Kurang Dari Rp 600.000, Bisa Liburan Ke Lasem Gaya “Backpacker”

Berikut artikel Kurang dari Rp 600.000, Bisa Liburan ke Lasem Gaya “Backpacker”, Semoga bermanfaat

LASEM, KOMPAS.com – Liburan ke Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mulai memuaskan semua panca indera. Anda dapat berwisata akan dari budaya, alam, kuliner, hingga sejarah.

Cobalah berburu foto bangunan-bangunan bergaya China Hindia, atau sekedar menelusuri lorong-lorong jalan. Ada lagi wisata kuliner seperti Lontong Tuyuhan, durian Ceriwik, atau menyesap segarnya “Coca-cola ala Jawa” merupakan kawista.

BACA: Mencicipi Segarnya Coca-Cola ala Jawa di Lasem

Anda mampu mengelilingi Lasem walapun cuma milik waktu libur di akhir pekan. Tiga hari beberapa malam terbilang cukup bagi mengelilingi kecamatan cantik di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu.

Berapakah biaya liburan ke Lasem selama tiga hari beberapa malam? KompasTravel sempat melakukan perjalanan ke Lasem dua waktu lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi kuliner Lontong Tuyuhan tersaji di meja Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan di Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Lontong Tuyuhan berisi potongan lontong, daging ayam, dan kuah kuning.

Untuk transportasi, Anda dapat memakai kereta api. Jika naik kereta api, Anda mesti turun di Stasiun Semarang.

Kereta api yg melayani tujuan Stasiun Semarang Tawang dari Pasar Senen antara yang lain Tawang Jaya dan Jaya Baya. Sementara dari Stasiun Gambir merupakan Argo Muria, Argo Anggrek, Bangun Karta, Argo Sindoro, Argo Muria, dan Sembrani.

BACA: Liburan ke Lasem? Ini Panduan Transportasinya…

Seperti dicek di pegipegi.com, tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen buat tanggal keberangkatan 24 Maret 2017, berkisar akan dari Rp 84.000. Sementara dari Stasiun Gambir harga tiket berkisar akan dari Rp 255.000.

Dari Stasiun Semarang Tawang, perjalanan mesti dilanjutkan ke Terminal Terboyo. Opsi tercepat buat menuju Terminal Terboyo adalah memakai taksi dengan total biaya argo akan dari Rp 30.000.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pengurus Guest House Nyah Lasem, Joko memperlihatkan kamar yg dapat diinapi oleh wisatawan di Guest House Nyah Lasem, Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Guest House Nyah Lasem adalah salah sesuatu bangunan bergaya Cina Hindia yg dapat diinapi oleh wisatawan.

Sampai di Terminal Terboyo, kendaraan selanjutnya adalah bus jurusan ke Surabaya seperti bus Widi, PO Jaya Utama, Indonesia, dan lainnya. Tiket bus per orang seperti bus Widi Rp 35.000 dan Rp 22.000 bagi PO Jaya Utama.

Masuk ke penginapan. Di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem setidaknya ada beberapa buah bangunan China Hindia yg mampu diinapi. Rumah Merah atau Rumah Tiongkok Kecil dengan harga akan dari Rp 300.000 per malam termasuk sarapan.

BACA: Yuk, Berburu Foto Instagramable di Lasem

Tak jauh dari Rumah Merah, ada Guest House Nyah Lasem. Harga penginapan akan dari Rp 50.000 per malam belum termasuk sarapan.

Untuk biaya makan, aneka kuliner di Lasem relatif murah. Anda dapat menyantap kuliner seperti Lontong Tuyuhan dengan harga Rp 11.000 per porsi. 

Minuman kawista dijual dengan harga akan dari Rp 5.000. Untuk makan sehari-hari Anda dapat menemukan di sekitar Pasar Lasem dengan harga yg bervariasi.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Minuman bersoda dari buah kawista yg juga yaitu minuman khas Lasem.

Oleh-oleh dari Lasem pun mampu tersedia seperti yopia, kawista, kacang entis dan lain-lain. Harga oleh-oleh seperti yopia dijual dengan harga Rp 18.500. 

Jika liburan ke Lasem memakai gaya backpacker, biaya yg dikeluarkan tidak kurang dari Rp 600.000. Berikut rincian lengkap ke Lasem dengan gaya backpacker.

Transportasi dari Stasiun Pasar Senen – Stasiun Semarang Tawang (Brantas) Rp 84.000 sekali jalan. Tiket kereta api pulang pergi seharga Rp 168.000. Untuk taksi, biaya total sekitar Rp 60.000.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan menikmati daging buah durian Criwik di pinggir Jalan Jatirogo, Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Durian Criwik adalah salah sesuatu buah yg dihasilkan dari Desa Criwik, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Tiket bus Rp 22.000 buat PO Jaya Utama sekali pergi. Pulang pergi Rp 44.000.

Selama liburan akhir minggu di Lasem, cukup menginap sesuatu malam. Biaya penginapan Guest House Nyah Lasem Rp 50.000 per malam. 

BACA: Nikmatnya Rasa Gurih dan Pedas Lontong Tuyuhan

Wisata kuliner dan makan sehari-hari merupakan Lontong Tuyuhan, durian Ceriwik, kawista, dan kuliner pasar. Biaya makan selama liburan di Lasem sekitar Rp 150.000. 

Oleh-oleh dari Lasem berkisar Rp 100.000. Total pengeluaran liburan ke Lasem dengan gaya backpacker adalah sekitar Rp 572.000.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/03/21/210300027/kurang.dari.rp.600.000.bisa.liburan.ke.lasem.gaya.backpacker.
Terima kasih sudah membaca berita Kurang dari Rp 600.000, Bisa Liburan ke Lasem Gaya “Backpacker”. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kurang Dari Rp 600.000, Bisa Liburan Ke Lasem Gaya “Backpacker”"