Lebaran Di Bandung, Ayo Berburu Wisata Kuliner!

No comment 186 views

Berikut artikel Lebaran di Bandung, Ayo Berburu Wisata Kuliner!, Semoga bermanfaat

Bandung – Gema takbir Idul Fitri berkumandang di segala negeri. Usai bersilaturahmi, saatnya siap-siap berburu kuliner di sepanjang libur Lebaran di Bandung.

Salah sesuatu julukan Kota Bandung, yakni Kota Gastronomi. Artinya, Bandung adalah destinasi buat mendalami ilmu kuliner.

“Dari Bandung lahir banyak makanan-makanan khas, yg dahsyat luar biasa ketika disantap di Kota Bandung,” ungkap Vita Datau Mesakh, Ketua Akademi Gastronomi (AGI) dalam rilis Kemenpar kepada detikTravel, Kamis (6/7/2016).

AGI mendukung program Pesona Lebaran dari Kemenpar dengan hashtag #PesonaLebaranBandung #PesonaLebaranJabar #PesonaIndonesia. Menurut dia, Bandung milik 10 destinasi wisata kuliner top yg patut dicoba traveler yg mudik Lebaran ke sana. Berikut rekomendasinya:

1. Iga Bakar Si Jangkung

Bagi para daging mania, rasanya makanan ini mampu memenuhi kegemaran traveler mulai daging. Iga yg dibakar selama 3 jam di kuali tanah liat, setelah diungkep dengan bumbu khas manis gurih ini, benar-benar dapat memanjakan lidah.

Apalagi Iga bakar ini disajikan tanpa tulang. Pilihan taburan yg ditawarkan adalah cabe rawit, tomat atau bawang merah. Kenapa namanya Si Jangkung? Karena postur sang pemilik yg tinggi menjulang. Penggemar iga silakan mengunjungi warung tenda ini di Jl Cipaganti, buka pukul 11.00-21.00 WIB.

2. Nasi Kalong

Nasi Kalong bukan karena daging kelelawar, melainkan karena beroperasi di malam hari seperti kalong. Maka, pengalaman kuliner pun menjadi sangat menarik. Warung makan ini menyediakan lebih dari 20 macam lauk yg mampu dipadankan dengan nasi gurih atau nasi hitam.

Nah nasi hitam ini adalah beras merah yg dimasak dengan keluwek, cabe merah, bawang merah. Rasanya menjadi khas karena kelapa parut goreng dan daun salam. Nasi Kalong ada di Jl RE Martadinata, buka akan pukul 19.00 WIB.

3. Paskal Food Market

Jika Anda tak banyak waktu libur Lebaran di Bandung, jangan khawatir. Ada Paskal Food Market di Jl Pasir Kaliki. Di sentra ini terus heboh pengunjung dan kalian mampu menemukan banyak pilihan makanan khas Bandung dan makanan non lokal.

Suasananya yg terbuka memungkinkan kami menikmati udara sejuk Bandung. Harga yg ditawarkan juga tak mulai menguras kantong. Disarankan malam hari karena suasananya yg indah dan romantis dengan cahaya obor sebagai pelengkap eksterior.

4. Sate Anggrek

Ada traveler penggemar sate? Ada Sate Anggrek di Jl Anggrek yg bersimpangan dengan Jalan Riau yg perlu dicoba. Menu macam-macam sate menjadi pilihan dari sate ayam, sate kambing, sate sapi dan sate telur. Bukan saja rasanya yg enak tapi juga ukurannya yg besar dan dagingnya yg empuk.

Daging yg dibumbui lalu kemudian diungkep membuat tekstur lapisan luar daging menjadi lebih kasar setelah dibakar. Pilihan favorit adalah bumbu kecap dengan pelengkapnya merupakan irisan tomat, bawang merah dan cabe rawit pastinya. Asap yg mengepul dan aromanya ketika membakar membuat kami semakin tidak sabar menunggu pesanan.

5. Kupat Tahu Gempol

Makanan tradisional legendaris ini sangat layak dicoba. Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon No 53 ini telah ada sejak tahun 1975. Letaknya cuma 50 m dari Roti Gempol yg terkenal. Potongan tahu goreng, ketupat, tauge disiram dengan bumbu kacang kental dan taburan kerupuk merah.

Tahu yg dipasok segera dari pusat tahu Bandung Cibuntu mempunyai tekstur kenyal dan lembut yg menjadi ciri khas kupat tahu gempol ini. Aslinya adalah dari kupat tahu khas Mangunreja, Tasikmalaya. Tetapi keberadaannya yg sampai sekarang eksis di Bandung menjadi pilihan yg jangan terlewatkan. Buka dari pukul 07.00 WIB pagi sangat pas bagi sarapan, seandainya telah akan bosan menu makanan Lebaran.

6. Kampung Daun

Kampung Daun telah tak asing lagi untuk traveler yg liburan ke Bandung. Menu makanan di sini lebih pas bagi dimakan beramai-ramai atau sekeluarga dengan menu Indonesia atau western. Suasana Lembang membuat pengalaman makan menjadi lebih berkesan. Kampung Daun ada di Jalan Sersan Bajuri.

7. Lotek

Kalau Madiun milik pecel pincuk, maka di Bandung ada lotek. Bedanya, tambahan kencur di bumbunya. Lotek termasuk dalam makanan sehat berserat tinggi. Sebagai menu makan siang, lotek pas disantap dengan nasi panas dan kerupuk kampung. Lotek favorit adalah di Jl Kalipah Apo No 42 yg telah berdiri sejak 1953.

8. Mie Kocok Bandung

Satu lagi makanan yg patut dicoba adalah Mie Kocok Bandung. Sajian mie, dengan potongan kikil, tauge disiram dengan kuah bening yg kaya kaldu, ditambahkan jeruk nipis, kecap, taburan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Kerupuk kampung putih adalah teman menyantap mie kocok ini.

Saat ini banyak pilihan tempat menikmati Mie Kocok Bandung. Tapi, traveler patut coba Mie Kocok SKM Jl Sunda yg telah ada sejak 1970. Tempat lainnya silakan kunjungi Pak Enco di Kebon Kawung dan Mie Kocok Mang Dedeng Jl Banteng No 67.

9. Yoghurt Cisangkuy

Mau wisata kuliner yoghurt di Bandung? Youghurt Cisangkuy menawarkan aneka pilihan rasa dari akan strawberry dengan potongan kecil buahnya, moka, cokelat, laci dan banyak lagi. Tempat Kuliner yg sesuatu ini telah ada sejak 1976, alamatnya Jl Cisangkuy No 66.

10. Hummingbird Eatery

Destinasi terakhir ini cocok buat traveler yg hobi posting foto di media sosial media. Selfie, wefie bersama makanan dan suasana resto juga menjadi bagian dari budaya kekinian. Hummingbird Eatery adalah salah sesuatu yg layak dikunjungi dengan arsitektur yg kreatif.

Menunya bervariatif dari Indonesia, Asia, dan western. Restoran ini adalah rumah tua di Jl Progo yg ditata sedemikian rupa.

“Saya yakin, tak cukup 2-3 hari berwisata kuliner di Bandung. Tetapi keterangan 10 pilihan favorit ini mampu menolong Anda membuat keputusan dalam mengikuti selera makan,” pungkas Vita Datau.

(fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/06/080430/3248771/1519/lebaran-di-bandung-ayo-berburu-wisata-kuliner
Terima kasih sudah membaca berita Lebaran di Bandung, Ayo Berburu Wisata Kuliner!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lebaran Di Bandung, Ayo Berburu Wisata Kuliner!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.