Long Weekend Di Manado, Wajib Coba Bubur Tinutuan

No comment 126 views

Berikut artikel Long Weekend di Manado, Wajib Coba Bubur Tinutuan, Semoga bermanfaat

Manado – Liburan long weekend ke Manado, tentu tak lengkap tanpa wisata kuliner. Kalau ingin cari sarapan, cobalah bubur tinutuan alias bubur Manado yg lezat dan bergizi tinggi.

Tak seperti bubur pada umumnya, bahan bubur pada tinutuan dibuat dari campuran beras, labu kuning dan ubi jalar yg dicincang halus, serta jagung serut. Jadi, tak mengherankan kalau bubur ini berwarna kuning. Nah, keempat bahan itu dimasak dengan air dan sereh, serta daun kunyit yg dimemarkan sampai berbentuk bubur.

Meski telah jadi, bubur tersebut masih perlu diolah lagi lho. Ya, adonan bubur tadi dimasukkan ke air mendidih yg sebelumnya dicampur kaldu ayam. Setelah meletup-letup, bubur dicampur dengan sayuran kangkung, bayam, daun gedi dan kemangi.

Setelah bubur dan sayuran dicampur kurang lebih 10 menit, tinutuan pun bersiap disajikan dengan taburan bawang goreng. detikTravel pun sempat mencobanya dua waktu dahulu ketika liburan ke Manado. Untuk kamu yg hobi makan bubur dengan sensasi pedas, jangan khawatir. Ada sambal ikan roa yg dapat jadi teman menyantap tinutuan.

Proses pembuatan bubur tinutuan (Radian Nyi/detikTravel)Foto: Proses pembuatan bubur tinutuan (Radian Nyi/detikTravel)

Gurih manisnya bubur Manado hangat berpadu dengan renyahnya sayur, ditambah pedasnya sambal ikan roa membuat hidangan ini lezat disantap. Bisa dibayangkan bukan bagaimana lezatnya hidangan ini?

Tinutuan banyak dijual di rumah makan, restoran, atau bahkan di warung-warung pinggir jalan. Harga tinutuan juga bervariasi, sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per porsinya. Pokoknya wajib mencoba ketika liburan ke Manado.

Sambal ikan roa yg menjadi pelengkap (Radian Nyi/detikTravel)Foto: Sambal ikan roa yg menjadi pelengkap (Radian Nyi/detikTravel)

(rdy/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/09/102000/3367018/1519/long-weekend-di-manado-wajib-coba-bubur-tinutuan
Terima kasih sudah membaca berita Long Weekend di Manado, Wajib Coba Bubur Tinutuan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Long Weekend Di Manado, Wajib Coba Bubur Tinutuan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.