Kursi Roda, Barang Langka Di Pesawat Terbang Indonesia

No comment 131 views

Berikut artikel Kursi Roda, Barang Langka di Pesawat Terbang Indonesia, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Kursi roda ternyata jadi barang langka pada pesawat terbang, khususnya di Indonesia. Kisah Vera, sang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lansia membuktikan bahwa kursi roda adalah hal utama ketika perjalanan udara.

“Untuk pesawat berbadan sempit (single aisle) sejenis B737 dan A320 memang tak memungkinkan buat Kursi Roda (KR) masuk ke kabin. Di Indonesia kebanyakan pesawat berjenis B737 dan A320,” kata pengamat penerbangan Alvin Lie pada KompasTravel, Minggu (8/1/2017).

Menurut Alvin Lie, penumpang lansia dan penyandang disabilitas memang perlu bantuan staf ground handling bagi dipapah atau digendong agar mampu masuk dan keluar badan pesawat.

“Saya belum milik data maskapai RI mana yg milik KR kabin (inflight wheelchair). Kalau Garuda Indonesia belum punya, kecil kemungkinan maskapai yang lain punya,” kata Alvin. 

BACA JUGA: Cerita Pramugari Garuda yg Gendong Seorang Nenek di Pesawat

Apabila kursi roda dalam kabin diadakan pada pesawat berbadan kecil seperti jenis B737 dan A320, menurut Alvin juga tidak efektif.

“Kursi mulai sangat sempit. Untuk kami jalan saja terasa sempit dan tidak jarang menyenggol penumpang lain. Apalagi dipakai buat kursi roda,” tambahnya.

Daripada pengadaan kursi roda di kabin pesawat, menurut Alvin ada hal yg lebih mendesak yg wajib dimiliki bandara di Indonesia.

“Lebih mendesak sediakan lift khusus bagi naik turunkan penumpang penyandang disabilitas saat pesawat parkir di apron yg tak dilengkapi garbarata,” kata Alvin.

Saat ini, memang tidak segala maskapai memiliki kursi roda di pesawat atau lebih dikenal inflight wheelchair atau on board wheelchair.

BACA JUGA: Makanan dan Minuman yg Harus Dihindari Saat Naik Pesawat

Beberapa maskapai penerbangan yg menyediakan fasilitas kursi roda di kabin pesawat biasanya memiliki pesawat berbadan besar. Kursi roda juga biasa dimiliki maskapai dengan rute penerbangan jarak jauh, seperti Catchay Pacific, Asiana Arilines, Singapore Airlines, Etihad, Emirates, dan China Airlines.

Kursi roda dalam kabin pesawat digunakan bagi memudahkan mobiltas penumpang penyandang disabilitas dari dan ke toilet ketika penerbangan berlangsung.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/09/180400427/kursi.roda.barang.langka.di.pesawat.terbang.indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Kursi Roda, Barang Langka di Pesawat Terbang Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kursi Roda, Barang Langka Di Pesawat Terbang Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.