Liburan Ke Solo “Budget” Rp 1 Juta? Intip Panduan Ini…

No comment 95 views

Berikut artikel Liburan ke Solo “Budget” Rp 1 Juta? Intip Panduan Ini…, Semoga bermanfaat

SURAKARTA, KOMPAS.com – Bingung memilih destinasi liburan murah? Solo dapat jadi pilihan tempat liburan bersama rekan perjalanan.

Dari wisata kuliner, sejarah, hingga wisata “anti mainstream” yang lain dapat Anda lakukan di Solo. Pasar Gede,  sentra-sentra industri di daerah Sukoharjo, hingga oleh-oleh di daerah Pasar Klewer adalah pilihan obyek-obyek wisata yg dapat Anda kunjungi.

Nah, berapakah biaya yg dibutuhkan bagi liburan di Solo selama tiga hari beberapa malam? KompasTravel menyusun rekomendasi biaya berdasarkan perjalanan beberapa hari tiga malam dengan budget sekitar Rp 1 juta-an.

Jika Anda dari Jakarta, bagi pilihan transportasi, dapat memakai Kereta Api Bengawan tujuan Pasar Senen – Purwosari dengan biaya sekitar Rp 74.000 sekali jalan. Anda dapat turun di Stasiun Solobalapan bagi melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Solo.

Sementara bagi penginapan, Anda mampu memilih hotel bintang beberapa dan tiga di dekat pusat Kota Solo seperti Red Planet Solo, Asia, atau Bintang Solo. Hotel bintang beberapa dan tiga di Kota Solo akan dari Rp 200.000 per malam.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang yaitu kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.

Biaya transportasi di dalam Kota Solo, Anda dapat memilih transportasi seperti taksi atau becak. Untuk taksi, ada dua operator yg memberlakukan tarif jauh atau dekat Rp 25.000 tapi ada pula yg memakai argo.

Urusan wisata kuliner, Anda dapat pergi ke Pasar Gede Hardjonagoro pada pagi hari buat sarapan dan makan siang. Kuliner seperti lenjongan, nasi tumpang, es dawet telasih, dan brambang asem di Pasar Gede berkisar Rp 4.000 – Rp 8.000 sekali makan.

Pada malam hari Anda mampu menyantap kuliner seperti angkringan di Jalan Slamet Riyadi dengan harga akan dari Rp 5.000 sekali makan. Sambil bersantai, ada juga pilihan wedang ronde dekat Bundaran Patung Slamet Riyadi dengan harga sekitar Rp 8.000.

Untuk pilihan kuliner yang lain seperti sate buntel, sate kambing, tengkleng, maupun gule. Harga kuliner itu berkisar Rp 20.000 – Rp 35.000 per porsi.

Untuk pilihan kegiatan, Anda mampu mengikuti paket-paket wisata yg tersedia di Solo seperti Accor Solo Heritage Cycling. Anda mulai diajak wisata mengelilingi sentra-sentra industri di Sukoharjo dan Solo dengan harga Rp 250.000 selama setengah hari.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi sate buntel disajikan di Warung Sate Mbok Galak di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2016). Sate buntel di Warung Sate Mbok Galak disebut-sebut menjadi favorit presiden dari era Soeharto hingga Jokowi.

Hari-hari terakhir di Solo, Anda mampu mencari oleh-oleh di Pasar Klewer. Oleh-oleh makanan di Pasar Klewer seperti keripik bayam seharga Rp 5.000, ampyang Rp 7.500, dan aneka makanan yang lain dengan kisaran Rp 25.000.

Harga batik di Pasar Klewer sendiri berkisar Rp 22.000 dengan aneka produk seperti kemeja, daster, baju tidur, celana, baju formal, dan aneka produk lain. Untuk harga produk batik paling mahal berkisar Rp 55.000.

Jadi seandainya ditotal, biaya perjalanan ke Solo sekitar Rp 1 juta buat tiga hari beberapa malam. Biaya ini telah termasuk tiket kereta api PP dari Jakarta, penginapan hotel bintang dua, sarapan, makan siang, dan makan malam, belanja oleh-oleh, sampai paket sepedaan mengunjungi dua obyek wisata.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/27/090700427/Liburan.ke.Solo.Budget.Rp.1.Juta.Intip.Panduan.Ini.
Terima kasih sudah membaca berita Liburan ke Solo “Budget” Rp 1 Juta? Intip Panduan Ini…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Ke Solo “Budget” Rp 1 Juta? Intip Panduan Ini…"