Liburan Tahun Baru Ke Lombok, Lihat Dua Desa Unik Yuk!

No comment 106 views

Berikut artikel Liburan Tahun Baru ke Lombok, Lihat Dua Desa Unik Yuk!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan Tahun Baru ke Lombok, ada desa unik yg dapat kamu kunjungi. Desa itu adalah Sukarare dan Sade. Ada apa sih di sana?

Desa sukarare adalah desa penenun di kota Lombok. Di sini terdapat tradisi bahwa para wanita tak boleh menikah sebelum mampu menenun. Otomatis, aku dan teman – teman seperjalanan wanita lainnya segera belajar menenun di sini. Para traveler mampu coba merasakan bagaimana cara menenun sebuah kain. Tenang saja, ada para wanita desa Sukarare yg bersiap membimbing Anda buat latihan menenun.

Setelah mendapatkan skil menenun, kita segera berangkat menuju desa Sade, tempat tinggal suku Sasak, penduduk asli NTB. Suku Sasak ini beragama Islam. Pakaian wajib mereka adalah menggunakan bawahan sarung buat pria dan bawahan kain jarit untuk wanita. Atap rumah suku Sasak terbuat dari alang – alang. Ada sesuatu kebiasaan unik, merupakan membersihkan lantai rumah dengan kotoran kerbau karena dipercaya semakin menguatkan bangunan.

Tradisi unik lainnya di Desa Sade ini adalah tradisi menculik pengantin wanita. Sang mempelai pria diwajibkan bagi menculik pengantin wanita tanpa diketahui oleh sang Ayah sebelum pernikahan. Selain itu, ada juga tradisi mengerikan untuk perselingkuhan di sini. Anda yg ketahuan selingkuh di sini, maka siap-siap bagi kehilangan nyawa.

Puas belajar tradisi di Lombok, kita pun melanjutkan perjalanan buat berburu sunset di Pelabuhan Bangsal. Jangan ditanya, sunset di sini juara banget. Apalagi dengan degradasi warna langit yg ketika itu begitu indah.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/30/142500/3380921/1025/liburan-tahun-baru-ke-lombok-lihat-dua-desa-unik-yuk
Terima kasih sudah membaca berita Liburan Tahun Baru ke Lombok, Lihat Dua Desa Unik Yuk!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Tahun Baru Ke Lombok, Lihat Dua Desa Unik Yuk!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.