Korea Utara: Antara Kontroversi Dan Misteri

No comment 162 views

Berikut artikel Korea Utara: Antara Kontroversi dan Misteri, Semoga bermanfaat

Pyongyang – Apa yg terlintas di benak traveler kalau mendengar kata wisata di Korea Utara? Kontroversi, misteri atau malah menarik?

Sudah tak asing lagi, Korea Utara adalah negara tertutup pimpinan Kim Jong Un. Negara ini tak sebebas tetangganya Korea Selatan. Berbagai hal tentang Korea Utara tidak jarang dianggap kontroversial, termasuk juga soal liburan ke sana.

Tempat paling mudah bagi mengintip Korea Utara adalah dari Korea Demiliterized Zone (DMZ) yg yaitu zona damai antara Korea Utara dan Korea Selatan. DMZ terletak di Kota Paju, 40 km dari Ibukota Seoul, Korea Selatan. Lebar zona ini ialah 2 km ke utara dan 2 km ke selatan.

Di DMZ biasanya para wisatawan mulai dibawa berkunjung ke Imjingak Park, Freedom Bridge, Dora Observatory, DMZ Theater, Third Tunnel dan Exhibition Hall. Inilah tempat perjuangan dan impian agar korea bisa bersatu kembali. detikTravel pernah berkunjung ke DMZ dua waktu silam.

Pemandangan alam Korea Utara dari DMZ (Meylan/detikTravel)

Tapi kalau mau berwisata segera ke Korea Utara, mampu saja. Ada dua agen perjalanan yg bekerja sama dengan pemerintah Korea Utara merupakan Korea Konsult, Regent Holidays Tour dan Young Pioneer Tours.

Menurut situs resmi Korea Konsult misalnya, wisatawan mulai dibawa ke Ibukota Pyongyang. Di sana ada 3 taman rekreasi merupakan Rungna Dolphinarium, Munsu Water Park dan Mirim Horse Riding Club. Taman wisata ini menyajikan sirkus lumba-lumba, rekreasi air dan klub berkuda.

Mau coba hiburan ala penduduk lokal, ada 3 tempat hiburan di korea yakni Golden Lane Bowling, Meari Shooting Range dan Ryugyong Health Complex. Di tempat inilah penduduk Korea Utara melatih keterampilan fisik, akan dari bowling, menembak, sampai ice skating dan skateboard. Ssst! Presiden Kim Jong Un dikabarkan tidak jarang berlatih ke sini lho.

Setelah Pyongyang, tempat selanjutnya yg mampu ditelusuri adalah Koryo museum dan Sariwon City. Inilah tempat yg menyimpan banyak sejarah utama tentang Korea Utara.

Kawasan resor Masik Ski (Korea Konsult)

Rasanya ada yg kurang seandainya berkunjung ke suatu negara tetapi belum berkunjung ke wisata alamnya. Wisata alam Korea Utara juga sangat indah, bahkan diklaim sebagai wisata alam paling indah. Para Traveler mampu berkunjung ke Air Terjun Ulim, Pantai Wonsan dan Gunung Kumgan.

Beralih ke kawasan pesisir timur Korea Utara, di sana tersedia hotel paling mahal dengan fasilitas resort ski, Masikryong Hotel. Hotel ini terletak di Masik, Provinsi Kangwon.

detikTravel pernah bertanya ke Kedubes Korea Utara, bagaimana cara liburan ke sana. Menurut mereka mampu saja tetapi tak sembarangan, calon wisatawan harus mengajukan surat tertulis soal rencana keberangkatan, kapan, berapa orang dan pergi kemana saja.

Nanti Kedubes Korut yg mulai berkordinasi dengan travel agent yg mereka percaya, dan kami mulai diinfokan rincian harganya. Traveler harus terbang lalu ke Beijing sebelum ganti dengan pesawat Korea Utara. Bagaimana? Makin kontroversi atau makin penasaran nih?

Kamar di Masikryong Hotel (Korea Konsult)

(aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/08/101525/3293726/1520/korea-utara-antara-kontroversi-dan-misteri
Terima kasih sudah membaca berita Korea Utara: Antara Kontroversi dan Misteri. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Korea Utara: Antara Kontroversi Dan Misteri"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.