Liburan Spontan Keliling Jakarta, Ini Pilihan Destinasinya

No comment 102 views

Berikut artikel Liburan Spontan Keliling Jakarta, Ini Pilihan Destinasinya, Semoga bermanfaat

Jakarta – Liburan dadakan di Jakarta, paling hanya ke mal saja. Jangan salah, Jakarta milik banyak tempat wisata yg menarik buat dikunjungi. Berikut rekomendasinya!

Sebagai ibukota negara, Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan. Deretan gedung pencakar langit menjulang tinggi dan banyak mal, telah jadi ciri khas Jakarta. Untuk tempat wisata ternyata Jakarta milik tempat-tempatnya.

Jika milik waktu mepet dan bingung mau ke mana, mengapa tak mencoba keliling Jakarta. Disusun detikTravel, Kamis (18/8/2016) berikut pilihan destinasi yg pas kamu datangi kalau wisata dadakan di Jakarta:

1. Kawasan Pecinan

(Yugo Artono/dTraveler)

Jakarta juga milik komplek Chinatown yg ramai. Datanglah ke kawasan Petak 9 Glodok di Jakarta Barat yg penuh dengan nuansa Tionghoa. Asyik!

Cukup gampang menuju ke sana, seandainya naik bus TransJakarta, kamu dapat turun sebelum sampai ke Kota Tua. Di Petak 9, kamu mampu melihat Kelenteng Jin De Yi, Jin De Yuan, Toa Se Bio, dan dua kelenteng lainnya. Berbagai jajanan membentang dari Petak 9 hingga Gang Gloria di seberangnya. Tidak lupa pernak-pernik khas Imlek, seperti lampion hingga kertas emas.

Bagi yg belum tahu di mana Petak 9, mencapainya cukup mudah. Dari halte Busway Glodok, perhatikan sebuah gang lebar dengan dan gapura dengan rumah makan padang di sisi kirinya. Dari situ cukup jalan saja, hingga datang di Petak 9.

Selain kelenteng, jangan lupa datangi Kopi Es Tak Kie. Kopi Es Tak Kie didirikan pada 1920-an dan masih eksis sampai sekarang. Asyik foto-foto, belanja dan perut pun kenyang mengelilingi Petak 9, Chinatown ala Jakarta.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

(detikFoto)

Di kawasan utara Jakarta, ada pelabuhan bersejarah bernama Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa ini telah digunakan pemerintah Belanda ketika masih menjajah Indonesia, sebagai tempat lalu-lalang kapal yg tiba dari luar negeri bagi berdagang.

Pelabuhan Sunda Kelapa kini masih memiliki fungsi yg sama. Banyak kapal dari belahan Indonesia tiba ke sini buat transit atau menurunkan barang bawaan mereka. Di yang lain sisi, pelabuhan ini pun asyik didatangi bagi berwisata.

Kamu bisa hunting foto di sini, dengan latar kapal-kapal yg berukuran besar. Bahkan tidak sedikit ada kapal phinisi yg sedang berlabuh. Sebaiknya dikunjungi sewaktu sore agar cuaca tak panas, dan kami bisa melihat matahari tenggelam di antara kapal-kapal.

3. Hutan Mangrove PIK

(Sastri/detikTravel)

Jakarta tidak cuma milik hutan beton berupa gedung-gedung pencakar langit saja. Di sebelah utara Jakarta, kalian masih mampu berjumpa dengan hutan mangrove yg lebat dan hijau. Tempat yg sejuk dan tenang, seperti bukan di Jakarta saja!

Hutan mangrove ini berada di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Lokasinya berada di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Hutan mangrove ini memiliki luas mencapai 99 Hektar. Pemandangan hijau sejauh mata memandang benar-benar meneduhkan pandangan.

Selain itu, traveler juga dapat mengelilingi kawasan mangrove ini dengan naik perahu motor, kano hingga kapal tradisional. Harganya bervariasi, akan dari Rp 100-300 ribu buat waktu tempuh selama kurang lebih 30 menitan.

Sungguh asyik berfoto-foto dan menjelajahi hutan mangrove ini. Segar dan tenang, telah cukup bagi kembali menenangkan pikiran. Selamat menjelajahi hutan mangrove ala Jakarta ini!

4. Planetarium

(Afif/detikTravel)

Melihat luar angkasa dari Jakarta, ayo tiba ke Planetarium. Tempat ini mulai memberikan keterangan terlengkap tentang kehidupan di dunia dan benda-benda di angkasa. Wisata dadakan di Jakarta wajib mampir ke sini!

Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat. Harga masuknya tidak sampai Rp 10 ribu. Setelah membayar tiket kamu mulai diajak ke suatu ruangan yg berisi kursi-kursi empuk dengan atap kubah yg jadi media visual. Sesaat kemudian, ruangan mulai menjadi gelap gulita. Rasakanlah sensasi naik roket dengan bintang yg berlarian di sekeliling kamu.

Lalu, ada bintang-bintang di sepanjang mata Anda memandang. Anda seolah menjadi astronot dan menyaksikan segala benda langit dari dekat. Ada galaksi, bintang, planet-planet di tata surya, meteor, hingga asteroid yg bertebaran di angkasa. Pertunjukan selama 45 menit, memberikan pengetahuan yg sangat menarik tentang kehidupan ini.

Planetarium memiliki jadwal pertunjukan pada pukul 16.30 WIB setiap Selasa sampai Jumat. Sedangkan jadwal hari Sabtu, Minggu dan libur nasional lainnya adalah pukul 10.00, 11.30, 13.00 dan 14.30 WIB. Hari Senin adalah hari perawatan.

Bagi traveler yg milik cita-cita jadi astronot, setidaknya mulai ‘terwujud’ kala mendatangi Planetarium ini.

5. Naik ke Monas di Malam Hari

(Raden Siswo/d’Traveler)

Bagi yg belum tahu, naik ke atas Monas dapat sampai malam hari sejak bulan April 2016 kemarin. Jam buka Monas pada malam hari yakni pukul 19.00-22.00 WIB di hari Selasa-Jumat dan 19.00-00.00 WIB pada Sabtu, Minggu dan hari libur.

Saat itulah, kamu mampu melihat lanskap Jakarta yg bermandikan cahaya dari ketinggian 100 meter lebih. Bawa kamera dan nikmatilah wajah kota metropolitan ini dari ketinggian. Asyik bukan?

Harga tiket ke Museum Monas buat dewasa Rp 5 ribu dan ke puncak Monas Rp 10 ribu. Sedangkan bagi anak-anak ke museum Rp 2 ribu dan ke puncak Tugu Monas Rp 2 ribu. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di IRTI Monas. (aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/18/081000/3277585/1519/liburan-spontan-keliling-jakarta-ini-pilihan-destinasinya
Terima kasih sudah membaca berita Liburan Spontan Keliling Jakarta, Ini Pilihan Destinasinya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Spontan Keliling Jakarta, Ini Pilihan Destinasinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.