Lestarikan Budaya, Banyuwangi Gelar Atraksi Seni Budaya Tiap Hari

Berikut artikel Lestarikan Budaya, Banyuwangi Gelar Atraksi Seni Budaya Tiap Hari, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Banyuwangi memang dikenal sebagai kota festival. Demi menjaga seni budaya, Banyuwangi adakan atraksi tiap malam bagi dinikmati oleh warga lokal dan turis.

Sejak awal tahun 2017 Pemkab Banyuwangi menggelar pentas seni dan budaya setiap hari di tengah kota Banyuwangi. Pelakunya adalah para siswa yg ada di penjuru Banyuwangi.

Ini dikerjakan sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya Banyuwangi. Juga atraksi untuk wisatawan yg tiba dan ingin melihat kesenian dan kebudayaan khas Banyuwangi. Halaman Gedung Pamer di jalan Ahmad Yani disulap menjadi pentas untuk penampilan beraneka atraksi seni budaya.

Seperti Selasa malam (14/2/2017), puluhan siswa gabungan dari tiga sekolah di Kecamatan Songgon menampilkan beragam kesenian, akan dari tari Gandrung, jaranan, hingga pantomim. Semua dimainkan oleh siswa sekolah, termasuk musik tradisional pengiring tarian turut dimainkan anak sekolah.

Kesenian budaya yg digelar tiap hari (Ardian Fanani/detikTravel)Kesenian budaya yg digelar tiap hari (Ardian Fanani/detikTravel)

“Kami mendapatkan masukan, banyak wisatawan yg sebenarnya ingin melihat pertunjukkan kesenian Banyuwangi. Maka akan Januari dahulu kalian akan menggelar pertunjukkan seni dan budaya lokal setiap hari. Ini menjadi destinasi wisata baru,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikTravel.

Namun di balik pertunjukan itu, kata Anas, pentas seni budaya ini digagas sebenarnya bagi menyiapkan panggung untuk generasi penerus budaya. Semua kesenian lokal yg ada di wilayah masing-masing ditampilkan secara bergilir.

“Panggung ini menjadi media untuk anak-anak buat berani tampil di panggung yg lebih luas, yg lebih banyak ditonton warga. Tidak lagi cuma tampil di tingkat desa atau kecamatan saja. Kita selalu kasih ruang buat generasi penerus budaya. Ini modal buat mereka buat membentuk kepercayaan dirinya,” ujar Anas.

“Ini juga bentuk pemerataan, siswa di pelosok desa kalian berikan kesempatan yg sama buat dapat tampil di kota. Dan terbukti, penampilan siswa yang berasal Songgon tidak kalah jauh dengan penampilan sekolah di kota,” tambah Anas.

Berfoto bersama Bupati Banyuwangi (Ardian Fanani/detikTravel)Berfoto bersama Bupati Banyuwangi (Ardian Fanani/detikTravel)

Menurut Anas, konsistensi memberikan ruang untuk generasi pecinta seni ini utama bagi mendorong tumbuhnya talenta. Karena, selama ini anak-anak banyak didorong mempelajari seni, tetapi jarang diberikan ruang bagi mengekspresikan apa yg mereka pelajari dan mereka senangi.

“Bagi kami, kesenian dan pariwista tak cuma bagi mendatangkan turis. Atraksi wisata yg kalian buat, adalah salah sesuatu cara bagi konsolidasi budaya. Mereka harus berlatih rutin sebelum tampil, belum lagi mereka harus berlatih atraksi bareng dengan siswa lintas sekolah. Konsolidasi budaya perlahan mulai tercipta,” terangnya.

Seperti yg dituturkan Khusnul khotimah siswa SDN 1 Sumberbulu Songgon. Khusnul yg tiba bersama rombongan sesuatu bus ini mengaku sangat senang diberi kesempatan mampu manggung di kota Banyuwangi.

“Awalnya malu dan takut waktu mau mulai, tetapi pas manggung rasanya senang banget. Semoga acara semacam ini diadakan terus, biar kalian ada kesempatan nari di kota. Sudah kadang kalau nari di sekitar sekolah atau desa saja,” ujar siswi kelas 5 ini.

Selain menggelar pentas seni dari hari Minggu sampai dengan Jumat, Banyuwangi juga memiliki agenda wisata Banyuwangi Weekend. Acara ini juga yaitu atraksi budaya yg digelar setiap Sabtu malam di taman kota, Taman Blambangan. Jika pentas seni diisi siswa sekolah, atraksi malam pekan ini pelakunya adalah sanggar seni. (bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/15/104743/3423084/1382/lestarikan-budaya-banyuwangi-gelar-atraksi-seni-budaya-tiap-hari
Terima kasih sudah membaca berita Lestarikan Budaya, Banyuwangi Gelar Atraksi Seni Budaya Tiap Hari. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lestarikan Budaya, Banyuwangi Gelar Atraksi Seni Budaya Tiap Hari"