Lezatnya Kupat Tahu Hangat Khas Kuningan

No comment 121 views

Berikut artikel Lezatnya Kupat Tahu Hangat Khas Kuningan, Semoga bermanfaat

KUNINGAN, KOMPAS.com – Terjebak kemacetan ketika mudik di Kuningan, menepilah dan mencoba salah sesuatu kuliner khasnya merupakan Kupat Tahu Kuningan. Berbeda dengan Doclang Bandung, saus kacang hidangan kupat tahu ini lebih kental dan kaya rasa rempah.

“Manis, asin, asam, dan pedas ialah rasa yg harus ada di setiap suapan saus kacang yg menyelimuti Kupat Tahu Kuningan,” ujar I’i Syafei, seorang penjual kupat tahu sejak 1986 di Kuningan, pada KompasTravel, Jumat (8/7/2016).

Oleh karena itu ia menyampaikan bumbu rempah yg dimasukan pun cukup beragam, akan cabai, bawang, kemiri, hingga asam.

Nama kupat tahu sendiri berasal dari ketupat yg menjadi bahan penting hidangan tersebut. Berbeda dengan bumbunya, komposisi keseluruhan hidangan sangatlah sederhana. Hanya ketupat, tahun, bumbu kacang, dan taburan bawang goreng.

Kuliner ini pun terkenal dengan nama hucap, singkatan dari tahu kecap. Dinamakan hucap seandainya hidangan ini dipesan tak memakai ketupat. Syafei menyampaikan tidak jarang yg cuma membeli hucap sebagai lauk buat makan siang maupun malam pelanggannya.

Potongan ketupat diiris menyamping oleh Syafei yg akrab disapa Mang I’i oleh pelanggannya. Tahu panas yg baru diangkat dari penggorengan pun segera diiris dadu, dan dimasukan kedalam piring.

Asap yg mengepul dari tahu tersebut seketika hilang saat diguyur bumbu kacang koklat pekat, dengan pecahan kacang yg masih terlihat. Bawang goreng pun menutup sajian sebelum dikonsumsi KompasTravel sore itu.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Selama libur lebaran 2016 kedai Kupat Tahu Mang I’i yg berlokasi di Jalan Raya Cilimus, Kuningan sebelum Pasar Cilimus ini tidak pernah sepi.

Ketupat di kedai Mang I’i ini terkenal pas kelembutannya. Hal tersebut terbukti saat KompasTravel melahap suapan pertama yg berisi ketupat. Bumbu kacang kental benar terasa gurih, manis, asam dan sedikit pedas di lidah. Tahu Kuningan yg hangat pun menyempurnakan suapan hidangan khas tersebut.

Linda, salah sesuatu pelanggan dari Kuningan menyampaikan kedai Kupat Tahu Mang I’i sangat cocok di lidahnya. “Cocok, bumbu kacangnya kental sama masih terasa kacangnya. Terus lumayan terkenal juga di Kuningan, jadi gak ragu,” ujar Linda kepada KompasTravel selah menyantap sepiring kupat tahu, Jumat (8/7/2016).

Ia menyarankan agar terus meminta tahu yg masih hangat bahkan baru diangkat dari penggorengan. Karena menurut Linda, tahu yg hangat sangat tidak mengurangi kelezatan dari hidangan tersebut.

Selama libur Lebaran kedai Kupat Tahu Mang I’i yg berlokasi di Jalan Raya Cilimus, Kuningan sebelum Pasar Cilimus ini tidak pernah sepi. Buka akan pukul 05.30 pagi hingga 03.00 WIB dini hari, kedainya membandrol Rp 12.000 bagi sesuatu porsi kupat tahu beserta teh hangat.

Untuk berkunjung ke sana, lokasinya cukup dekat dari pintu keluar Tol Ciperna, sekitar kurang dari 30 menit seandainya jalanan lancar. Berada di samping pasar Cilimus, berseberangan dengan alun-alun dan Masjid Raya Cilimus.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/09/130200327/Lezatnya.Kupat.Tahu.Hangat.Khas.Kuningan
Terima kasih sudah membaca berita Lezatnya Kupat Tahu Hangat Khas Kuningan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lezatnya Kupat Tahu Hangat Khas Kuningan"