Liburan Tahun Baru Di Probolinggo, Ada Candi Sisa Majapahit

No comment 113 views

Berikut artikel Liburan Tahun Baru di Probolinggo, Ada Candi Sisa Majapahit, Semoga bermanfaat

Probolinggo – Selama ini sisa Kerajaan Majapahit banyak ditemukan di Mojokerto, tetapi ternyata ada juga di Probolinggo. Mumpung libur tahun baru, mampirlah ke Candi Kedaton.

Sisa-sisa kejayaan Kerajaan Majapahit tak cuma berada di kawasan Mojokerto dan sekitarnya, tetapi ada juga di Probolinggo. Salah satunya yakni Candi Kedaton di Dusun Candi kedaton, Desa Andungbiru Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Tak cuma jadi bukti sejarah tentang kerajaan majapahit, tetapi juga menjadi alternatif wisata di kawasan Kecamatan Tiris.

Sejumlah pegiat wisata sedang melakukan ekplore di kawasan Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kecamatan ini telah umum dengan beberapa ranu yg banyak kelihatan di media sosial berkat upload dari pengunjung. Dua ranu itu yakni Ranu Agung dan Ranu Segaran.

Tidak cuma itu, Kecamatan Tiris juga dikenal dengan Kebun Teh Andung Biru. Tapi siapa sangka, di balik tempat itu seluruh ada sesuatu yg tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Kecamatan Tiris. Yakni, Candi Kedaton.

Candi ini terletak di Desa Andungbiru, Probolinggo (M Rofiq/detikTravel)Candi ini terletak di Desa Andungbiru, Probolinggo (M Rofiq/detikTravel)

Candi kedaton adalah salah sesuatu candi unik yg terbuat dari batu andesit. Candi ini dibangun sekitar abad VIV dengan bentuk unik dan pemandangan yg indah sekitarnya. Candi Kedaton terletak di Dusun Lawang Kedaton Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris.

“Candi kedaton yaitu candi hindu yg berukuran 6 meter persegi dan memiliki tahun yg tertulis di tangganya sekitar 1292 Saka atau sekitar 1370 masehi,” kata salah sesuatu pegiat wisata, Hafidil, ketika berkunjung ke Candi Kedaton pada liburan panjang akhir tahun 2016 ini, Jumat kemarin (30/12/16).

Menurut Hafidil. Candi Kedaton sendiri memiliki 33 relief di kaki candi. Selain terdapat cerita tentang garuda, terdapat juga dua relief yg tertulis seperti Arjunawiwaha dan Bhomaknya.

“Jadi ini memang unik, karena bentuknya juga tak seperti candi pada umumnya,” jelasnya.

Konon candi ini yaitu peninggalan Majapahit (M Rofiq/detikTravel)Konon candi ini yaitu peninggalan Majapahit (M Rofiq/detikTravel)

Candi kedaton ini baik bagi dikunjungi bagi para pecinta wisata alam di Probolinggo. Hanya saja kata dia, yg perlu jadi perhatian memang di Candi Kedaton itu perlu adanya penambahan seputar tulisan Candi Kedaton. Hal itu dikerjakan bagi memudahkan para wisatawan yg berkunjung.

“Paling tak mereka juga bangga dengan Candi Kedaton, karena di Probolinggo juga ada candi, selain Candi Jabung di Paiton,” ujarnya.

Sementara itu, Remon Tambora, pegiat alam yg juga pemerhati kawasah Gunung Argopuro menyampaikan adanya Candi Kedaton di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, ini yaitu salah sesuatu peninggalan kerjaaan Majapahit.

“Adanya Candi Kedaton ini bukti kerajaan Majapahit pernah ke Probolinggo,” jelasnya.

Remon mengaku, telah pernah melakukan kajian terhadap Kerajaan Majapahit termasuk para tentara Majapahit yg pernah ke Probolinggo. Dalam kajian yg dilakukannya selama kurang lebih 20 tahun ini, tak menutup kemungkinan keturunan Majapahit sendiri berakhir di Probolinggo. Salah sesuatu indikasinya yakni adanya keturunan dan orang Jawa kuno yg berada di Kecamatan Tiris.

(rdy/rdy)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/31/123056/3384969/1519/liburan-tahun-baru-di-probolinggo-ada-candi-sisa-majapahit
Terima kasih sudah membaca berita Liburan Tahun Baru di Probolinggo, Ada Candi Sisa Majapahit. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Tahun Baru Di Probolinggo, Ada Candi Sisa Majapahit"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.