Lava Tour Merapi, Berkah Di Balik Musibah

No comment 217 views

Berikut artikel Lava Tour Merapi, Berkah di Balik Musibah, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Lava Tour kini menjadi salah sesuatu pilihan aktivitas liburan di Lereng Merapi. Dalam tur ini traveler diajak berkunjung ke objek-objek yg dahulu terkena erupsi Merapi.

Wisata dengan mobil jeep bagi menelusuri bekas wilayah yg pernah terkena dampak dari lava dan awan panas erupsi Gunung Merapi, kini menjadi salah sesuatu penggerak ekonomi warga yg pernah menjadi korban erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta tahun 2010.

Lava Tour Merapi terbagi dalam tiga rute merupakan short (1,5 jam), medium (2,5 jam), dan long (4-5 jam). Tur rute pendek dengan jeep berisi maksimal 4 orang dewasa harganya Rp 350.000, sementara buat medium Rp 450.000, dan buat long Rp 600.000. Harga tersebut telah mencakup biaya termasuk sopir dan tiket masuk.

Untuk efisiensi waktu, kita memakai tur rute pendek karena usai Lava Tour Merapi masih ada destinasi wisata Khas Jogja lainnya yg mulai kita kunjungi.

Yunus, sopir yg membawa jeep kita mengaku tiap harinya ada saja wisatawan yg tiba bagi menyewa jeep bahkan kalau sedang ramai dapat sampai 4-5 kali dalam sehari.

“Lumayan mas, mampu untuk dapur ngebul,” kata Yunus yg sebelum letusan berprofesi sebagai sopir truk ekspedisi dan ikut menjadi korban erupsi Merapi.

“Ini mobil jeep punya aku pribadi, mas, tetapi ya masih nyicil,” tambahnya sembari tertawa.

Sejak 2013, jeep Merapi akan ada. Awalnya cuma satu-dua warga yg milik jeep. Sekarang telah banyak. Namun sesuatu keluarga yg menjadi korban Erupsi Merapi cuma boleh memiliki sesuatu mobil jeep dengan tujuan agar ada pemerataan buat seluruh warga dan jeep ini cuma boleh dimiliki oleh warga korban Merapi.

Lava Tour Merapi tidak cuma menjadi berkah buat korban erupsi Merapi yg kini sudah memiliki mobil jeep, tapi juga untuk warga lainnya yg mendirikan kios dan warung seperti yg kelihatan di sekitar Museum Omahku Memoriku dan di sekitar Bunker Merapi Kaliadem yg menjadi titik terahir Lava Tour Merapi.

Mereka membuka warung tak cuma menjual makanan dan minuman kepada pengunjung, tapi juga banyak pernak-pernik seperti kaos, topi, kupluk, gantungan kunci yg bertemakan Lava Tour Merapi.

Kehadiran wisatawan Lava Tour Merapi menjadi alternatif sumber ekonomi warga. Mengingat hampir seluruh lahan pertanian sudah tersapu ganasnya lava Merapi dan ketika ini belum mampu diolah kembali karena masih tertutup material batu dan pasir.

Hanya tanaman keras seperti sengon yg masih mampu tumbuh. Selain itu rumput gajah juga tumbuh subur di sini yg dimanfaatkan untuk mereka yg memelihara sapi.

Dengan mengikuti Lava Tour Merapi bersama komunitas d’Traveler, membuat aku terkagum-kagum dengan semangat para warga yg pernah menjadi korban keganasan Merapi. Mereka bisa bangkit dari keterpurukan. Mereka tidak pernah berputus asa dan dapat mengubah musibah menjadi berkah. Salut!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/05/141500/3362638/1025/lava-tour-merapi-berkah-di-balik-musibah
Terima kasih sudah membaca berita Lava Tour Merapi, Berkah di Balik Musibah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lava Tour Merapi, Berkah Di Balik Musibah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.