Lebaran Di Jakarta? Bisa Wisata Ke Kota Tua

No comment 166 views

Berikut artikel Lebaran di Jakarta? Bisa Wisata ke Kota Tua, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Apa Anda termasuk yg tak mudik dan cuma merayakan lebaran di Jakarta saja? Tidak usah sedih, cobalah berwisata asyik di Kota Tua Jakarta.

Menghabiskan liburan di Jakarta? Hmm, ke mana ya? Kebanyakan orang Jakarta memilih ke Puncak, Bandung, atau Pulau Seribu sebagai pilihan wisata ketika liburan. Tapi, ada juga alternatif tempat rekreasi di Jakarta yg menarik. Khususnya buat penyuka wisata sejarah. Yap, Kota Tua.

Disebut Kota Tua mungkin karena di daerah ini banyak sekali bangunan tua, baik yg masih dipakai maupun yg sudah dijadikan museum. Sebut saja berbagai bangunan seperti kantor pos, stasiun Jakarta Kota, hingga berbagai jenis museum yg ada di sekitarnya.

Seperti Museum Bank Mandiri, Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Keramik hingga yg paling populer adalah Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan nama Museum Fatahillah.

Museum Sejarah Jakarta tersebut terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1. Maka dari itu, orang lebih mengenalnya dengan sebutan Museum Fatahillah. Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota Batavia yg dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Terdiri atas bangunan penting dengan beberapa sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yg digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yg dipakai sebagai penjara.

Gubernur DKI Jakarta pada ketika itu, Ali Sadikin, kemudian meresmikan gedung ini menjadi Museum Sejarah Jakarta pada tanggal 30 Maret 1974.

Pada bulan Ramadan seperti ini, sore hari orang-orang ramai sekali berkumpul bagi sekedar ngabuburit di pelataran halaman Museum Fatahillah. Sedang pada hari biasa, pagi hari saja telah ramai dan kami mampu menemukan berbagai kuliner makanan bagi sarapan dengan harga yg cukup terjangkau.

Kita juga bisa berfoto dengan seniman yg menghias diri seperti patung dengan berbagai lakon. Cukup bayar seikhlasnya bagi mampu berfoto sebagai apresiasi seni.

Kita juga mampu menyewa sepeda cantik cukup seharga beberapa puluh ribu rupiah saja. Bisa digunakan berboncengan dengan teman lengkap dengan topi cantiknya.

Ada juga Cafe Batavia, cafe yg paling hits di Kota Tua. Bernuansa Belanda dan sangat klasik. Ditata dengan sedemikian rupa agar pengunjung nyaman. Menunya juga beragam, dari western food sampai makanan Indonesia pun ada. Seru juga buat berkumpul dengan teman-teman.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/29/142000/3239866/1025/lebaran-di-jakarta-bisa-wisata-ke-kota-tua
Terima kasih sudah membaca berita Lebaran di Jakarta? Bisa Wisata ke Kota Tua. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lebaran Di Jakarta? Bisa Wisata Ke Kota Tua"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.