Lebaran, Saatnya Berburu Makanan Bersantan

No comment 106 views

Berikut artikel Lebaran, Saatnya Berburu Makanan Bersantan, Semoga bermanfaat

SEBAGIAN besar keluarga mulai menyediakan makanan bersantan ketika Lebaran, sebagai teman makan ketupat atau lontong. Apa saja makanan bersantan tersebut? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Bebek Gulai Kurma

Bebek Gulai Kurma yang berasal Aceh ini memiliki kuah santan yg kental. Makanan ini dibuat dari daging bebek yg dimasak bersama daun pandan, daun salam koja, sereh, dan santan, serta bumbu-bumbu yang lain seperti cengkeh, kayu manis, pekak, pala, dan lainnya. Walaupun kurma terdapat dalam penamaan makanan ini, tetapi tak sama sekali memakai kurma.

Gulai Nangka

Saat Lebaran, masyarakat Medan, Sumatera Utara biasanya menyajikan Gulai Nangka. Gulai Nangka khas Medan ini tak cuma memakai nangka muda, tetapi juga menambahkan potongan daging dan kacang panjang. Bumbu yg digunakan yakni ketumbar, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan lengkuas.

Opor Ayam

Opor Ayam sangat identik sebagai teman makan ketupat. Hingga, rasanya kurang lengkap seandainya tak menyajikan Opor Ayam bersama Ketupat ketika lebaran. Opor Ayam dibuat dari potongan ayam yg direbus bersama santan, bumbu, dan rempah. Seperti makanan bersantan lainnya, rasa Opor Ayam gurih.

Rendang

Makanan khas Sumatera Barat ini telah terkenal di segala dunia, karena rasanya yg lezat. Selain Gulai Pakis, Rendang juga tidak jarang disajikan sebagai teman makan ketupat ketika Lebaran. Rendang biasanya dibuat dari potongan daging sapi atau daging kerbau.

Daging yg digunakan biasanya berasal dari bagian paha atau gandik. Daging yg telah dipotong kemudian dimasak bersama santan, bumbu, dan rempah hingga daging berwarna cokelat kehitaman, kering, dan berminyak.

Namun, sekarang ini Rendang tak cuma dibuat dari daging sapi atau daging kerbau saja, telah banyak Rendang yg dibuat dari daging ayam, telur, paru, bahkan bebek. (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/06/180000727/Lebaran.Saatnya.Berburu.Makanan.Bersantan
Terima kasih sudah membaca berita Lebaran, Saatnya Berburu Makanan Bersantan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lebaran, Saatnya Berburu Makanan Bersantan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.