Liburan Murah Meriah Di Kota Tua Jakarta: Museum BI

No comment 209 views

Berikut artikel Liburan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta: Museum BI, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Selain ke Taman dan Museum Fatahillah, ada juga tempat yang lain yg seru bagi didatangi. Museum BI pun mampu jadi destinasi liburan kamu akhir minggu ini.

Melewati akhir minggu tak lengkap rasanya seandainya cuma menghabiskannya di rumah. Untuk mengatasi kebosanan, mampu menjadi alternatif pilihan untuk kamu yg berdomisili di Jabodetabek bagi melewatkan akhir pekanmu di Museum Bank Indonesia. Murah, mengedukasi dan bermanfaat.

Untuk mencapai museum ini kita cukup memakai busway dengan tujuan akhir Kota. Setelah keluar dari busway, ikuti saja arah panah menuju Museum Bank Indonesia. Letak museum ini bersebrangan dengan halte busway.

Untuk masuk ke Museum BI, kami cukup membayar Rp 5.000 buat umum. Apabila mahasiswa atau pelajar cukup memamerkan kartu identitas dan kamu pun dapat masuk gratis.

Museum ini tutup pukul 16.00 WIB. Setelah dari loket, jangan lupa ambil pamflet alur jelajah Museum BI karena ruangan-ruangan yg ada di museum ini mulai dipaparkan pada pamflet tersebut. Museum ini tampak terkonsep dengan baik, bersih serta terjaga rapi.

Dilengkapi fasilitas AC yg membuat pengunjung sangat nyaman.  Wajar saja karena museum ini telah bersertifikat ISO 9001:2008 sejak tahun 2014 dan menyabet gelar museum terbaik se-Jakarta dan Smart Museum se-Jabodetabek tahun 2014.

Maka bukanlah hal yg membosankan bila menghabiskan waktu di sana. Ada 7 ruang yg berada di museum ini, antara lain:

1. Playmotion

Di mana ruangan ini tujuannya mempersiapkan pengunjung sebelum memasuki ruang sejarah dengan simulasi permainan menangkap bayangan koin yg berjatuhan.

2. Ruang teater

Di sini disajikan film dengan tema sejarah BI, sejarah kebijakan BI dari masa ke masa dan sejarah uang. Sayangnya sewaktu penulis ke sana, ruangan ini sedang tak difungsikan.

3. Ruang sejarah

Di ruangan ini dipampang sejarah BI dan peranannya dalam sejarah bangsa. Pembahasannya cukup lengkap akan dari awal berdirinya Bank Indonesia oleh Belanda (De Javache Bank), sejarah kemerdekaan, penggantian nama menjadi Bank Indonesia, inflasi yg terjadi di Indonesia, g30S PKI, Presiden Soeharto, hingga terjadinya Krismon 1998 dan peranan BI di dalamnya.

Seru sekali berada di ruang ini karena per cerita telah dirangkai dari waktu ke waktu. Ditambah sajian film pendek, patung dan barang barang yg dahulu digunakan. Ketika kalian berjalan seperti sedang berada di lorong waktu, karena alur cerita disajikan sesuai dengan alur jalan di museum.

4. Ruang perenungan hijau

Ruangan ini dulunya pernah berfungsi sebagai tempat para pimpinan merumuskan berbagai kebijakan, dinding yg hijau dengan kaca patri bertemakan hasil bumi Nusantara serta jam besar peninggalan DJB (DeJavache BAnk, nama Belanda Bank Indonesia sebelum diganti) menjadi ikon tersendiri buat ruangan ini.

5. Ruang emas moneter

Dalam ruangan ini tersaji emas murni yg pada masanya pernah berfungsi sebagai penjamin uang yg beredar di Indonesia. Di ruangan ini terdapat pula uang dari berbagai negara yg disimpan rapi dalam lemari kaca yg mampu ditarik sesuai dengan nama negaranya.

6. Ruang numismatik

Ruangan ini berisi koleksi uang yg beredar di Nusantara akan dari berbagai bentuk dan macam uang dari zaman kerajaan Hindu Budha, kerajaan Islam, kolonial hingga uang pasca kemerdekaan dan uang mancanegara.

Sebelum pintu keluar dipampang foto-foto gubernur Bank Indonesia dari sejak masih bernama De Javache BAnk hingga gubernur yg masih menjabat ketika ini.

Sungguh, segala pelajaran sejarah yg pernah aku pelajari di SMP dan SMA seakan teringat kembali disertai dengan bukti sejarah yg mampu secara segera aku lihat di museum ini!

Jadi apakah kamu tertarik buat menikmati akhir minggu dengan liburan klasik ala masa dahulu dan penuh pengetahuan? Try it!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/02/112500/3263597/1025/liburan-murah-meriah-di-kota-tua-jakarta-museum-bi
Terima kasih sudah membaca berita Liburan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta: Museum BI. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Murah Meriah Di Kota Tua Jakarta: Museum BI"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.