Libur Tahun Baru Di Probolinggo, Bisa Lihat Hiu Paus Berburu Plankton

Berikut artikel Libur Tahun Baru di Probolinggo, Bisa Lihat Hiu Paus Berburu Plankton, Semoga bermanfaat

Probolinggo – Libur tahun baru di Probolinggo, traveler mampu berkesempatan menyaksikan hewan langka. Sekawanan Hiu Paus tengah asyik berburu plankton di Pantai Bentar.

Hiu Paus atau dikenal juga sebagai Hiu Tutul, tetap menjadi ikon di wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Munculnya hiu paus atau Whale Shark (Rhincodon typus) sejak bulan Desember Hingga Februari ini, jadi ‘buruan’ pengunjung atau pun pencinta hewan dari dalam maupun luar Probolinggo. Apalagi momennya bertepatan dengan libur tahun baru.

Fenomena hiu paus yg suka hidup berkelompok ini diperkirakan bermigrasi dari lautan Australia, yg mengalami pergantian iklim dingin. Hiu paus yg kerap berada di perairan pantai utara Probolinggo ini, rata-rata berukuran lebar 1 meter dan panjang 8 meter.

Pengunjung wisata Pantai Bentar membeludak saat hiu pausn ini muncul, meraka yg tiba cuma menikmati secara segera bagi melihat kawanan hiu paus yg bermain di tengah laut. Lagi pula bertepatan dengan liburan tahun baru 2017.

“Banyak pengunjung naik kapal bagi melihat hiu yg berkeliaran di tengah laut, membuat pengunjung semakin banyak setiap ada hiu tutul ini muncul. Ukuran hiu tutul mempunyai lebar 1 meter dan panjang 8 meter,” ujar Misnari, salah sesuatu pemandu kapal di pantai Bentar, Minggu (01/01/2017).

Wisatawan terjun ke laut berenang dengan Hiu Paus (Rofiq/detikTravel)Foto: Wisatawan terjun ke laut berenang dengan Hiu Paus (Rofiq/detikTravel)

Munculnya hiu tersebut kata Misnari, setiap harinya sekitar 15 hingga mencapai 50 ekor hiu yg bermain di laut Pantai Bentar. Pengunjung cuma merogoh kocek Rp 10 ribu buat karcis kapal, sedangkan karcis masuk ke wisata pantai Bentar cuma Rp 5.000 per orang.

“Selama ini cuma lihat di televisi adanya hiu tutul di Pantai Bentar, setelah dilihat langsung, masya’Allah ternyata bukan main, senang banget. Rasanya ingin pegang hiu itu, tetapi gak bisa. Baru kali ini aku ke sini,” kata Retno Suranjari, salah sesuatu pengunjung yang berasal Jember.

Sementara ada sebagian pengunjung yg berani turun ke laut bagi naik ke tubuh hiu. Pasalnya, hiu yg berada di Pantai Bentar ini tergolong ikan yg jinak.

Puluhan ekor hiu tutul yg kerap muncul di perairan Probolinggo setiap akhir tahun dan menjelang tahun baru ini, adalah fenomena tahunan. Kawanan ikan pemakan plankton ini, muncul sering pagi dan sore hari, dan saat cuaca sedang mendung hiu-hiu tutul semakin banyak berdatangan. (wsw/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/01/121640/3385486/1519/libur-tahun-baru-di-probolinggo-bisa-lihat-hiu-paus-berburu-plankton
Terima kasih sudah membaca berita Libur Tahun Baru di Probolinggo, Bisa Lihat Hiu Paus Berburu Plankton. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Libur Tahun Baru Di Probolinggo, Bisa Lihat Hiu Paus Berburu Plankton"