Leang-leang, Pegunungan Karst Berumur Ribuan Tahun Di Maros

No comment 109 views

Berikut artikel Leang-leang, Pegunungan Karst Berumur Ribuan Tahun di Maros, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Maros di Sulawesi, jangan lewatkan mampir ke Leang-leang yg masuk Taman Nasional Bantimurung. Ada banyak gua hingga lukisan purba.

Saya baru pertama kali tahu dan mendengar nama ini saat aku mulai berkunjung ke Makassar. Sampai di sana ternyata banyak semacam bebatuan besar. Saya kira batuan sisa letusan gunung berapi (mungkin), namun ternyata katanya ini batuan lautan, karang dan sejenisnya karena dulunya tempat ini adalah lautan.

Saya menuju lokasi ini setelah ke Bantimurung, lokasinya berdekatan. Kalau dari pusat kota Makassar bisa ditempuh sekitar sesuatu jam, masih dan setia dengan bapak rusli yg mengantarkan kalian kemana-mana.

Leang-Leang yg berbentuk pegunungan karst ini juga yaitu situs purba, di mana banyak lubang – lubang yg menurut para peneliti adalah bekas tempat tinggal manusia purba. Mereka terus berpindah-pindah sehingga banyak lubang yg ditemukan. Lebih dari 200! Wow, banyak juga ya.

Leang Leang terletak di dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di daerah Maros Pangket. Pegunungan Karst yg telah berumur ribuan tahun ini diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di China. Meliputi area seluas 43.750 hektar, wilayah ini memiliki 286 goa dengan lebih dari 30 goa prasejarah.

Yang unik macam bebatuan karst di Maros Pangkep ini juga mampu ditemukan cuma di Guangzhou, China dan di Teluk Halong, Vietnam. Tidak cuma itu, di sini ada gua prasejarah dan terdapat bukti tapak tangan manusia purba di sini. Untuk masuk ke dalam goa ya lumayan sangat sempit, dan wisatawan disarankan hati-hati karena agak licin.

Gua prasejarah yg terdapat di Leang Leang ini sangat menarik, karena gua ini dulunya sebagai tinggal tempat dan penghuninya meninggalkan jejak dalam berbagai bentuk gambar di dinding gua. Seperti bentuk-bentuk telapak tangan.

Menurut bapak penjaga di sana, cara membuat gambar telapak tangan itu adalah dengan menempelkan tangan mereka. Kemudian menyemburkan cairan berwarna merah tersebut. Jadilah timbul bentuk telapak tangan putih tersebut.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/14/102500/3208594/1025/leang-leang-pegunungan-karst-berumur-ribuan-tahun-di-maros
Terima kasih sudah membaca berita Leang-leang, Pegunungan Karst Berumur Ribuan Tahun di Maros. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Leang-leang, Pegunungan Karst Berumur Ribuan Tahun Di Maros"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.