Kolak, Bubur Kampiun Dan Aneka Takjil “Bikin Ngiler” Di Pasar Benhil

Berikut artikel Kolak, Bubur Kampiun dan Aneka Takjil “Bikin Ngiler” di Pasar Benhil, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak pukul 14.00, warga telah memadati pasar di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Tujuan mereka hanya satu: berburu takjil dan makanan buat berbuka puasa.

Pasar itu tidak mampu dibilang besar. Meski begitu, warga telah memadati kawasan tersebut meskipun hari masih siang. Pasar Benhil, begitu nama tempat itu, yaitu salah sesuatu tujuan favorit warga Jakarta bagi “berburu” takjil.

Tidak mengherankan. Sejak pukul 14.00 WIB, puluhan pelapak di Pasar Benhil akan menyiapkan dagangan. Warga akan berdatangan. Aneka takjil tersusun rapi di atas meja.

Teriakan “Kolak! Es buah! Es blewah!” terdengar di sela-sela antusiasme pengunjung yg datang. Tiga macam takjil tersebut yaitu incaran favorit warga. Harganya berkisar antara Rp 10.000-Rp 15.000 per porsi, dituang dalam gelas-gelas plastik.

Beberapa takjil milik pelanggan setia tiap tahunnya. Bubur kampiun Uni Sahara Koto misalnya, jadi salah sesuatu favorit pembeli di Pasar Benhil. Gerainya terletak di bagian belakang pasar. Bubur khas Ranah Minang ini terdiri dari berbagai campuran manis: pisang, biji salak, ketan, pacar cina, dan lain-lain. Harga per porsinya Rp 15.000. 

“Kalau ke Pasar Benhil terus beli bubur kampiun di sini,” tutur Sita (40), ibu rumah tangga yg tinggal di bilangan Rawamangun kepada KompasTravel, Kamis (9/6/2016).

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Penjual kolak aceh di Pasar Benhil, Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Pasar ini terus ramai oleh para “pemburu” takjil ketika Ramadan tiba.

Deretan gelas kolak, es blewah, dan es buah tampak menggoda selera. Ada pula penjual es pisang ijo khas Makassar, serta kolak aceh.

“Kolak aceh isinya ketan, pisang, ubi, ada nangkanya juga,” tutur Rika, penjual kolak aceh yg tahun ini baru membuka gerai di Pasar Benhil.

Satu gerai di bagian luar pasar tampak sangat menggoda iman. Cendol durian, begitu tulisannya. Gelas-gelas plastik diisi cendol berbahan tepung kanji dan pandan, serta daging durian dalam jumlah yg royal. Satu gelasnya seharga Rp 13.000.

Orang Indonesia tampaknya tidak afdol berbuka puasa tanpa makan gorengan. Beberapa gerai tampak menjual tempe mendoan, pisang goreng, tahu isi, serta risol dengan isian mayonnaise sampai ragout (sayuran). Ada pula deretan kue, asin maupun manis, dengan harga Rp 10.000 buat 3-4 buah kue.

Para pengunjung Pasar Benhil juga dapat membeli aneka lauk bagi berbuka. Masakan padang mendominasi pasar ini, menjual aneka hidangan akan dari rendang sampai itiak lado mudo. Selain itu ada pula dua gerai gudeg jogja, pempek, dan aneka pepes.

Masih kurang juga? Coba intip gerai kebab dan sosis bakar di bagian belakang pasar. Di area yg sama juga terdapat penjual sari tebu, dengan harga Rp 6.000 per gelas.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Salah sesuatu gerai kue dan gorengan di Pasar Benhil, Jakarta Pusat. Pasar ini terus ramai ketika Ramadan.

Pasar Benhil terus penuh pengunjung tiap bulan Ramadhan. Pasar ini buka hingga sekitar pukul 20.00 WIB. Tak sedikit warga yg tiba jauh-jauh dari kota suburban buat sekadar berburu takjil. 

“Dari BSD. Sengaja tiba siang biar nggak macet pulangnya,” tutur Andika (21), mahasiswa Universitas Paramadina.

 Anda yg ingin “berburu” takjil di Pasar Benhil ada baiknya memarkir kendaraan agak jauh setelah pasar, seandainya masuk dari Jalan Sudirman. Sebisa mungkin tiba lebih awal, agar terhindar dari macet di kawasan tersebut menjelang berbuka puasa.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/10/113400027/kolak.bubur.kampiun.dan.aneka.takjil.bikin.ngiler.di.pasar.benhil
Terima kasih sudah membaca berita Kolak, Bubur Kampiun dan Aneka Takjil “Bikin Ngiler” di Pasar Benhil. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Kolak, Bubur Kampiun Dan Aneka Takjil “Bikin Ngiler” Di Pasar Benhil"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.