Liburan Singkat 3 Hari 2 Malam Di Belitung

No comment 151 views

Berikut artikel Liburan Singkat 3 Hari 2 Malam di Belitung, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –

Belitung milik banyak destinasi wisata menarik. Cobalah liburan singkat 3 hari 2 malam ke sana. Dijamin seru!

Total waktu berlibur ke Belitung ketika itu cuma 3 hari 2 malam dan karena tak sempat riset sana sini. Akhirnya kita menetapkan memakai jasa travel agent selama berada di sana.

Hari pertama kalian berangkat siang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan lama perjalanan 1 jam. Setibanya di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, kita dijemput oleh jasa travel agent yg telah kita pesan sebelumnya dan segera menuju Belitung Timur buat melihat replika SD Laskar Pelangi.

Saat itu hujan deras, dan lama perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 1 jam. Pemandangan selama perjalanan penuh dengan pepohonan di kiri kanan dan jarak pemukiman sesuatu ke yg lainnya lumayan jauh.

Saya segera berpikir, untung pakai jasa travel agent, karena tak perlu repot-repot. Apalagi lumayan sulit bisa sinyal internet selama perjalanan. Kebayang kalau perlu pakai GPS sendiri bagi cari-cari lokasi.

Anyway, setibanya di replika SD laskar pelangi, kalian segera foto-foto. Jangan ekspektasi satu yg wah, karena memang cuma ada bangunan dari kayu yg isinya beberapa buah ruang kelas. Inilah replika SD yg ada di Film Laskar Pelangi.

Setelah berfoto, kalian lanjutkan ke Rumah Ahok. Lama perjalanan sekitar 30 menit dari replika SD laskar pelangi. Yang dimaksud dengan Rumah Ahok, adalah benar-benar rumah Bapak Ahok di Belitung.

Di seberang rumah tersebut ada rumah adat Belitung yg di dalamnya menjual souvenir dan aneka makanan atau minuman untuk yg mau santai sebentar.

Setelah dari Rumah Ahok, kita menuju Pantai Burung Mandi. Tujuan ini juga tak terlalu jauh dari destinasi sebelumnya. Karena baru hujan deras, kalian cuma foto sebentar dan tak banyak melakukan kegiatan di pantai tersebut.

Akan tetapi, pantainya memang bersih dan ini membuat kita tak sabar hari kedua di mana wisatanya mulai full pantai! Pulang dari Pantai Burung Mandi telah sekitar pukul 18.00.

Lalu kita menuju tempat makan yg katanya wajib didatangi kalau ke Belitung, merupakan Mie Belitung. Kalau telah pesan Mie Belitung, jangan lupa pesan minumannya Es Jeruk Kunci yg juga khas Belitung.

Hari kedua yg dinanti-nanti pun tiba. Kami berangkat dari hotel pukul 09.00 pagi. Berbeda dengan hari pertama, hari kedua cerah! Benar-benar pas bagi ke pantai. Perjalanan dari hotel menuju Pantai Tanjung Kelayang pun tak begitu jauh.

Kami datang di tempat ambil perahu dalam waktu kurang dari 30 menit. Dengan perahu tradisional ini, kita berkeliling dua pulau, yaitu: Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Kepayang.

Di Pulau Lengkuas selain berfoto, kita juga naik mercusuar yg tingginya 18 lantai. Lumayan capek naiknya, tetapi setelah datang di puncak dan melihat hamparan pulau-pulau kecil di Belitung dengan batu-batu raksasanya, capeknya segera hilang. Benar-benar indah!

Pasirnya putih dan airnya jernih, pokoknya nggak menyesal! Setelah island tour, kita melanjutkan dengan makan siang. Dapat ditebak, makan siang yg paling cocok setelah keliling pantai adalah seafood.

Tempat makan seafoodnya sebenarnya sederhana, ala masakan rumah dengan view pantai. Namun baru kali itu aku lahap banget makan seafood. Fresh banget dan bumbunya pas!

Minumnya es jeruk kunci lagi tentunya. Setelah kenyang, kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi. Di sana kita berfoto dan panjat-panjat batu sepuasnya. Keren banget! Sepulang dari Tanjung Tinggi, kita kembali ke hotel dan datang sekitar pukul 18.00 sore bagi makan malam dan beristirahat.

Hari terakhir di Belitung cukup santai, karena flight kembali ke Jakarta adalah flight sore pukul 16:30. Dari hotel kita berangkat sekitar pukul 09.00 menuju Pantai Tanjung Pendam.

Di sini kalian cuma foto-foto saja karena telah mulai pulang, jadi tak main air lagi. Setelah itu kita menuju Museum Timah yg ada Mini Zoo di halaman belakangnya.

Dari Museum Timah, kita lanjut menuju Rumah Adat. Di bagian dalam Rumah Adat ini berisi macam-macam barang-barang Adat Belitung, seperti pakaian adat pernikahan Belitung, sesajian lamaran di Adat Belitung, sampai alat tradisional buat angkut barang juga ada.

Yang unik dari rumah adat Belitung merupakan tak ada ruangan sama sekali. Benar-benar cuma berupa sesuatu ruangan besar. Dan ternyata, tinggi rumah adat dari atas permukaan tanah menggambarkan status sosial si pemilik rumah.

Setelah sedikit belajar kebudayaan Belitung melalui rumah adatnya, kalian menuju destinasi terakhir, merupakan Danau Kaolin.

Begitu datang di lokasi, aku segera teringat Kawah Putih di Bandung. Agak mirip, tetapi masing-masing milik keindahan tersendiri. Danau Kaloin ini adalah bekas tempat penambangan Kaolin.

Airnya biru jernih dan kontras dengan pasir putih di sekililingnya. Puas berfoto di Danau Kaolin, kita makan siang dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara H.A.S. Hanandjoeddin buat kembali ke Jakarta.

Overall, aku sangat puas liburan ke Belitung. Benar-benar cantik dan bersih. Selama berlibur, aku berpikir bahwa masyarakat Belitung berarti sangat bergantung pada hasil tambang dan pariwisata. Oleh karena itu, mari kalian bantu perkenalkan wisatanya dengan traveling ke Belitung!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/14/135900/3392307/1025/liburan-singkat-3-hari-2-malam-di-belitung
Terima kasih sudah membaca berita Liburan Singkat 3 Hari 2 Malam di Belitung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.