Liburan Ke Gunung Salak Serasa Di Bali

No comment 73 views

Berikut artikel Liburan ke Gunung Salak Serasa di Bali, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bali kecil di Tanah Sunda. Itulah kesan pertama ketika kaki melangkah menaiki anak tangga ke atas pura yg berada di kaki gunung salak tersebut.

“Jangan naik ke atas. Mohon maaf, cuma sampai disini saja.”

Itulah seruan yg diucapkan pemangku yg bertugas menjaga Pura Parahyangan Agung Jagakarta. Sejatinya, pura ini yaitu tempat ibadah. Namun keindahan arsitektur serta alam disekitarnya yg asri membuatnya menjadi salah sesuatu destinasi wisata. Banyaknya umat Hindu yg sedang dan ingin beribadah, lengkap dengan pakaian khasnya, membuat suasana serasa di Pulau Dewata.

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta disebut-sebut sebagai pura terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Berlokasi di Ciapus, kecamatan Tamansari, Bogor, pura ini menjadi salah sesuatu tujuan buat wisatawan yg mencari keindahan yang lain di kota hujan.

Berbeda dengan Pura Besakih yg sedikit bebas buat para turis. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta masih menjaga kesakralannya sebagai tempat ibadah.

Selain umat yg ingin meditasi atau beribadah, bagian dalam pura adalah area terlarang. Hanya di dua tempat saja para pengunjung diizinkan masuk. Tak ayal dua pemangku turut menjaga daerah ‘perbatasan’ suci tersebut, seperti saat aku mendengar seruan salah sesuatu pemangku kepada pengunjung yg sedikit bandel.

Meski demikian, Pura Parahyangan Agung Jagatkartta masih terbuka bagi umum dengan dua aturan. Wanita yg sedang haid, yg berpakaian tak sopan, atau mengganggu ketenangan dilarang memasuki pura. Pengunjung juga wajib melepas alas kaki dan mengenakan kain berwarna kuning di pinggang saat menaiki tangga pura. Tak lupa, cuma dua area tertentu saja wisatawan diperbolehkan masuk.

Saat aku mengunjungi pura ini, banyak kaum nonhindu yg notabene pengunjung umum sedang asyik berfoto atau selfie dengan latar belakang pura. Selain itu letaknya yg berada di dataran tinggi membuat udara di sekitar pura terasa sejuk. Di luar pura ada aula yg dapat digunakan bagi bersantai atau beristirahat sejenak.

Perjalanan menuju pura juga tidak kalah indah. Meski pengunjung dapat memakai kendaraan pribadi atau umum buat naik ke atas namun berjalan kaki dapat menjadi pilihan.

Suasana sejuk lengkap dengan pepohonan rindang sepanjang sesuatu kilometer tentu mulai membuat kalian melupakan sejenak rasa lelah. Bahkan ada spot seperti pos di gunung dimana banyak orang berfoto dengan pemandangan hijau nan asri.

Bagi Anda yg ingin mengunjungi sisi yang lain dari kota hujan tidak ada salahnya mengunjungi ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Keindahan arsitektur pura yg cuma ada di Bali dapat kami temukan disini. Tentu saja dengan catatan harus mematuhi peraturan setempat dan tak mengganggu ketenangan umat yg beribadah. Karena sekali lagi, Pura Parahyangan Agung Jagatkartta adalah tempat ibadah, bukan tempat wisata

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/09/102100/3388557/1025/liburan-ke-gunung-salak-serasa-di-bali
Terima kasih sudah membaca berita Liburan ke Gunung Salak Serasa di Bali. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Liburan Ke Gunung Salak Serasa Di Bali"