Mahameru Dan Tanjakan Cinta, Potret Semeru Yang Populer Lewat Film ‘5 Cm’

Berikut artikel Mahameru dan Tanjakan Cinta, Potret Semeru yang Populer Lewat Film ‘5 Cm’, Semoga bermanfaat

Malang – Pesona Gunung Semeru terekam dengan apik lewat film ‘5 Cm’. Setelah menonton, traveler pasti ingin segera mendaki Tanjakan Cinta sampai ke Puncak Mahameru.

Traveler pernah menonton film ‘5 Cm’? Film ini yaitu film populer yg pertama kali rilis pada 12 Desember 2012. Dihimpun detikTravel dari dua sumber, Kamis (21/7/2016), film ini diangkat dari kisah novel best seller berjudul sama, karangan Donny Dirgantoro.

Kisah persahabatan 5 orang dengan karakter yg berbeda dan seluruh dinamikanya ini sangatlah menarik bagi disaksikan. Terutama saat mereka menetapkan buat merayakan meeting setelah 3 bulan lamanya berpisah, dengan cara mendaki Gunung Semeru di Jawa Timur.

Petualangan kelima orang sahabat ini berhasil membuktikan bahwa dengan tekad yg kuat, mereka dapat menaklukkan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Meski banyak rintangan yg menghadang, seluruh itu berhasil diatasi karena mereka milik impian. Impian yg ditaruh sejarak 5 Cm di depan kening mereka!

Poster film 5 Cm (Chromatics Production)

Semenjak film ‘5 Cm’ booming, popularitas Gunung Semeru dengan semua pesona keindahannya pun ikut terangkat. Tak cuma itu, popularitas kegiatan mendaki gunung pun ikut naik drastis. Kini mendaki gunung tidak cuma menjadi monopoli komunitas pecinta alam saja, melainkan menjadi kegiatan setiap traveler, bahkan untuk pendaki yg berusia anak-anak sekalipun.

Menapak tilas film ‘5 Cm’, traveler mampu akan dengan naik kereta Matarmaja dari Stasiun Pasar Senen hingga turun di Stasiun Malang. Setelah itu, sewa saja angkot buat menuju ke Pasar Tumpang. Dari sini traveler mampu naik jeep hingga ke Desa Ranu Pani.

Dari Desa Ranu Pani, traveler mulai melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4-5 jam buat sampai di Ranu Kumbolo. Dirikanlah tenda buat beristirahat, dan menikmati kedahsyatan pemandangan danau cantik ini, terutama saat pagi hari.

Keindahan Ranu Kumbolo ketika pagi (Ardi Rimbawan/d’Traveler)

Jangan lupa juga menikmati kisah mitos Tanjakan Cinta yg begitu melegenda. Konon katanya, pendaki yg memikirkan pasangannya dan berhasil melewati Tanjakan Cinta tanpa menoleh ke belakang, mulai berjodoh dan cintanya mulai abadi. Sebaliknya, kalau di tengah jalan ia menoleh ke belakang, maka hubungan percintaan mereka konon mulai putus.

Boleh yakin boleh tidak, yg jelas sulit buat menahan godaan tak menoleh ke belakang ketika mendaki Tanjakan Cinta. Pasalnya, kecantikan Ranu Kumbolo yg terbentang sempurna di belakang Tanjakan Cinta susah buat tak dilirik.

Untuk menuju ke Puncak Mahameru seperti yg Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian (tokoh-tokoh di dalam film 5 Cm) lakukan, traveler harus menaklukan tantangan trekking hingga ke Pos Kali Mati. Dibutuhkan 3-4 jam bagi sampai pos ini.

Ranu Kumbolo dilihat dari Tanjakan cinta (I Gede Leo Agustina/dTraveler)

Setelah dari Pos Kali Mati, perjalanan dilanjutkan ke Arcopodo, wilayah vegetasi terakhir di Gunung Semeru. Dari Arcopodo perjalanan menuju puncak bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam.

Dari titik ini, traveler akan menginjak medan pasir yg memberatkan langkah. Satu kali melangkah diikuti dengan setengah langkah kaki terperosok ke bawah, begitulah perjalanan yg ditempuh hingga sampai di puncak.

Belum lagi guguran batu-batu kecil maupun besar yg acapkali turun dari puncak. Diperlukan kewaspadaaan dan kehati-hatian ekstra selama pendakian menuju ke Puncak Mahameru.

Setibanya di puncak, rasa lelah, letih, lesu mulai terbayar tuntas begitu mampu melihat pemandangan dari atap Pulau Jawa tersebut. Perjalanan mendaki Puncak Mahameru adalah perjalanan menaklukan diri sendiri, meruntuhkan semua kesombongan yg ada, berserah diri pada Sang Pencipta setelah berusaha dengan tekad baja. Puas!

Pemandangan dari puncak Mahameru (Wira Nuryansah/d’Traveler)

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/21/082011/3257839/1519/mahameru–tanjakan-cinta-potret-semeru-yang-populer-lewat-film-5-cm
Terima kasih sudah membaca berita Mahameru dan Tanjakan Cinta, Potret Semeru yang Populer Lewat Film ‘5 Cm’. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mahameru Dan Tanjakan Cinta, Potret Semeru Yang Populer Lewat Film ‘5 Cm’"