Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Ketinggalan Pesawat

No comment 138 views

Berikut artikel Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Ketinggalan Pesawat, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Padatnya arus mudik tidak cuma terjadi di jalur darat, tetapi juga udara. Jangan sampai Anda ketinggalan pesawat karena membludaknya penumpang di bandara.

Sepanjang periode Lebaran, bandara terutama yg terletak di kota-kota besar terus banjir penumpang. Pesawat memang yaitu opsi transportasi mudik favorit ketika ini, karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan serta terbebas dari macet.

Oleh karena itu, ada dua tips yg perlu diperhatikan agar Anda tak terlambat dan ketinggalan pesawat karena arus mudik. Dihimpun KompasTravel, Sabtu (2/6/2016), berikut tipsnya. 

Pastikan bandara dan terminal keberangkatan 

Tak jarang pemudik teledor saat menuju terminal keberangkatan, terutama seandainya di kota tempat tinggalnya terdapat lebih dari sesuatu bandara. Misal, Jakarta milik beberapa bandara yakni Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma.

Cek kembali apakah penerbangan Anda berangkat dari Soekarno-Hatta atau Halim Perdanakusuma. Ketahui juga terminal keberangkatannya, sehingga Anda tak perlu menghabiskan waktu berputar dari sesuatu terminal ke terminal lainnya.

Berangkat lebih awal

Periode mudik kali ini, ada baiknya Anda menyisihkan waktu lebih banyak buat perjalanan ke bandara. Maskapai AirAsia menghimbau penumpang bagi tiba setidaknya tiga jam lebih awal (domestik) dan empat jam lebih awal (internasional).

Hal ini berlaku pada penerbangan baik pagi, siang, maupun malam hari. Meski Anda berangkat dini hari, kendaraan biasanya telah padat ketika memasuki area bandara.

Dengan berangkat lebih awal, Anda mampu mengikuti prosedur tanpa terburu-buru. Mulai dari pemeriksaan barang, check in, sampai masuk gate keberangkatan.

Cek rute ke bandara

Sebelum berangkat, cek keadaan jalan dan estimasikan lamanya perjalanan menuju bandara. Gunakanlah aplikasi dulu lintas seperti Waze dan Google Maps buat mengecek rute terdekat serta tercepat menuju bandara.

Naik kendaraan umum

Menggunakan kendaraan umum seperti bus Damri atau taksi lebih efektif terutama ketika arus mudik. Memasuki area bandara, kendaraan mulai membludak dan sulit bagi mencari parkir. Jika naik kendaraan umum, pemudik tidak perlu kuatir soal cari parkir dan mampu segera masuk ke terminal keberangkatan.

Online Check-in

Beberapa hari sampai 4 jam sebelum keberangkatan, Anda dapat melakukan online check in lewat situs resmi maskapai atau aplikasi smartphone. Banyak maskapai di Indonesia yg menyediakan layanan ini seperti Garuda Indonesia, AirAsia, juga Citilink.

Jika telah melakukan online check in, Anda mampu mengantre di konter tersendiri (biasanya terletak di ujung kiri atau kanan). Ini menghemat waktu Anda dengan tak mengantre bersama pemudik yang lain yg membawa banyak bagasi.

Maskapai AirAsia juga menyediakan mesin cetak boarding pass sendiri. Jika tidak membawa banyak barang, Anda mampu segera mencetaknya tanpa mengantre check in di konter konvensional.

Group Check-in

Jika Anda pergi dalam rombongan, ada baiknya mengantre di konter group check in. Namun sebelumnya, kumpulkan terlebih dulu segala identitas (KTP) dan bukti tiket pesawat (itinerary).

Biarkan sesuatu orang yg melakukan proses check in. Lebih baik delegasikan tugas tersebut kepada orang yg tiba paling cepat di bandara.

Lepas jam tangan, ikat pinggang, dan aksesori

Saat pemeriksaan keamanan, Anda diwajibkan melepas seluruh aksesori akan dari jam tangan, ikat pinggang, sampai cincin dan kalung. Begitu pula dengan jaket, topi, juga kacamata hitam. 

Untuk menghemat waktu, ada baiknya Anda memasukkan segala barang tersebut ke dalam tas sampai gerbang keberangkatan. Dengan begitu, Anda tak perlu menghabiskan waktu lama ketika pemeriksaan keamanan.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/03/080600527/Lakukan.5.Hal.Ini.Agar.Tak.Ketinggalan.Pesawat
Terima kasih sudah membaca berita Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Ketinggalan Pesawat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Ketinggalan Pesawat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.