Konon Dari Dewi, Ini Awal Mula Peradaban Surga Kecil Di Probolinggo

Berikut artikel Konon dari Dewi, Ini Awal Mula Peradaban Surga Kecil di Probolinggo, Semoga bermanfaat

Probolinggo – Tiris disebut-sebut sebagai surga Probolinggo, masyarakat yakin peradabannya berawal dari seorang Dewi bernama Rengganis.

Tiris memiliki mitologi sejarah Dewi Rengganis yg konon ceritanya berkedudukan di sepanjang lereng Pegunungan Argopuro. Bukti cerita ini bisa dijumpai dengan adanya Candi Kedaton di Desa Andung Biru.

“Kita mampu membacanya lewat relief yg ada di kaki candi tersebut,” ungkapnya.

Di mana pada masa kerajaan Majapahit tahun 1293 M, wilayah Tiris pada masa itu masuk dalam kekuasaan Keraton Lamajang yg dipimpin oleh Prabu Minak Koncar. Pada masa inilah Bumi Tiris akan dirambah oleh penebang kayu atau perambah hutan dari Desa Ganding (kini Desa Gading Kecamatan Gading) dan Desa Pajarakan.

Perambah hutan kala itu akan membuat pemukiman kecil sebagai tempat persinggahan yg bernama Kedaton. Lama-kelamaan pemukiman itu akan ramai dihuni oleh orang.

Para perambah hutan juga membuat pemukiman di sekitar danau atau ranu yg belum ada namanya. Baru setelah dikunjungi oleh Prabu Hayam Wuruk dalam ekspedisinya pada Kamis Pahing tertanggal Raspati Jenar atau 4 September 1359 M, dahulu diberi nama Ranu Segara (kini Ranu Segaran).

“Bahkan jauh sebelumnya, yakni pada masa Kerajaan Singosari tahun 1222 M, hutan belantara yg berada di antara Pegunungan Hyang (Argopuro) dan Gunung Puji (Gunung Lemongan) menjadi tempat bertapanya Ken Arok. Raja yg bergelar Prabu Sang Amurwa Bumi tersebut bertapa saat masih belum menjadi raja Singosari,” timpal Abdul Rahman, penulis buku Catatan Perjalanan Memungut Serpihan Sejarah.

Selain mempunyai destinasi wisata sarat mitologi yg sangat menakjubkan, pada ketika musim buah di sepanjang jalan Tiris, wisatawan mulai menemui banyak penjual aneka buah. Semisal durian, alpukat, rambutan, pisang dan manggis lokal Tiris. Harganya lumayan murah. Selain menolong warga lokal, lumayan juga sebagai hidangan penutup mulut.

(bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/24/144428/3379956/1519/konon-dari-dewi-ini-awal-mula-peradaban-surga-kecil-di-probolinggo
Terima kasih sudah membaca berita Konon dari Dewi, Ini Awal Mula Peradaban Surga Kecil di Probolinggo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Konon Dari Dewi, Ini Awal Mula Peradaban Surga Kecil Di Probolinggo"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.