelezatannya membuat banyak media meliputnya hingga menjadi kuliner yg wajib dicicipi seandainya sedang berkunjung di Yogyakarta. Meski ada banyak penjual gudeg yg bersliweran, Yu Djum tetap memiliki penikmat setia yg tampaknya tidak dapat berpindah ke yang lain hati.

Pada akhir bulan lalu, detikTravel dan d’Traveler berkesempatan mengunjungi salah sesuatu outlet kuliner legendaris ini. Bertempat di Jl Kaliurang, Gudeg Yu Djum hadir dengan nuansa Jawa yg kental baik dari arsitektur maupun dekorasinya.

Meski lokasinya agak masuk ke dalam gang, tetapi tidak menyurutkan minat para pengunjung yg tiba bagi bersantap siang disana. Di dalam ruangan, ada lukisan (Almh) Djuhairah berukuran besar yg yaitu pemilik asli dari Gudeg Yu Djum, yg pengelolaannya kini telah diteruskan oleh anak-anaknya.

Jika Anda perhatikan, di seberang pintu masuk ada sebuah pohon nangka besar yg yaitu bahan penting gudeg. Para pengunjung pun mampu memilih bagi makan di tempat atau dibawa pulang.

Salah sesuatu ciri khas gudeg ini adalah wadah pembungkus yg terdiri dari kotak, besek dan juga kendil. Jika bagi dimakan langsung, biasanya gudeg mulai dibungkus memakai kotak.

Namun bila gudeg ingin disantap dua hari kemudian mulai dibungkus memakai besek atau kendil. Yu Djum pun menjamin bahwa gudeg masih mampu disantap buat beberapa hari ke depan, bahkan lima hari seandainya dibungkus kendil, apabila ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Rasa memang tidak pernah bohong. Seporsi gudeg lengkap dengan krecek pedas, tempe bacem, potongan ayam dan telur lengkap dengan nasi putih seperti menjadi obat pembungkam perut yg mujarab.

Gurih dan legitnya gudeg menjadi bukti bahwa kuliner yg berdiri sejak tahun 1950 ini memang wajib dicoba. Hal itu sebenarnya telah kelihatan dari ramainya antrean hingga pengunjung yg sedang bersantap ria.

Jika tiba dari jauh bagi berlibur ke Kota Pelajar ini, pastikan bagi memasukkan gudeg dalam list wisata kuliner Anda. Karena tidak lengkap rasanya seandainya ke Yogyakarta, tetapi tak menyantap Gudeg Yu Djum.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/05/133000/3361692/1025/main-ke-yogya-sempatkan-mencicipi-gudeg-legendaris-ini
Terima kasih sudah membaca berita Main ke Yogya, Sempatkan Mencicipi Gudeg Legendaris Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Main Ke Yogya, Sempatkan Mencicipi Gudeg Legendaris Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.